Hai, Takaiters!

Salah satu makanan yang harus kamu makan setiap hari adalah buah. Kenapa coba? Karena buah mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat. Buah juga bisa menjadi salah satu makanan yang akan mendukung suksesnya diet yang kamu lakukan lo. Nah, salah satu buah unik yang ada di Indonesia adalah salak.

Buah Ular

Foto: kompas.com

Meski saat salak mudah ditemukan di seluruh Indonesia, ternyata daerah asal tanaman salak belum dapat ditemukan dengan jelas. Salak diduga sebagai buah asli yang ada Thailand, Malaysia, dan Indonesia. Di Indonesia sendiri, sebagian besar salak ditemukan di Jawa bagian barat daya dan Sumatera Utara. Saat ini, tanaman salak sudah menyebar ke Mulucca, Papua New Guinea, Filipina, Queensland (Australia), dan Kepulauan Fiji.

Salak sebenarnya adalah tanaman sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Salak dikenal sebagai sala atau snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular. Nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca.

Aneka Mineral Menyehatkan

Foto: republika.co.id

Salak banyak mengandung potassium, pektin, fitonutrien , zat besi dan tiamin, pterostilbene dan kalsium. Potassium dalam salak mencegah resiko masalah kardiovaskuler sehingga menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan potassium dan pektin yang bisa menutrisi beberapa syaraf otak dan memperlancar peredaran darah di otak. Zat besi dan tiamin dalam buah salak sangat baik bagi penderita anemia  karena memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah.

Bagi penderita diabetes, salak sangat baik karena mengandung pterostilbene yang dapat menurunkan gula darah. Selain buah, kulit dari salak juga bisa dijadikan teh untuk meningkatkan proses pembaruan sel pankreas. Bagi para ibu yang sedang mengandung, sangat baik mengonsumsi buah salak secara berkala karena salak mampu membentuk jaringan kerangka tulang pada janin dan membantu ibu untuk mempersiapkan diri secara fisik menjelang kelahiran bayi. Kalsium yang ada pada buah salak membantu ibu hamil mencukupi kebutuhan harian kalsiumnya.

Sumber Vitamin dan Serat

Foto: bobo.grid.id

Salak banyak mengandung vitamin A  sehingga dapat membantu memelihara kesehatan mata. Buah salak juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, Guys. Kandungan vitamin C ini dapat mengurangi kemungkinan terkena sariawan atau bahkan menyembuhkannya. Vitamin C yang terkenal sebagai anti oksidan akan membantu memerangi radikal bebas dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami.

Banyak masyarakat yang beranggapan bahwa memakan buah salak akan mengganggu proses pencernaan. Ternyata hal ini terjadi karena kebiasaan masyarakat yang  mengonsumsi buah salak tetapi membuang kulit arinya (kulit tipis), Guys. Padahal dalam kulit ari salak terdapat kandungan serat yang dapat mengurangi kemungkinan menderita sembelit.

Baik untuk Diet dan Kesehatan Kulit

Foto: carabudidaya.co.id

Buat kamu yang sedang menjalani program diet atau ingin menurunkan berat badan, mengganti makan malam dengan sebutir buah salak dapat dicoba, Guys, jika kamu bosan mengonsumsi buah apel. Buah salak mengandung fitonutrien yang sangat baik untuk tubuhmu. Vitamin C pada buah salak juga bisa memberikan asupan vitamin buat kamu yang sedang berdiet.

Salak tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh tetapi juga merawat kulit. Buat kamu yang ingin punya kulit tetap segar dan terawat secara alami bahkan awet muda, tak ada salahnya rutin mengonsumsi buah salak sehari-hari karena salak dapat membantu memperlancar proses regenasi kulit dan mencegah penuaan dini.

Olahan Salak

Foto: youtube.com

Salak dimanfaatkan sebagai buah meja. Buah ini sangat segar jika dimakan secara langsung. Salak yang dimakan langsung biasanya salak yang manis, Guys, sedangkan yang kurang manis akan diolah menjadi asinan, sirup sirup, dikalengkan atau dikemas sebagai keripik salak. Salak yang muda digunakan untuk bahan rujak. Umbut salak pun dapat dimakan.

Dari berbagai jenis salak yang ada di Indonesia seperti salak pondoh, salak bali, salak condet, salak bongkok, salak gula, dan sebagainya, sebagian besar dimanfaatkan sebagai oleh-oleh khas daerah masing-masing. Salak segar biasanya dikemas dalam keranjang bambu supaya tidak mudah busuk.

Takaiters, ternyata banyak, ya, manfaat buah salak untuk kita. Harga salak cukup murah, kok, sehingga terjangkau buat kantong anak muda. Selain murah, salak termasuk buah yang tidak mudah busuk meski tidak disimpan di dalam kulkas. Makanya jangan segan mengkonsumsinya, ya, Guys.