Halo, Takaiters!

Ibu kota negara adalah kota tempat pusat pemerintahan dan pusat administrasi suatu negara dilakukan. Ibu kota negara juga bisa menjadi cerminan suatu negara. Nah, akhir-akhir ini pasti Takaiters mengetahui tentang rencana pemindahan ibu kota negara kita. Bahkan Presiden Republik Indonesia,  Joko Widodo telah menyampaikan pidato kenegaraan perihal pemindahan ibu kota negara sepekan yang lalu pada hari Jumat, 18 Agustus 2019. Kalimantan Timur menjadi kandidat kuat sebagai ibu kota baru menggantikan DKI Jakarta.

Takaiters, sebelum Indonesia ada beberapa negara di dunia yang juga pernah melakukan pemindahan ibu kota negara. Banyak alasan yang menjadi pertimbangan ketika suatu negara memutuskan untuk memindahkan ibu kota dan alasan setiap negara bisa berbeda dengan negara lain. Misal, pemerataan ekonomi, alasan politik, iklim, kepadatan hingga menghindari bencana alam.

Berikut 8 negara di dunia yang pernah melakukan pemindahan ibu kota negara.

Brasil

negara pindah ibukota di dunia
Foto: livemint.com

Brasil merupakan sebuah negara sepak bola yang berada yang di kawasan Amerika Selatan atau Amerika Latin. Alasan pemindahan ibu kota dari Rio de Janeiro ke Brasilia karena kota Rio de Janeriro dianggap sudah teramat ramai dan sesak. Kondisi lalu lintas juga sangat padat. Belum lagi lokasi antar gedung pemerintahan yang berjauhan. Hal inilah yang akhirnya menjadi alasan pemerintah melakukan pemindahan ibu kota negara.

Myanmar

pemindahan ibukota beberapa negara dunia
Foto: Tribun

Takaiters pasti tidak asing dengan salah satu negara yang sama-sama berada di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia, yaitu Myanmar. Myanmar memindahkan ibu kota ke 320 km sebelah utara ibu kota lama, yaitu Yangoon/Rangoon. Nama kota tersebut adalah kota Naypyidaw. Yang menjadi catatan adalah, ternyata pemindahan ibu kota Myanmar dianggap tidak begitu sukses karena kota Navpyidaw dianggap sepi penduduk. Padahal di kota Navpyidaw sudah dibangun berbagai infrastuktur yang mendukung sebagai sebuah ibu kota negara.

India

pemindahan ibukota dunia
Foto: citadeldc.com

Jika mendengar nama negara India, mungkin yang terlintas di benak Takaiters adalah Taj Mahal dan film Bollywood. Negara yang memiliki populasi penduduk lebih dari satu milyar ini, juga pernah melakukan beberapa kali pemindahan ibu kota negara. Terakhir, pada tahun 1911 India secara resmi memindahkan ibu kotanya dari Delhi ke New Delhi. Proses pemindahan tersebut bisa terbilang tanpa kendala yang berarti, sebab kedua kota tersebut masih satu wilayah.

Nigeria

negara yang pindah ibukota
Foto: gregnwoko.com

Negara yang berada di benua Afika ini resmi melakukan pemindahan ibu kota negara dari Lagos ke Abuja pada tanggal 12 Desember 1991. Sebagai sebuah ibu kota negara yang baru pada saat itu, Abuja dibanjiri arus urbanisasi yang mendongkrak jumlah penduduknya. Letaknya yang strategis berada di tengah Nigeria, akses yang mudah, serta iklim yang mendukung dan ramah, membuat Abuja menjadi ibu kota negara yang berkembang dengan pesat.

Pakistan

negara-negara dunia yang pindah ibukota
Foto: travelshelper.com

Pakistan merupakan sebuah negara yang terletak di kawasan Asia Selatan. Pemerintah Pakistan memutuskan melakukan pemindahan ibu kota negara dari kota Karachi yang terletak di selatan ke wilayah utara kota Islamabad pada tahun 1959. Alasan pemindahan agar kegiatan pemerintahan dan ekonomi tidak hanya terpusat di satu kota.

Inggris

Hasil gambar untuk winchester city
Foto: independent.uk

Tidak banyak yang tahu, bahwa sebelum London kota Winchester merupakan pusat pemerintahan di Inggris. Pada tahun 1066, ibukota negara dipindahkan ke London. Pemindahan berjalan lancar karena London telah memiliki sumber daya yang bagus untuk menjadi pusat pemerintahan.

Rusia

negara yang pernah pindah ibukota
Foto: tripsavvy.com

Ada yang unik dengan negara ini. Awalnya ibu kota negara Rusia adalah Moskow. Ditahun 1712 pusat pemerintahan digeser ke kota St. Peterburg. Kota St. Peterburg dipilih karena kota ini mempunyai akses terdekat ke negara-negara di Eropa. Namun, karena lain hal ibukota Rusia kembali dipindahkan ke Moskow pada 1918.

Australia

Hasil gambar untuk Canberra
Foto: india2australia.com

Negara yang mendapat julukan ‘negara Kanguru’ ini dulunya beribukota di Melbourne. Namun akhirnya dipindahkan ke Canberra pada tahun 1927. Walaupun menjadi ibu kota negara, namun kota Canberra bukanlah kota besar di Australia. Gaungnya kalah jauh jika dibandingkan dengan kota Sydney, Meulboune, atau Perth.

Takaiters, bagaimana tanggapan kalian terhadap rencana pemindahan ibu kota negara kita? Apapun keputusan yang diambil pemerintah, semoga itu adalah keputusan yang terbaik untuk negara tercinta ini. Tugas kita adalah memberi support dan mendoakannya.