Halo, Takaiters!

Menjadi awet muda, tetap prima dan produktif ialah impian semua orang–terutama kaum Hawa. Sehingga, tidak mengherankan rasanya apabila orang berbondong-bondong menempuh banyak cara agar kulitnya tetap kencang dari usia sesungguhnya.

Bahkan, sebagian lagi rela merogoh kocek dalam-dalam dan menjalani serangkaian cara praktis untuk menjaga keindahan fisik. Akan tetapi, Takaiters, menjadikan raga awet muda nyatanya dapat dimulai dari sekarang, dari kebiasaan-kebiasaan kecil, loh.

Daripada penasaran, yuk, langsung intip tips kebiasaan untuk awet muda, Takaiters!

1. Positive Thinking

kebiasaan untuk awet muda
Foto: pexels.com

Ini adalah kebiasaan yang sangat penting, Takaiters. Sebab, percuma rasanya jika kamu menerapkan banyak cara agar sehat tetapi masih sering dilanda emosi negatif. Jiwa yang selalu berpikir positif akan berdampak pada sikapnya dalam keseharian.

So, mulai sekarang perhatikan kesehatan mentalmu juga, tetap kontrol emosi. Jangan sampai suasana hati yang mengendalikan harimu, bukan sebaliknya.

2. Makan Lebih Sedikit

kebiasaan supaya awet muda
Foto: pexels.com

Sebuah penelitian membuktikan bahwa tidak terlalu banyak makan dan berolahraga rutin, di samping ampuh menurunkan berat badan, juga membuat awet muda.

Hal ini juga dapat dikaitkan dengan yang terjadi di Okinawa, Jepang. Negara ini dikenal dengan masyarakatnya yang berusia panjang. Para lansia disana memiliki 1 trik di balik usia panjang mereka, yakni kebiasaan menghentikan makan sebelum kenyang.

Dengan makan lebih sedikit, kamu jadi tidak malas bergerak dan tetap produktif. Tetapi, kamu juga harus memerhatikan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuhmu agar seimbang.

3. Melakukan Aktivitas Yang Dapat Melatih Otak

cara tetap awet muda dan cantik
Foto: pexels.com

Kamu dapat melakukan kegiatan yang merangsang otak untuk berpikir. Misal, bermain game, menyusun puzzle, ataupun mempelajari hal-hal baru.

4. Pola Makan Sehat

kebiasaan agar awet muda
Foto: pexels.com

Sudah banyak studi yang menunjukkan hubungan antara hidup sehat dengan panjang umur serta awet muda. Salah satu alasannya ialah karena menjaga pola makan. Mereka yang berusia panjang umumnya lebih banyak konsumsi buah dan sayur daripada daging.

Jenis kacang-kacangan seperti walnut dan ikan salmon dipercaya membantu menstabilkan suasana hati, memperkuat tulang dan mengurangi tanda-tanda penuaan dini.

5. Minum Green Tea

cara tetap awet muda dan cantik
Foto: pexels.com

Membiasakan diri minum teh hijau secangkir dalam sehari, ampuh meningkatkan kinerja otak menjadi lebij tajam. Kemudian, kandungan beragam gizi di dalamnya juga efektif untuk kecantikkan kulit.

6. Memiliki Hewan Peliharaan

Foto: pexels.com

Mempunyai hewan peliharaan ternyata banyak manfaatnya, Takaiters. Selain melatih jiwa agar penuh cinta kasih dengan sesama makhluk, bermain bersama hewan kesayangan juga dapat menghilangkan stres. Anjing, kucing, hamster, kelinci, apapun jenis hewan yang kamu ingin pelihara.

Namun, sebelum memutuskan untuk memeliharanya, pastikan kamu tahu jenis hewan yang boleh dipelihara dan mana yang dilindungi Negara. Pastikan juga kamu sudah mengetahui tata cara merawat hewan tersebut.

Ada banyak cara menjadi awet muda, tetapi alangkah lebih baik jika kamu memulainya dengan menerapkan kebiasaan untuk awet muda dengen simpel seperti yang disebutkan di atas, ya.

Selamat mencoba, Takaiters!