Hola, Takaiters!

Siapa di antara kamu yang pernah traveling ke Makassar, nih? Selain menikmati kotanya yang indah, seorang traveler biasanya juga selalu tertarik dengan kuliner khas suatu daerah, tak terkecuali ketika mereka berkunjung ke Makassar.

Meskipun di Jakarta dan kota lain kamu bisa menikmati kuliner khas Makassar dengan mudah, tetapi, menyantapnya langsung di tempat asalnya pastilah lebih mengasyikkan, ya, Guys.

Nah, di bawah ini ada beberapa kuliner berkuah khas Makassar yang selalu ngangenin. Yuk, kita ulas satu persatu!

Sop Saudara

makanan khas makassar
Foto : primarasa.co.id

Jika kamu menemukan rumah makan yang menghidangkan sop saudara, jangan lupa mampir untuk mencicipinya, ya. Sop saudara bakalan bikin kamu terlena dengan kuah yang gurih serta daging sengkel yang super lezat. Sop saudara biasanya berisi daging sapi, bihun, kentang goreng yang dibentuk bola-bola hingga paru sapi goreng. Sop saudara akan terasa semakin nikmat dengan tambahan sambal serta potongan mentimun. Duh, jadi pengen nyobain, ya, Guys!

Coto Makassar

makanan khas makassar
Foto : 2.bp.blogspot.com

Kuliner satu ini pastilah sudah tidak asing lagi, ya, bagi pecinta kuliner khas Makassar. Bahkan coto Makassar sudah terkenal hingga ke mancanegara, lho. Coto Makassar mempunyai kuah super yummy yang sangat kaya rempah. Kuliner satu ini pun semakin nikmat dengan isian berupa potongan daging sapi dan dapat pula disantap dengan ketupat.

Pilihan Editor



Sop Konro

makanan khas makassar
Foto : pinimg.com

Berbeda dengan banyak sop pada umumnya, sop konro ini dibuat dari kluwak, lengkuas serta kapulaga, lho, Guys. Sekilas penampilannya memang sangat mirip dengan rawon, ya. Sop ini berisi potongan daging sapi serta iga sapi. Tak heran jika kuliner satu ini disebut konro yang berarti iga.

Sop ini biasanya disantap bersama ketupat, ya, Guys. Selain dibuat menjadi sop, rupanya iga sapi bisa disajikan dengan cara dibakar. Hm, semakin lezat saja, ya.

Pallubasa

makanan khas makassar
Foto : tripadvisor.com

Pallubasa termasuk salah satu kuliner khas Makassar yang sangat unik karena kuahnya terbuat dari perutan kelapa sangrai sehingga menghasilkan kuah yang gurih dan kental.

Penyajiannya pun cukup unik, lho. Pallubasa biasanya disantap dengan nasi dan serta telur ayam kampung mentah. Nggak kebayang gimana enaknya kuliner satu ini, ya.

Kapurung

makanan khas makassar
Foto : resepkoki

Selain pallubasa, rupanya Makassar juga punya kuliner unik lainnya, lho. Salah satunya adalah Kapurung. Kuliner khas Makassar satu ini terbuat dari tepung sagu. Kapurung biasanya dimasak dengan kombinasi ikan atau daging ayam. Selain itu, Kapurung juga disajikan dengan berbagai macam sayuran di dalamnya. Lengkap banget, ya, Guys.

Itulah beberapa kuliner berkuah khas Makassar yag sayang banget untuk dilewatkan. Kamu bisa menyantap beragam menu spesial itu ketika melangkahkan kaki di sana. Selamat berburu kuliner super lezat dan yummy ini, ya, Guys!