Hello, Takaiters!

Bisa kembali bertemu dengan bulan Ramadan memang menghadirkan kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim. Selain kerap dikatakan sebagai bulan penuh rahmat dan menuai pahala, Ramadan juga merupakan bulan asyik untuk berburu menu takjil lezat yang menggoyang lidah.

Bisa dipastikan, mulai dari anak-anak, remaja, bahkan yang tua sekalipun akan berbondong-bondong berburu menu takjil menjelang berbuka puasa. Aktivitas tersebut hampir sudah menjadi rutinitas melegenda saat momen Ramadhan tiba.

Lantas, menu takjil apakah yang sering diburu dan menjadi favorit, Takaiters? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Kolak Pisang

Foto: idmtimes.com

Rasanya tidak afdal jika berbuka puasa tanpa kolak pisang. Menu takjil satu ini memang juara. Bukan hanya sebagai santapan lezat yang wajib tersaji di rumah, tetapi juga menjadi menu andalan yang dijual di mana pun. Kolak pisang ini terbuat dari perpaduan antara santan, gula merah, potongan pisang dan sedikit ditambahkan daun pandan sebagai penyedap rasa. Rasanya tak hanya manis tapi juga gurih, sebab saat dimasak wajib ditambahkan sedikit garam. Sangat pas untuk dinikmati saat berbuka, bukan?

2. Es Blewah

Foto: fimela.com

Nikmatnya es blewah selalu menggoda mata. Tampilannya sederhana, namun segarnya sangat pas menjadi pemuas dahaga setelah seharian berpuasa. Maka dari itu, es blewah menjadi salah satu minuman segar yang laris diburu untuk dijadikan menu takjil andalan. Selain rasanya manis dan dibandrol cukup murah, es blewah juga kaya manfaat untuk kesehatan tubuh, lo.

3. Teh Manis

Foto: waarmedia.com

Meski tergolong menu takjil sederhana, teh manis menjadi minuman segar paling popular di bulan ramadhan. Bisa disandingkan dengan menu buka puasa jenis apapun. Baik disajikan saat hangat maupun dingin, teh manis selalu menggoda segarnya.

4. Es Buah

Foto: liputan6.com

Siapa, sih, yang tidak tergoda dengan segarnya es buah? Bisa dibilang es buah ini menjadi minuman kesukaan sejuta umat, lo, Takaiters. Di luar bulan puasa, es buah ini sudah laris manis terjual. Anehnya, saat bulan puasa justru penjualan semakin membludak. Para pemburu takjil seolah tidak mau terlewat dengan pesona es buah yang menggoda tenggorokan. Rasa yang manis dengan perpaduan susu kental dan sirup, serta potongan aneka buah-buahan seolah mampu menjadi penghapus dahaga paling maknyus.

5. Kurma

Foto: medicalnews.com

Perintah tentang makan yang manis-manis saat berbuka sudah begitu melekat di telinga umat muslim. Meski terbilang langka di negara Indonesia, buah kurma tetap menjadi menu takjil yang paling diminati. Tak hanya itu, rasa manis pada buah kurma ternyata mampu mengatasi rasa lemas akibat menahan makan dan minum saat berpuasa.

6. Aneka Gorengan

Foto: idmtimes.com

Siapa, sih, yang nggak suka sama gorengan? Menu takjil ini sudah menjadi primadona. Setelah seharian menahan lapar, kebanyakan orang akan mencari camilan ringan untuk mengganjal perut sementara. Dan gorengan menjadi makanan ringan pertama yang siap disantap. Rasanya yang gurih dan bertekstur renyah membuat camilan satu ini sayang untuk dilewatkan. Apalagi jika sudah dicocol dengan saus sambal atau cabai rawit, duh, bikin lidah enggak mau berhenti mengunyah, Guys!

Takaiters, itulah beberapa menu takjil paling laris dan sering diburu oleh banyak orang saat sedang ngabuburit di bulan Ramadan. Nah, dari keenam menu buka puasa di atas, manakah yang menjadi favoritmu?