Hallo, Takaiters!

Pada tanggal 14 Agustus 2019 hari ini, diperingati sebagai hari Pramuka yang ke-58. Kita pasti tahu bagaimana pakaian pramuka yang memiliki ciri khas warna cokelat. Ya, warna cokelat menjadi warna yang identik dengan pakaian Pramuka.

Apa, sih, arti dari warna cokelat pada pakaian Pramuka ini? Warna cokelat pada seragam pramuka memiliki arti tanah dan air. Warna cokelat muda pada kemeja mencerminkan air yang mengalir di seluruh negeri, sedangkan warna cokelat tua pada bawahan menggambarkan warna tanah di Indonesia.

Setiap anggota pramuka selalu tampil dengan kemeja berwarna cokelat muda lengkap dengan atributnya, di leher memakai syal berwarna merah putih sebagai perlambang Indonesia. Sementara untuk bawahan, celana atau rok berwarna cokelat tua. Penutup kepala yang dipakai juga berwarna cokelat.

Mengapa warna cokelat sebagai warna pakaian Pramuka? Berikut 3 alasan yang menjadi faktor mengapa warna cokelat begitu identik dengan pakaian Pramuka.

1. Untuk Mengenang Jasa Pahlawan

Foto: suratkabar.id

Cokelat adalah warna yang mendominasi di medan perang. Warna itu digunakan oleh sederet pejuang kemerdekaan saat melawan penjajah merebut kemerdekaan. Warna cokelat sengaja dipilih agar anggota pramuka tidak melupakan jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk negara. Dan hal itu secara resmi tercantum pada bab 1 pasal 5 ayat b dalam petunjuk penyelenggaraan pakaian anggota gerakan Pramuka.

2. Sejarah Awal Gerakan Kepanduan Dunia

Foto: adyaskadault.info

Sebagai pencetus Pramuka Lord Baden Powell berpetualang mengelilingi bukit gunung hutan dan laut. Pakaian yang dikenakanya kotor karena tanah dan lumpur. Namun hal tersebut biasa baginya. Medan perjalanan yang dipenuhi oleh tanah dan lumpur pelan-pelan membuat pakaiannya berubah warna menjadi cokelat.

3. Warna Tunas Kelapa

Foto: tandapagar.com

Tunas kelapa ini diartikan sebagai tunas penerus bangsa. Warna dari buah kelapa yang berwarna cokelat ini dijadikan warna dasar untuk pakaian Pramuka. Harapannya adalah agar anggota Pramuka mampu menyesuaikan diri dalam situasi dan kondisi bagaimana pun, Guys.

Itulah 3 alasan pakaian Pramuka berwarna cokelat, Takaiters.  Semoga bermanfaat. Salam Pramuka!