Hola dan selamat datang buat para lulusan dari jenjang pendidikan dan siap terjun ke dunia kerja yang keras ini, hehehe. Maybe kamu sekarang sedang menyiapkan CV atau malahan sudah mengirimkan. So Apa lagi yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan peluang ini yang jelas-jelas sudah ada dihadapan kamu? Tunggu apa lagi berikut hal-hal yang harus kamu perhatikan dan sangat worth banget.

“Fokus pada CV kamu”

Yap, kamu harus fokus dalam menulis CV mu perhatikan penulisan tiap kata dan jika sudah selesai kamu jangan takut atau ragu meminta temenmu untuk memeriksa ulang.

“Explore Diri setelah keluar dari Jenjang Pendidikan”

Kenali dirimu kamu mau kemana dulu, lanjut pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, kursus, buka usaha atau jadi Jobseeker.

“Perbanyak Teman”

Kamu harus perbanyak teman, kelilingi diri mu  dengan orang-orang berkualitas baik di dunia karier ataupun personal. Pernah mendengar kalimat bijak “Bukan Apa yang Anda Tahu, Tapi Siapa yang Anda Kenal” yap kesempatan bisa datang dari mana saja.

“Kuatkan Niat”

Kalau jadi Jobseeker kamu harus bisa melihat banyak peluang jangan hanya fokus dan terpaku pada satu pekerjaan idaman kamu saja. Kamu bisa mencoba pekerjaan lain yang memungkinkan kamu untuk belajar dan berkembang. Kamu jangan fokus juga pada lowongan kerja yang ada di website, manfaatkan juga koneksi kenalan mu. Dan yang paling penting itu kamu harus punya niat yang kuat, jangan cepat putus asa kalau kamu sering mendapatkan penolakan.

“Moment Wawancara”

Nah, tiba saatnya kamu diwawancarai di perusahaan yang kamu lamar. Moment ini sangat penting sekali dan kamu harus persiapkan matang-matang.

  • Perhatikan Pakaian yang akan kamu pakai saat wawancara jangan pakai baju tidur ingat!
  • Tunjukan antusiasme yang cukup yah, jangan lupa bahagia dan tersenyum ingat!
  • Persiapkan mental dan belajar sebelum diwawancarai jangan facebookan terus ingat!
  • Tidur tepat waktu biar besok pagi fit saat diwawancarai jangan telfonan sama pacar dulu dan berdoa sebelum tidur ingat!

Dan jikalau kamu belum beruntung, kamu jangan khawatir yah. Pasti ada saatnya kamu bakal berhasil intinya kamu jangan putus asa. Kamu harus ingat tokoh-tokoh paling hebat di dunia di satu titik juga pernah berada di posisi kamu. So jangan bersedih terus kembangkan dan memotivasi diri sendiri. Good luck buat kamu!