Halo, Takaiters!

Setiap perempuan pasti mendambakan kulit wajah yang bersih, lembut, cantik, dan bebas dari masalah kulit, seperti jerawat, kulit berminyak, dan komedo. Berbagai macam perawatan pun dilakukan, mulai dari perawatan di salon dengan high budget, menggunakan krim hingga perawatan dengan bahan-bahan alami dan sederhana di rumah.

Salah satu perawatan yang banyak menjadi pilihan adalah menggunakan masker. Selain mudah dan low budget, tentu saja perawatan ‘sejuta umat’ ini bisa dilakukan di rumah tanpa bantuan orang lain. Tinggal pilih, mau menggunakan bahan-bahan alami atau sheet mask siap pakai. Hasil yang didapat pun mampu membuat kulit wajah menjadi glowing dan enak dipandang.

Takaiters, meskipun terlihat mudah, faktanya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika menggunakan masker. Hal ini tentu saja berdampak pada hasil yang tidak maksimal. Berikut tujuh kesalahan umum dalam melakukan rutinitas masker wajah. Hayo, kira-kira yang mana yang sering Takaiters lakukan?

Memakai Masker Terlalu Lama

Foto: manado.tribunnews.com

Takaiters, hanya karena menggunakan masker dalam waktu yang lama, bukan berarti bisa mendapatkan hasil yang lebih. Masker akan memberikan manfaat secara optimal jika waktu penggunaaannya sesuai anjuran atau petunjuk. Untuk diketahui, penggunaan masker terlalu lama justru dapat membuat wajah kering dan dehidrasi.

Memakai Masker yang Tidak Sesuai dengan Jenis Kulit

Foto: liputan6.com

Walau mempunyai segudang manfaat, akan lebih baik jika kita menggunakan masker sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit si pemakai. Untuk memilih masker tidak bisa sembarangan, ya. Jangan sampai karena temanmu cocok dengan masker wajah dari Korea kamu jadi tergoda untuk mencobanya. Yuk, cari tahu jenis kulit dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Tidak Membersihkan Wajah Sebelum Menggunakan Masker

Foto: nakita.grid.id

Sebelum mengaplikasikan masker ke wajah, penting untuk mengondisikan wajah bersih dan bebas kotoran. Takaiters bisa menggunakan facial wash atau double cleanser yang berguna mengangkat debu dan kotoran yang menempel di wajah. Dengan begini dijamin masker akan bekerja lebih optimal dan hasil yang didapat juga sesuai harapan. Ingat, jangan malas untuk membersihkan wajah sebelum maskeran.

Tidak Mencuci Tangan Sebelum Menggunakan Masker

Foto; lifestyle.okezone.com

Tahukah Takaiters, tidak hanya wajah yang perlu dicuci sebelum menggunakan masker, ternyata mencuci tangan sebelum menggunakan masker tidak kalah penting. Ketika menggunakan masker dengan tangan kotor, bakteri dan minyak di tangan justru pindah ke wajah, lo. Lebih baik lagi jika menggunakan kuas khusus masker yang steril.

Menggunakan Masker Terlalu Tebal Atau Berlebihan

Foto: idntimes.com

Takaiters, terkadang kita harus meluruskan sesuatu hal. Banyak yang mengira jika menggunakan skincare atau masker dalam jumlah yang banyak maka hasilnya akan lebih cepat terlihat. Padahal tidak, lo! Mengaplikasikan masker terlalu tebal atau berlebihan justru dapat menghilangkan minyak alami yang bisa mengakibatkan kulit menjadi kering, bersisik, bahkan mengelupas. Jadi, cukup pakai satu lapis saja masker secara merata.

Menggunakan Masker Setiap Hari

Foto: hepwee.com

Takaiters, tidak semua masker wajah bisa dipakai setiap hari, kecuali masker wajah yang berfungsi untuk melembabkan kulit. Menggunakan masker setiap hari bisa membuat kulit wajah menjadi kering. Cukup gunakan masker dua sampai tiga kali dalam satu minggu secara konsisten.

Melakukan Aktivitas dan Berbicara Saat Menggunakan Masker

Foto: hipwee.com

Takaiters, salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah menggunakan masker sambil mengerjakan hal lain yang dianggap santai. Padahal ini dapat memicu masker yang mulai mengering menjadi retak-retak sehingga bisa menyebabkan kulit wajah menjadi keriput. Apalagi kalau sampai menggunakan masker sambil berbicara. Tentu saja hasil yang didapat di luar ekspetasi. Idealnya menggunakan masker sambil tiduran agar kulit wajah benar-benar relaks.

Nah, Takaiters, itulah tujuh  kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker wajah. Pastikan untuk menghindarinya, ya, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat Maskeran!