Hai, Takaiters!

Setiap tanggal 27 September dunia merayakan Hari Pariwisata Sedunia atau The World Tourism Day. Perayaan hari besar ini memang ditujukan untuk sektor pariwisata yang merupakan salah satu industri ekspor terbesar di dunia setelah bahan kimia dan bahan bakar. Dipilihnya tanggal ini ada cerita unik di baliknya, loh, Guys? Mau tahu? Kepoin, yuk?

  • Fakta Unik Dipilihnya Tanggal 27 September

hari wisata sedunia
Foto: armin.id

Penetapan tanggal 27 September sebagai Hari Pariwisata Sedunia bukan tanpa alasan. Pada tanggal tersebut UNWTO atau United Nation World Tourism untuk pertama kalinya merancang anggaran dasarnya di tahun 1970.

Fakta unik lainnya adalah pada tanggal 27 September tersebut adalah bersamaannya orang-orang melakukan perjalanan wisata sebagaimana di bumi bagian belahan utara yang akan bersiap memasuki musim dingin merupakan akhir dari waktu liburan.

Sementara di bumi bagian belahan selatan yang akan memasuki musim panas bersiap menyambut awal liburan mereka.

  • Tujuan Diperingatinya Hari Pariwisata Sedunia

hari pariwisata indonesia
Foto: bisniswisata.co.id

Tujuan memperingati Hari Pariwisata Sedunia adalah untuk lebih mendorong dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan arti pentingya pariwisata. Pariwisata membawa dampak yang sangat besar terhadap nilai-nilai budaya, sosial, politik, ekonomi dan juga bagi lingkungan sekitar.

Dan tujuan lainnya adalah untuk lebih meningkatkan kesadaran tentang pariwisata yang merupakan kontributor dalam mencapai kemajuan pembangunan yang berkelanjutan dan berkesinambungan.

  • Makna Merayakan Hari Pariwisata Sedunia

hari pariwisata dunia
Foto: liputan6.com

Pariwisata yang merupakan mata pencaharian seluruh dunia membawa harapan besar bagi kemakmuran bangsa dan negaranya. Dengan merayakannya maka diharapkan akan banyak makna yang bisa diambil.

Kemajuan pariwisata akan terus membangkitkan kekuatan global bagi dunia agar tetap dapat berkontribusi dalam memajukan pembangunan di semua pilar.

Makna dari perayaan ini jika dilihat dari segi ekonomi akan terlihat geliat ekonomi yang terus tumbuh secara inklusif, dari segi sosial berdampak langsung pada masyarakat dimana mereka akan bisa berkecimpung langsung di sektor pariwisata, yaitu menjadikannya sebagai mata pencaharian mereka.

Lalu, bagaimana dengan budaya, lingkungan dan politik? Kemajuan pariwisata selalu terkait dengan budaya yang menjadi asetnya. Budaya yang maju dan beragam sangat menarik wisatawan untuk datang mengenalnya.

Lingkungan dengan pariwisatanya yang maju pastinya berbeda dengan lingkungan yang tidak memiliki sektor pariwisata. Ini sangat berimbas pada perubahan iklim, tatanan hidup dan ekonomi. Sementara dari segi politik dengan adanya pariwisata yang maju maka diharapkan adanya perdamaian dalam kancah politik suatu negara.

Nah, Guys, Itulah kenapa dunia merayakan Hari Pariwisata? Karena ada makna di balik perayaan itu. Perayaan tidak harus selalu meriah, tetapi dengan memahami maksud dan tujuan serta melaksanakan apa yang seharusnya dilaksanakan itu sudah cukup.

Geliatkan lagi pariwisata, tunjukkan pada dunia bahwa negaramu itu indah dengan budayanya yang beraneka ragam dan masyarakatnya yang ramah hingga mereka tertarik untuk datang dan terus datang.

Selamat Hari Pariwisata Sedunia atau The World Tourism Day.