Hai, Takaiters!

Untuk kedua kalinya hari raya Idul Fitri ini masih diliputi suasana yang kurang aman dimana masih menyebar virus corona yang membahayakan keselamatan. Lebaran identik dengan yang namanya mudik yaitu agenda rutin tahunan bagi para perantau pulang ke kampung halamannya.

Seperti lebaran tahun lalu, lebaran kali ini pemerintah masih menetapkan larangan untuk mudik. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah atau memutus penyebaran virus corona.

Namun, bagi kamu yang tidak bisa mudik, ga usah panik, kamu masih bisa kok lakuin kegiatan ini agar lebaran yang menyenangkan tanpa mudik. Apaan itu? Simak, Yuk?

1. Ganti Suasana Rumah Seperti Rumah Di Kampung

lebaran yang menyenangkan di rantau
Foto: jejakpiknik.com

Setahun tidak pulang pasti akan rindu sama kampung halaman. Rindu suasana rumah masa kecil dengan segala hal yang erat kaitannya dengan suasana lebaran. Untuk mengurangi rasa rindu itu, kamu bisa menata rumah dengan tatanan ala-ala rumah kamu di kampung.

Ruangan yang luas dengan meja kursi yang sangat sederhana dan toples-toples kuno berjejer di meja yang berisikan kue-kue lebaran ala kampung. Nah, kamu bisa mencobanya di rumah. Singkirkan sebentar perabot yang terlalu modern atau kekinian.

Ganti dengan yang sederhana ala kampung. Untuk kue-kuenya kamu bisa membuat sendiri ataupun membeli kue yang memang sudah menjadi tradisi keluarga kamu.

2. Menyiapkan Hidangan Lebaran Ala Kampung

lebaran yang menyenangkan
Foto: bloktuban.com

Selain suasana rumah yang kamu rindukan, pastinya yang bikin kamu rindu adalah masakan orang tua. Menyantap hidangan lebaran bersama dengan keluarga besar di kampung menjadi momen yang sangat berkesan bagi siapapun. Untuk itu kamu juga bisa melakukannya di rumah.

Ajak anggota keluarga untuk memasak masakan khas keluarga besar kamu di kampung. Pada saat hari raya kamu bisa mengundang tetangga, teman atau sahabat untuk bersama-sama menikmati hidangan lebaran ala kampung. Asyik, bukan?

3. Berkomunikasi Dengan Keluarga Melalui Media Sosial

lebaran yang menyenangkan
Foto: kumparan.com

Teknologi jaman sekarang sudah canggih, meskipun kamu tidak bisa mudik, kamu masih bisa bertemu dengan keluarga kamu di kampung melalui media sosial. Kamu bisa video call dengan mereka, berbicara,ngobrol bahkan melihat aktifitas mereka dirumah saat lebaran. Kerinduan kamu pun dijamin berkurang, Guys?

4. Berkirim Kartu Ucapan

Foto: merahputih.com

Meski sudah ada telepon selular untuk berkomunikasi, namun tidak ada salahnya jika kamu mengirimkan kartu ucapan pada saat lebaran untuk keluarga ataupun saudara kamu. Meski bisa dibilang sudah jadul tapi cara ini mengasyikkan, Takaiters?

5. Berkirim Hampers

Foto: pikiran-rakyat.com

Jika lebaran kamutidak bisa mudik, sebagai gantinya kamu bisa mengirimkan hampers atau bingkisan lebaran untuk keluarga ataupun saudara kamu di kampung. Keluarga kamu di kampung pastinya akan memahami kondisi ini.

Tidak bisa mudik ini bukan dari diri kamu pribadi tapi memang adanya larangan untuk mudik dari pemerintah. Adanya kiriman hampers akan mengobati kerinduan keluarga akan kepulanganmu. Kamu pun akan merasa lebih tenang dengan membuat seluruh keluarga kamu dikampung bahagia.

Takaiters, itulah kegiatan lebaran yang menyenangkan. Jadi ga perlu panik saat ga bisa mudik, ya!