Hai, Takaiters!

Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing adalah sepasang gunung yang sudah tidak asing lagi di telinga kita bahkan bagi para pendaki gunung. Kedua gunung yang kokoh menjulang  tampak megah saat kita melalui jalur timur Wonosobo sampai Temanggung. Di Banjarnegara juga memiliki sepasang gunung yang tidak kalah indah dan menarik untuk dikunjungi, lo. Kedua gunung tersebut adalah Gunung Lanang dan Gunung Tampomas. Mau tahu lebih lanjut tentang kedua gunung tersebut? Simak, yuk, Guys!

Cerita Tentang Gunung Lanang dan Gunung Tampomas

Foto: sobatjogja.com

Menurut cerita Gunung Lanang dan Gunung Tampomas adalah dua gunung yang berpasangan karena letaknya yang berdekatan. Gunung Lanang dipercaya dulunya adalah seorang pemuda yang dikutuk karena mempertahankan cintanya kepada seorang gadis yang tidak direstui oleh orang tuanya, sedangkan Gunung Tampomas adalah gunung yang dipercaya sebagai perempuan pasangannya. Terlepas dari benar tidaknya cerita ini kedua gunung tersebut memang terlihat seperti laki-laki dan perempuan. Sekilas akan terlihat kedua gunung tersebut bentuknya mirip Lingga dan Yoni yaitu prasasti kuno yang berbentuk kelamin pria dan wanita.

Lokasi Gunung

Foto: kimjaguar.blogspot.com

Meski posisinya berdekatan kedua gunung tersebut terletak di dua kecamatan yang berbeda. Gunung Lanang terletak di desaWiradrana kecamatan Bawang sementara Gunung Tampomas terletak di desa Gentansari kecamatan Pagedongan. Namun, jalan menuju lokasi dari pusat kota satu arah dan berpisah arah ketika sampai di depan gerbang menuju gunung Tampomas karena untuk menuju ke lokasi gunung Lanang jalannya berbeda dengan gunung Tampomas.

Jarak yang ditempuh dari pusat kota untuk menuju lokasi kurang lebih 30 menit ke gunung Tampomas dan 60 menit ke gunung Lanang. Akses jalannya juga sudah lumayan bagus bisa dilalui kendaraan roda empat. Masing-masing lokasi juga memiliki tempat parkir yang cukup luas sehingga pengunjung yang membawa kendaraan tidak kerepotan.

Panorama Gunung Lanang

Foto: thetripcorner.com

Gunung Lanang menawarkan pesona bukit yang sejuk dan asri. Dari atas gunung pengunjung dapat menikmati landscape Banjarnegara yang sangat keren. Sawah-sawah yang terhampar, barisan bukit-bukit yang menjulang nun jauh diseberang juga Waduk Mrican yang membentang menjadi serangkaian pemandangan yang memanjakan mata. Gunung Lanang juga bisa dijadikan ajang untuk panjat tebing yaitu melalui akar-akar yang bergelantungan di pinggir-pinggir gunung. Di atas gunung di sediakan spot selfi yang pas banget buat mengabadikan keindahan alam Banjanegara ini. Bagi yang merasa penat karena mendaki juga disediakan  gazebo untuk beristirahat dan bersantai.

Panorama Gunung Tampomas

Foto: berwisatakebanjarnegara.blogspot.com

Berbeda dengan Gunung Lanang, Gunung Tampomas menawarkan keindahan danau di atas bukit. Danau yang terbentuk karena gunung Tampomas yang diledakkan untuk diambil batu-batunya itu membentang indah di tengah-tengah bebatuan kokoh yang menjulang di sepanjang tepian danau. Luas danau itu sendiri kurang lebih 1,8 hektar.

Untuk mengelilingi kawasan wisata gunung Tampomas ini disediakan kuda juga jeep bagi yang suka offroad, sedangkan bagi wisatawan yang ingin mengelilingi danau, bisa menggunakan sampan-sampan atau perahu kayu yang tersedia. Untuk tempat bersantai dan bercengkrama wisatawan dapat duduk-duduk di gazebo-gazebo yang tersedia di sepanjang tepian danau.

Foto: radarbanyumas.co.id

Bukit batu yang mengelilingi danau ini hampir mirip dengan tebing breksi yang ada di Yogyakarta dan juga tidak kalah indah dan menarik. Spot-spot selfi juga banyak disediakan bagi para pecinta foto. Kios-kios makanan juga tersedia di sepanjang pintu masuk obyek wisata. Jadi, wisatawan tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal makanan.

Tiket masuk kedua lokasi tersebut sangat murah hanya Rp10.000,00 saja per orang, sedangkan tiket naik perahu hanya Rp5.000,00 per orang. Bagaimana? Ingin mencoba petualangan baru offroad sepanjang Gunung Tampomas dan Gunung Lanang? Atau ingin gowes ria dengan teman-teman goweser di rute tersebut? Jangan ragu lagi, dijamin akan mengasyikkan.

Bagi yang hanya ingin berwisata dan melepas lelah dengan bersantai di tepi danau atau di atas gunung juga dijamin tetap mengasyikkan. Selamat berpetualang, Guys!