Hai, Takaiters!

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Sumatera. Aliran Sungai Batanghari berkelok-kelok di antara hutan, perkampungan dan tengah kota. Jika dilihat dari udara, Sungai Batanghari bagaikan ular yang berwarna mengkilap.

Sungai ini melintasi dua provinsi, yaitu Sumatera Barat dan Jambi. Di Jambi Sungai Batanghari melintasi tengah kota dan menjadi obyek wisata yang sangat terkenal.

Kita cari tahu fakta tentang Sungai Batanghari yuk, Takaiters!

  1. Sungai terpanjang di Sumatera

fakta tentang Sungai Batanghari
Foto: liputan6.com

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Sumatera, yaitu 800km. Sungai ini melintasi Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Jambi. 70% di antaranya berada di Provinsi Jambi.

Konon, di dasar Sungai Batanghari tersimpan harta karun peninggalan abad 7 Masehi yang sangat banyak. Hal ini membuat banyak pihak menolak ketika akan dilakukan pengerukan Sungai Batanghari.

  1. Hulu dan muara Sungai Batanghari

fakta gambar Sungai Batanghari
Foto: nazwaproduction.com

Hulu Sungai Batanghari berada di daerah Solok, Sumatera Barat, tepatnya di gunung  Rasan yang berada di ketinggian 2.585 dari permukaan laut.

Muara Sungai Batanghari berada di laut timur Sumatera, tepatnya di selat Malaka wilayah Muara Sabak.

Sepanjang muara Sungai Batanghari memiliki kondisi daerah aliran yang landai. Saat ini banyak terdapat tempat nongkrong dan obyek wisata di sepanjang muara Sungai Batanghari.

  1. Kabupaten yang di lalui Sungai Batanghari

Informasi fakta tentang Sungai Batanghari
Foto: portaltebo.id

Setidaknya ada 7 kabupaten dan 1 kota yang di lalui aliran Sungai Batanghari yaitu Kabupaten Solok, Kabupaten Dharmasraya, Batanghari, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur dan Jambi.

  1. Jejak sejarah masa lampau

fakta sejarah tentang Sungai Batanghari
Foto: helloindonesia.id

Sungai Batanghari sudah ada sejak abad 3 atau tahun 300-an Masehi. Pada jaman Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Dharmasraya, sungai ini merupakan jalur perdagangan penting . Di sekitar Sungai Batanghari ditemukan banyak peninggalan sejarah, seperti candi dan keramik-keramik dari China.

Jambi menjadi tujuan saudagar dunia. Wilayah Jambi sejak abad 3 Masehi sudah ramai dikunjungi pedagang luar negeri. Dari wilayah Jambi banyak barang yang dijual ke pasar luar negeri melalui jalur air, seperti emas, damar dan pinang.

  1. Tempat wisata yang sangat indah

Foto: daelpos.com

Jika ada orang yang menyebut Jambi, maka salah satu yang terpikir adalah Sungai Batanghari. Sungai Batanghari merupakan landmark Kota Jambi. Sepanjang aliran sungai yang berada di tengah Kota Jambi, saat ini menjadi obyek wisata yang indah. Tepat di depan rumah dinas Gubernur Jambi terdapat Museum Gentala Arasy,  dengan tinggi 80 meter.

Di dalam gedung Gentala Arasy terdapat koleksi peninggalan kuno yang menggambarkan sejarah Jambi masa lalu. Di depan Gentala Arasy dibangun jembatan yang menghubungkan Kota Jambi dengan Jambi Seberang.

Uniknya, jembatan ini melengkung berbentuk huruf S. Sejak adanya jembatan ini, masyarakat Kota Jambi yang akan menuju Jambi Seberang atau sebaliknya tidak perlu lagi menggunakan perahu untuk menyeberang.

Takaiters, keindahan Sungai Batanghari dan obyek wisata sekitarnya sangat sayang untuk dilewatkan. Jika kamu berkunjung ke Jambi Jangan lupa untuk menikmati keindahan sungai Batanghari. Jangan lupa juga untuk menikmati sensasi jalan kaki menyeberangi sungai Batanghari melalui jembatan di depan Gentala Arasy. Sensasi hembusan angin ketika kamu berada di atas jembatan pasti akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Itulah fakta tentang Sungai Batanghari yang perlu kamu ketahui, Takaiters!