Hai, Takaiters!

Barang-barangmu berbahan dasar plastik rasanya sulit dihapuskan dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari kantong plastik, gelas plastik, sedotan, dan lain-lain. Plastik butuh waktu lama untuk bisa didaur ulang secara alami, akibatnya sampahnya menumpuk. Kondisi demikian menggerakkan hati anak bangsa, Kevin Kumala, dalam membuat pengganti plastik. Yuk, simak ulasannya.

1. Avani Eco Didirikan Tahun 2014 oleh Kevin Kumala

Foto: www.yukepo.com

Pria yang bernama lengkap Kevin Permana Kumalaputra ini merupakan lulusan bidang bisnis dan biologi dari University of Southern California. Meski mengenyam pendidikan di Amerika tidak membuatnya lupa akan tanah air dan mengembangkan inovasinya di Indonesia. Bahkan, produk Avani Eco yang dikenal bioplastik sudah mengganti 6000 ton jumlah plastik di Indonesia pada tahun 2016. Wah, keren sekali.

2. Kantong Plastik Terbuat Dari Pati Singkong

Foto: www.lalewjuacaribe.co

Perasaan yang berslogan #IAMNOTPLASTIC ini meluncurkan inovasi berapa kantong plastik yang terbuat dari pati singkong. Selain mudah untuk didaur ulang, plastik dari pati singkong ini aman jika tertelan oleh hewan laut. Produk ini pun telah digunakan oleh banyak perusahaan lain di Indonesia bahkan di berbagai dunia.

Meski bahan utamanya pati singkong, Avani Eco tidak mengambil persediaan makanan di Indonesia, dia menggunakan singkong industrial-grade atau singkong yang khusus digunakan untuk industri.

3. Tidak Hanya Pati Singkong, Pati Jagung Juga Dimanfaatkan Untuk membuat Gelas dan Sedotan

Foto: www.avanieco

Bentuknya sama dengan gelas plastik dan sedotan yang biasa kita gunakan. Produk-prodik Avani Eco ini sudah banyak digunakan oleh hotel dan restoran di Indonesia, terutama Bali. Tidak hanya mudah terurai secara alami, bahan dari pagi jagung ini bisa juga dimanfaatkan sebagai pupuk kompos dan penyubur tanaman.

4. Bio-ponco, Jas Hujan dari Bioplastik yang Keren Sekali

Foto: Instagram @avanieco

Ternyata jas hujan dari bioplastik (plastik yang terbuat dari bahan alami dan mudah terdegradasi) adalah produk pertama yang diluncurkan Avani Eco. Keberhasilannya meluncurkan jas hujan ini mendorong Kevin Kumala membuat produk lain.

5. Masih Banyak Macam-Macam Produk Pengganti Plastik dari Avani Eco

Foto: Seaglobe.com

Tidak hanya kantong plastik, gelas, sedotan, dan jas hujan. Masih banyak produk lain dari Avani Eco seperti alat makan dari kayu dan tempat makan dari serat tebu. Semuanya aman dan mudah didaur ulang.

Ayo,  kurangi penggunaan plastik dengan mulai menggunakan produk Avani Eco. Kita bisa tiru semangat Kevin Kumala dalam mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.