Hai, Takaiters!

COVID-19 yang tengah melanda hampir di seluruh belahan bumi adalah penyakit yang menyerang daya kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus corona. Saat kekebalan tubuh menurun virus ini akan mudah menjangkiti dan menginfeksi si penderita. Jika sampai terinfeksi virus corona ini makan akan sangat berbahaya dampaknya karena virus ini bisa juga mengantarkan pada kematian.

Takaiters, kali ini Takaitu tidak akan membahas tentang virus coronanya, tetapi akan membahas tentang daun kelor. Ups, emang ada hubungannya, ya, antara daun kelor dan virus corona? Wait, pelan-pelan, yuk, kita simak bareng-bareng ulasan tentang si daun kelor.

Khasiat Daun Kelor

Foto: lifestyle.kompas.com

Daun kelor merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat, bahkan menurut WHO (World Helath Organization) daun kelor memiliki kurang lebih 360 manfaat.

Manfaat daun kelor di antaranya adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan dapat melindungi sel dari kerusakan, meningkatkan hemoglobin dan zat besi, menyeimbangkan profil lipid dan menormalkan kadar kolesterol, mengobati penyakit radang, diabetes, nyeri sendi, juga sebagai suplemen protein alami bagi tubuh, meningkatkan produksi asi, mencegah kenaikan berat badan, mencegah virus, bakteri atau jamur, juga mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kandungan Daun Kelor

Foto: health.grid.id

Melihat begitu banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari daun kelor, itu menunjukan kandungan dari daun kelor itu sendiri pastinya sangat beragam. Yuk, kita intip apa saja yang terkandung dalam daun kelor?

Meski berbentuk dedaunan yang kecil namun jangan salah, kandungan daun kelor sangat luar biasa. Daun kelor banyak mengandung vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Vitamin yang terkandung dalam daun kelor bahkan mencapai 7 kali lipat lebih banyak dari kandungan vitamin pada buah jeruk dan kaliumnya 15 kali lebih besar dari buah pisang. Selain mengandung vitamin, mineral dan kalium, daun kelor juga mengandung kalsium, protein, asam amino, serta zat besi yang berguna untuk membantu tubuh menyembuhkan penyakit dan membangun otot.

Cara Mengonsumsi Daun Kelor

Foto: idntimes.com

Guys, selain bisa di makan sebagai lalapan, daun kelor juga bisa diolah menjadi beberapa olahan makanan yang lezat. Jika akan disantap sebagai lalapan, sebaiknya tidak lebih dari empat jam setelah dipetik karena daun ini sangat mudah mengalami fermentasi, yaitu terlihat dari daunnya yang cepat layu dan menguning. Jika sudah menguning maka nutrisi yang terkandung sudah berkurang.

Daun kelor juga bisa di masak menjadi sayur bening. Dengan menambahkan sayuran lain seperti wortel, jagung segar, oyong, kemangi, dan lain-lain-lain sesuai selera. Daun kelor juga diolah menjadi teh atau cendol, bahkan teh daun kelor sudah ada sejak dahulu kala dan bahkan di India teh daun kelor sudah digunakan sebagai obat herbal selama 4000 tahun.

Mengolah daun kelor menjadi cendol adalah pilihan yang tepat karena cendol adalah minuman yang disukai oleh banyak orang. Selain itu, cara pembuatannya juga tidak terlalu rumit.

Takaiters, Jika dulu kamu memandang daun kelor dengan sebelah mata dan selalu bilang, “Apa, sih, enaknya daun kelor?” Sekarang, setelah tahu banyak banget kandungan yang terdapat pada daun kelor dan juga khasiatnya, tentunya kamu akan mengubah mindset kamu tentang daun kelor, bukan?

Apalagi di tengah virus corona melanda dunia, pastinya kamu harus memiliki stamina dan kekebalan tubuh yang fit agar terhindar dari terjangkitnya virus jahat ini. Yuk, mulai sekarang mulai mengkonsumsi daun kelor agar stamina kekebalan tubuh kamu tetap terjaga!