Hai, Takaiters!

Tidak seperti daerah lain yang geliat wisatanya sudah maju dan berkembang pesat. Wisata di daerah Kabupaten Paser, Kalimantan Timur justru sedang berbenah.

Dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan, agar tertarik berkunjung ke Kabupaten Paser. Pemerintah setempat melakukan berbagai upaya, salah satu caranya, dengan memperbaiki infrastruktur dan fasilitas pendukung. Termasuk pembenahan obyek wisata di Batu Sopang.

Kecamatan Batu Sopang, tak hanya terkenal sebagai kawasan tambang batu bara. Namun, juga memiliki beberapa tujuan wisata yang patut dipertimbangkan. Terutama, bagi mereka yang tertarik dengan petualangan alam, mengunjungi tempat tertentu yang memiliki sejarah dari budaya setempat seperti gua tengkorak.

Lokasi Gua Tengkorak

gua tengkorak kalimantan timur
Foto: kmstour.com

Salah satu dari sekian destinasi wisata warga Paser, terletak di desa Kasungai/ Kesunge, Kecamatan Batu Sopang, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Gua tengkorak ini menawarkan para pengunjung untuk melihat secara langsung sekitar 35 tengkorak dan 170-an tulang belulang manusia, peninggalan orang zaman dulu.

Tengkorak dan tulang belulang ini diyakini ada hubungannya dengan kepercayaan suku paser sebelum datangnya islam, yang menganut Kaharingan.

Dimana, orang yang sudah meninggal di diamkan di dalam peti sampai jangka waktu tertentu. Kemudian, ketika si mayat sudah tinggal tengkorak dan tulang belulang, lalu diadakan upacara pembersihan dan pemindahan ke dalam gua.

Model pemakaman ini diperkirakan terjadi pada masa Kerajaan Sadurengas, Kesultanan Paser pada abad ke-16

Acara pemindahan harus dilakukan dengan mengadakan selamatan/ kenduri. Tak lupa warga harus menyembelih kerbau sebagai menu kegiatan tersebut, loh, Guys.

Untuk menjangkau gua tengkorak ini tidak sulit. Dengan menyusuri jalan trans Kalimantan Timur- Kalimantan Selatan hingga desa Batu Kajang, ambil jalan belok kanan sebelum Masjid As-Salam ke arah desa Kasungai yang berjarak sekitar 5 KM.

Jangan lupa jika tiba di sana dan kebingungan kemana harus menuju. Silakan bertanya kepada warga setempat. Ya, Guys. Mereka pasti dengan senang hati akan menunjukkan tempat yang di maksud.

Harga Tiket Masuk Wisata Ini

siluman gua tengkorak
Foto: kebudayaan.kemendikbud.go.id

Untuk menikmati wisata alam yang cukup ekstrim ini, Takaiters tak perlu khawatir dengan biaya masuknya. Soal biaya masuk tidak dipungut bayaran alias gratis. Petugas hanya meminta biaya parkir kendaraan saja, sekitar Rp. 5000,-. Dan tempat wisata ini buka 24 jam lho, Takaiters! Kereen gak, tuh?

Nah, demikian cerita tentang gua tengkorak. Bagi yang tertarik mengunjungi tempat ini, silakan berkunjung ke Batu Sopang, ya, Takaiters. Nggak seram, kok!