Hai, Takaiters!

Dimanapaun dan kapanpun pastinya bisa-bisa saja kamu melakukan kesalahan. Seperti halnya di tempat kerja yang mana kadang timbul kesalahan yang sebenarnya tidak perlu terjadi. Kesalahan itu beragam jenisnya, ada yang berupa kesalahan kecil ada juga kesalahan yang fatal. Kesalahan kecil bisa juga berakibat fatal dan ini sungguh menjengkelkan. Namun, jika hal itu sudah terjadi apa boleh buat, yang penting kamu tidak perlu terlalu cemas atau khawatir menyikapinya. Jika kita melakukan kesalahan dimarahi pimpinan itu wajar, namun bukan berarti dunia akan berakhir, ya, Guys? Untuk mengatasi hal itu, kamu bisa melakukan tips berikut saat melakukan kesalahan di tempat kerja, Takaiters! Simak, yuk!

  • Tetap Tenang dan Percaya Diri

Seringkali saat melakukan kesalahan, timbul rasa cemas, khawatir dan ketakutan yang berlebihan. Hendaknya perasaan tersebut bisa dikendalikan karena justru akan membuat lingkungan sekitar terpengaruh dengan kecemasan dan kekhawatiran kamu. Berusahalah untuk tetap tenang dan percaya diri. Tenang meghadapi apapun dampak dari kesalahan tersebut dan percaya diri bahwa semua permasalahan akan segera bisa dicari jalan keluarnya.

tips saat melakukan kesalahan di tempat kerja
Foto: viva.co.id
  • Segera Menyampaikan Kepada Atasan

Jika kesalahan yang kita lakukan tidak bisa kita atasi sendiri, segeralah menyampaikan pada atasan. Jangan sampai orang lain mengetahui kesalahan kamu dan menunjukkannya pada atasan. Hal ini akan membuat keadaan lebih rumit karena biasanya masing-masing orang akan membangun opini mereka sendiri tentang kesalahan yang kamu lakukan. Jika kamu yang menyampaikan langsung pada atasan maka atasan akan kamu menilai kamu sebagai orang yang penuh tanggung jawab dan memperhatikan betul apa yang menjadi tugas dan kewajiban kamu. Jika atasan sudah mendengar sendiri tentang kesalahan yang kamu lakukan, maka akan lebih mudah untuk mengambil langkah-langkah perbaikan tanpa menimbulkan kericuhan disana-sini.

tips di tempat kerja
Foto: liputan6.com
  • Tidak Perlu Berdalih dan Akui Kesalahan

Mengakui kesalahan adalah lebih baik daripada berdalih ini dan itu. Dengan mengakui kesalahan maka rekan kerja dan atasan akan menilai kamu sebagai seorang yang memiliki profesionalisme dalam bekerja. Mereka akan salut dan tetap memeberikan support agar kamu bisa mengatasi kesalahan yang kamu lakukan. Sebaliknya jika kamu banyak berdalih justru akan membuat kamu dipandang sebelah mata oleh atasan dan rekankerja kamu. Mereka akan menilai kamu sebagai seorang yang labil dan tidak memiliki tanggung jawab.

tips saat melakukan kesalahan di tempat kerja
Foto: fimela.com
  • Meminta Maaf dan Berjanji Untuk Tidak Mengulangi

Tidak semua kesalahan yang kita lakukan ditempat kerja membutuhkan permintaan maaf. Namun, jika kesalahan itu menyangkut banyak pihak dan menimbulkan kekacauan atau ketidaknyamanan ditempat kerja maka sebaiknya kamu meminta maaf kepada semua pihak yang terkena imbasnya. Berjanjilah untuk tidak mengulangi kesalahan itu, meskipun itu terdengar klise, karena kamu tidak pernah tahu kesalahan-kesalahan yang akan terjadi nantinya. Terpenting adalah berusaha untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

atasi kesalahan di tempat kerja
Foto: m.brilio.net
  • Belajar Dari Kesalahan

Untuk menjadi pribadi yang lebih baik sebaiknya belajarlah dari kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Luangkan waktu untuk mengevaluasi bagaimana kesalahan tersebut bisa terjadi. Jika kamu benar-benar mengevaluasinya maka itu akan memudahkan kamu untuk mengantisipasi agar kesalahan-kesalahan itu tidak akan terjadi lagi. Kamu perlu menata ulang kembali cara kerja, prioritas kerja maupun manajemen kerja kamu sehingga menjadi lebih baik lagi.

atasi kesalahan di tempat kerja
Foto: dictio.id
  • Fokus Pada Pekerjaan

Belajarlah untuk lebih fokus dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Cermati dan perhatikan pekerjaan dari yang terkecil sampai yang besar, apa dampaknya jika terjadi kesalahan dan bagaimana solusi untuk mengatasi kesalahan tersebut. Jika kamu sudah fokus dan memiliki konsentrasi yang tinggi maka kesalahan-kesalahan yang tidak perlu terjadi dapat dihindari. Hasilnya pekerjaan kamu akan selesai tepat waktu dan tepat guna dengan kualitas yang sempurna.

Foto: tezzen.com

Nah, Takaiters? Itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan saat melakukan kesalahan di tempat kerja. Jadi, jangan cemas lagi jika kamu melakukan kesalahan di tempat kerja, ya? Enjoy your work, Takaiters?