Hai, Takaiters!

Menikah adalah salah satu peristiwa hidup yang sangat diimpikan oleh banyak orang. Hidup berumah tangga adalah proses belajar yang sesungguhnya, belajar tanpa henti, hingga akhir hayat. Betul kan, Takaiters?

Membina rumah tangga dengan baik dibutuhkan kedewaaan berpikir dan ketrampilan dalam menghadapi aneka problem kehidupan. Menjadi istri yang baik pun butuh ilmu dan pengetahuan yang memadai, serta keterampilan hidup berumah tangga.

Untuk itu sebelum menikah, sebaiknya seorang wanita memiliki keterampilan dasar dalam menghadapi kehidupan rumah tangganya.

Nah, keterampilan apa saja sih yang wajib dimiliki wanita sebelum menikah, Takaiters! Yuk, disimak!

Keterampilan Memasak

Kuasai keterampilan sebelum menikah
Foto: kompas.com

Piawai memasak sih tidak harus, ya Guys, tapi setidaknya tahulah ya ilmu tentang memasak walaupun sedikit. Pengetahuan memasak yang paling sederhana pun sudah cukup kok. Seperti cara menyalakan kompor, membedakan aneka bumbu dapur, dan lain-lain.

Mengapa keterampilan memasak ini penting? Karena enggak mungkin kan setiap hari akan beli makan terus menerus. Pasti ada kalanya harus memasak sendiri di rumah, meskipun hanya sekedar membuat mi instan atau menceplok telur. Betul kan?

Keterampilan Mencuci

Keterampilan sebelum nikah muda
Foto: optolov.ru

Mencuci baju ataupun mencuci piring juga butuh pengetahuan, lho. Bahan apa yang enggak boleh dicuci dengan mesin cuci atau bagaimana cara mencuci peralatan rumah tangga dari bahan teflon, dan lain sebagainya.

Mencuci baju atau peralatan makan sendiri pastilah akan dialami oleh seorang ibu rumah tangga, meskipun saat ini banyak jasa laundry kiloan di sekitar kita atau ada mesin pencuci piring otomatis.

Keterampilan Menata Rumah

Foto: 99.co

Keterampilan menata rumah, seperti menyapu lantai, membereskan tempat tidur, menata perabotan rumah, dan lain sebagianya, pastilah tetap harus dilakukan. Enggak mungkin kan membiarkan rumah berantakan sepanjang hari?

Meskipun nantinya ada asisten rumah tangga, tapi tak mungkin juga mengandalkan mereka merapikan rumah kita setiap saat. So, keterampilan diri seperti ini tetap perlu dimiliki.

Ya, minimal 3 keterampilan itulah yang harus dimiliki jika akan menikah. Meskipun nantinya ada asisten rumah tangga yang membantu, tapi setidaknya kita tak terlalu buta sama sekali dengan urusan rumah. Kalaupun ternyata ketika akan menikah belum juga menguasai 3 keterampilan di atas, tak perlu khawatir. Belajar setelah menikah bisa menjadi pilihan.

Tak ada yang salah jika setelah menikah baru belajar memasak, mencuci baju yang benar, menata rumah dengan rapi, dan sebagainya. Pasti tak akan ada yang sempurna, karena hidup adalah proses belajar yang tiada henti. Jadi, jangan menyerah, ya Guys!