Halo, Takaiters!

Enam bulan pertama telah kita lewati di tahun 2019. Itu artinya, tanpa terasa part pertama di tahun 2019 sudah kita lalui. Bagaimana dengan resolusi yang telah kamu buat di awal tahun 2019 kemarin? Adakah yang sudah tercapai? Adakah salah satu diantara sederetan resolusi yang kamu buat berlibur ke tempat yang kamu impikan? Jika iya, masih ada sisa waktu setengah tahun terakhir, lo, untuk merealisasikannya menjadi seorang traveller.

Takaiters, liburan akhir tahun layak kamu dapatkan sebagai hadiah karena selama satu tahun kamu sudah bekerja keras. Tidak ada salahnya mengimbangi antara bekerja dan liburan. Terlalu workaholic juga tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Nah, Takaiters, berikut kita akan bahas 5 tips merencanakan liburan akhir tahun agar menjadi liburan yang mengesankan!

1. Buat Rencana Jauh-Jauh Hari

Foto: universoviajero

Takaiters, sekarang kita sudah memasuki bulan Juli. Jika kamu berencana untuk melakukan liburan di akhir bulan  November atau Desember, mulailah menentukan tujuan liburan. Kira-kira kamu akan menghabiskan liburan akhir tahun di Indonesia atau di luar negeri. Keputusan ini tentu saja kamu ambil dengan mempertimbangkan budget dan cuti. Dua hal krusial yang wajib kamu perhitungkan.

Berapa besar budget yang kamu siapkan untuk liburan akan menjadi acuan dalam merencanakan biaya transportasi, akomodasi dan biaya hidup selama liburan. Mengingat liburan akhir tahun merupakan high season traveling, maka kamu harus-benar memastikan liburan akhir tahun tidak akan membuat jatuh miskin atau tabungan terkuras habis-habisan.

Selanjutnya cuti. Mulailah memberikan ‘kode’ kepada atasan. Jangan sampai rencana liburan akhir tahun gagal karena mendapatkan giliran kerja saat tutup buku akhir tahun atau cuti yang kamu ajukan malah tidak disetujui. Bisa gagal total rencana liburan kamu!

2. Gunakan Anggaran yang Sudah Direncanakan untuk Liburan

Foto: pexels.com

Takaiters, liburan yang cerdas adalah liburan yang memang menggunakan anggaran yang sudah direncanakan untuk liburan. Bisa jadi itu dari bonus atau saving plan yang memang dikhususkan untuk liburan. Jadi, kamu tidak perlu mengganggu gaji bulanan yang memang sudah ada pos-pos wajibnya.

Dengan begitu, kamu tidak perlu terlalu berhemat dan irit saat liburan. Sayang, kan, sudah jauh-jauh ke suatu tempat, kamu malah berhemat untuk tidak menikmati tempat wisata yang menggunakan uang masuk. Padahal tempat tersebut seru dan menjadi icon wajib di tempat itu. Atau kamu malah tidak menikmati kuliner khas di daerah yang kamu kunjungi karena alasan sayang duitnya.

3. Jangan Ribet sama Barang Bawaan

Foto: pexels.com

Setelah menyusun rencana dan memutuskan rencana liburan, sekarang saatnya kamu untuk packing. Takaiters, ada baiknya sebelum berlibur kamu sekedar searching untuk mengetahui medan liburan.

Selain itu, faktor iklim atau cuaca juga akan mempengaruhi barang bawaan. Bawalah barang-barang yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Misal, kamu mau pergi ke tempat bersalju, bawalah jaket musim dingin. Tapi kalau tujuan kamu adalah pantai, bawalah baju yang sesuai untuk daerah pantai.

4. Say No to Pekerjaan saat Liburan

Foto: pexels.com

Takaiters, loyalitas dan totalitas terhadap pekerjaan memang perlu dan harus. Namun, bukan berarti pada saat liburan kamu tetap memikirkan pekerjaan. Fokus dan nikmati liburan yang ada di depan mata. Sebelum liburan kamu bisa melimpahkan wewenang kepada teman atau rekan kerja. Pastinya sebelum liburan kamu harus menuntaskan semua kewajiban. Buatlah waktu liburan menjadi waktu yang sangat berharga dan efektif dengan cara menghabiskan waktu benar-benar hanya untuk berlibur.

5. Jangan Demi Foto yang Instagramable, Tujuan Liburan Menjadi Terbengkalai

Foto: pexels.com

Takaiters, tidak dapat dimungkiri media sosial sudah menjadi belahan hidup seseorang. Keinginan untuk mem-posting kegiatan dianggap sebagai sesuatu hal yang penting, termasuk dalam momen liburan.

Di satu tempat yang dianggap kece, seseorang bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya hanya untuk mendapatkan sebuah foto yang layak publish sehingga menuai banyak ‘love merah’ dan mendapat banyak pujian dari para followers. Hal tersebut tidak salah, tapi bisa jadi hal ini membuat liburan menjadi tidak terfokus lagi. Sebaiknya, kumpulkan kenangan lewat foto seru tanpa embel-embel wajib instagramable namun memiliki cerita indah yang melekat dalam ingatan dan layak untuk dikenang.

Nah, Takaiters, selamat mempersiapkan liburan akhir tahun yang mengesankan. Semoga tips di atas membantu kamu, ya!