Hai, Takaiters!

Kamu yang hidup di zaman penuh polusi ini harus selalu menjaga kesehatan, Guys, dengan olahraga, menghindari stres, dan mengonsumsi makanan dan minuman sehat yang mengandung gizi seimbang.

Nah, salah satu minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah infused water atau air nano. Kenapa harus minum infused water dan bagaimana membuatnya? Kamu harus menyimak penjelasan berikut, ya.

Difusi Osmosis

Foto: prelo.co.id

Kenapa kita tidak cukup makan buah saja? Karena ternyata buah yang direndam dalam air mengakibatkan semua nutrisi yang ada dalam buah, kulit dan biji akan larut atau pindah ke dalam air, Guys.

Dalam ilmu kimia, ini yang disebut sebagai difusi yaitu peristiwa mengalir atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.  Selain itu juga terjadi proses osmosis yaitu perpindahan molekul pelarut melalui selaput semipermiabel dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat atau dari bagian yang konsentrasi pelarut rendah (hipotonis) ke konsentrasi pelarut tinggi (hipertonis).

Itulah kenapa minum infused water terasa seperti minum semua nutrisi dari buah, kulit dan biji buah sekaligus!

Fermentasi

Foto: radarmalang.id

Saat buah-buahan direndam dalam air dalam waktu 6 sampai 12 jam, terjadilah proses fermentasi menghasilkan probiotik yang sangat baik bagi tubuh kita terutama pencernaan. Probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat memberikan efek baik atau kesehatan pada organisme lain atau inangnya.

Probiotik bekerja dengan cara mengganti bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh dan menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan agar tubuh mampu berfungsi normal.

Manfaat probiotiik antara lain membantu meredakan diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, parasit atau akibat penggunaan antibiotik dan membantu meredakan peradangan pada sistem pencernaan. Yang perlu kamu perhatikan, jangan merendam buah lebih dari 12 jam, Guys, karena akan menghasilkan busa tanda sudah muncul alkohol dalam proses tersebut.

Air Alkali

Foto: doktersehat.com

Buah-buahan yang direndam dalam air selama 6 sampai 12 jam juga menghasilkan air rendaman yang bersifat alkali atau basa, Guys. Saat ini, tubuh kita digempur dengan begitu banyak makanan olahan yang bersifat asam, sehingga tubuh rentan penyakit kronis, penuaan dini, dan masalah berat badan. Dengan mengonsumsi infused water, buah-buahan dan sayuran maka tubuh kita lebih tahan terhadap penyakit karena pH tubuh menjadi seimbang.

Dengan pH seimbang, kita akan tidur lebih baik, energi meningkat, tidak cepat mengalami penuaan dini, terlindung dari kanker dan fokus sepanjang hari. Penelitian membuktikan bahwa pola makan yang sebagian besarnya terdiri dari makanan yang bersifat alkali, dapat meningkatkan kualitas hidup hingga 80%.

Buah, Sayur atau Rimpang?

Foto: cookpad.com

Infused water biasanya dibuat dengan merendam buah-buahan. Namun, saat ini populer juga infused water menggunakan sayur, rimpang atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit,  ketumbar atau chia seed.

Beberapa metode diet justru menggunakan kombinasi bahan-bahan tersebut. Setelah diambil manfaatnya dalam infused water, buah, sayur, rimpang atau rempah-rempah bisa dibuang, Guys, karena rasanya sudah menjadi hambar.  Namun, jika kamu mau, boleh sih dikonsumsi karena masih ada manfaat seratnya.

Beberapa orang merasa sayang jika bahan-bahan infused water hanya digunakan sekali sehingga menggunakannya lagi untuk membuat infused water dengan mengganti airnya. Namun, yang terbaik tetap untuk satu kali pembuatan, ya, Guys.

Minimal Separuh Botol

Foto: brilicious.brilio.com

Untuk membuat infused  water, paling bagus digunakan botol kaca atau botol plastik dengan kategori BPA Free. Untuk infused water berbahan buah dan sayur sebaiknya digunakan air matang suhu normal atau air dingin, sedangkan untuk rimpang dan rempah dapat digunakan air mendidih atau direbus dulu.

Setelah dingin infused water boleh disimpan di kulkas dan jangan lupa menutup rapat botolnya ya, supaya tidak terkontaminasi bau dan bakteri. Lalu seberapa banyak bahan-bahan yang digunakan untuk infused water? Sebaiknya minimal separuh botol atau lebih Guys, supaya nutrisi yang dihasilkan juga maksimal.

Takaiters, ternyata bermanfaat banget kan infused water yang kita konsumsi? Makanya kamu harus coba, bukan buat gaya-gayaan dan mengikuti trend saja, tetapi lakukan karena benar-benar tahu manfaatnya.