Hai, Takaiters!

Siapa pun kamu pastinya menginginkan semua yang menjadi kegiatan kamu setiap harinya akan terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Namun, adakalanya apa yang menjadi harapan itu tidak terwujud dikarenakan ada kendala dan sesuatu hal yang membuat aktivitas kita terhenti hingga semua yang sudah di rencanakan menjadi berantakan.

Jika hal itu terjadi pada kamu yang bekerja pada sebuah kantor atau perusahaan, maka yang ada adalah kepanikan, was-was, dan rasa bersalah karena tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya. Disitulah prestise kinerja kamu dipertaruhkan. Pimpinan dan rekan kerja akan melihat kinerja kamu yang sungguh berantakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya kamu harus membuatĀ  to do list. So, apa to do list itu? Simak, yuk, Guys!

Apa Itu To Do List?

Foto: reformata.com

To do list adalah rincian kegiatan yang akan kita kerjakan pada rentang waktu tertentu. Biasanya to do list dibuat dalam rentang waktu harian, mingguan atau bulanan. Daftar yang ditulis diurutkan dari awal kegiatan yang akan dilakukan hingga kegiatan yang terakhir. Bisa juga dengan membuat daftar prioritas dari yang terpenting hingga yang tidak terlalu urgent agar tidak bertabrakan satu sama lain.

Manfaat To Do List

Manfaat dari to do list itu sendiri terutama bagi kamu yang bekerja di kantor atau perusahaan sangat besar karena akan berpengaruh pada kinerja kamu sehari-hari. To do list juga bisa mencerminkan kepribadian kamu.

Bagi yang to do listnya tersusun dan tertata rapi sudah pasti dia adalah pekerja yang memiliki kinerja yang rapi, terorganisir dan terencana. Sebaliknya, to do list yang asal-asalan mencerminkan kinerja kamu yang berantakan dan tidak terorganisir. Manfaat lain dengan membuat to do list mengenai pekerjaan kamu yaitu:

Untuk Menentukan Skala Prioritas Pekerjaan

Foto: qvcc.edu

Dengan adanya to do list maka kamu akan tahu pekerjaan mana saja yang menjadi prioritas terpenting untuk kamu kerjakan terlebih dahulu sehingga pekerjaan tersebut akan selesai tepat waktu, tepat sasaran, dan tepat guna.

Membuat Lebih Fokus dalam Menyelesaikan Pekerjaan

Foto: freepik.com

Percaya atau tidak dengan membuat to do list maka kamu akan lebih fokus dalam menyelesaikan pekerjaan. Kenapa bisa? Karena dengan to do list sudah jelas pekerjaan yang menjadi prioritas untuk di kerjakan sehingga kamu akan lebih konsentrasi dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan rentang waktu yang telah direncanakan.

Lebih Efektif dan Efisien

Foto: pexels.com

Jika bekerja tanpa membuat perencanaan, maka hasilnya biasanya tidak akan optimal. Namun, dengan membuat to do list maka waktu yang digunakan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan akan lebih efektif dan efisien karena semua tersusun dan tertata dengan jelas.

Lebih Produktif Bekerja

Foto: pexels.com

Bekerja dengan to do list akan menumbuhkan disiplin yang tinggi. Dengan etos disiplin yang terbentuk maka secara tidak langsung akan berdampak pada daya produktivitas yang terus meningkat. Hal ini disebabkan adanya kebiasaan dalam memaksimalkan waktu untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan dengan hasil yang optimal.

Cara Membuat To Do List

Foto: rencanamu.com

Kelihatannya membuat to do list itu mudah dan sepele. Eits, jangan salah, meskipun terlihat sepele, tetapi saat membuatnya harus dipikirkan secara matang. Kesalahan yang sering terjadi dan membuat kewalahan adalah terlalu banyak daftar pekerjaan atau kegiatan yang dimasukkan dalam to do list.

Untuk menghindari kesalahan tersebut sebaiknya pilihlah pekerjaan-pekerjaan yang benar-benar jadi prioritas penting. Sebaiknya kamu tidak menulis lebih dari delapan pekerjaan atau kegiatan dalam to do list. Setelah itu urutkan dari yang paling urgen atau membutuhkan penyelesaian yang paling cepat.

Mulailah mengerjakan sesuai dengan to do list yang sudah kamu buat. Pastikan selesai tepat waktu dengan hasil yang optimal. Jangan lupa berilah tanda ceklist agar memudahkan kamu mengingat mana yang sudah kamu kerjakan dan yang belum. Usahakan agar kamu rutin dalam membuat to do list sehingga pekerjaan kamu akan tetap terorganisir dan tertata rapi.

Takaiters, sudah tidak bingung lagi, kan, dengan semua pekerjaan atau kegiatan kamu yang seabreg? Kamu tinggal membuat to do listnya agar memudahkan kamu dalam membagi waktu. Yuk, mulai dari sekarang kamu buat to do list!