Padang Padang Padang,
Ibukota dari Sumatera Barat ini memiliki pesona alam nan luar biasa, kuliner khas nan begitu enak di indra perasa, keelokkan budaya dan kearifan lokalnya membuat kamu ingin betah tinggal disana. Modernitas yang mulai tumbuh di sana akan membuatmu tetap bersahaja. Padang, memiliki sejuta pesona dan keunikkan yang mungkin belum banyak diketahui orang-orang diluar sana.

Rancak Bana! bagus banget! itulah kata-kata yang akan terucap di mulutmu ketika berkunjung ke Padang. Kali ini tim takaitu akan memberikan hal yang rancak banget tersebut serta keunikkannya yang bikin kota Padang menjadi kota paling keren di Indonesia.

1. Kota dengan kumpulan masakan nan melegenda

fakta unik tentang padang
Masakan Padang (Foto : saribundo.biz)

Siapa yang tak kenal dengan kelezatan masakan minang ini, sebut saja rendang. Rendang adalah salah satu masakan asal Sumatera Barat yang telah mendunia. Pada tahun 2011 yang lalu, masakan daging berempah dengan cita rasa pedas ini berhasil menempati peringkat pertama dalam survei yang diselenggarakan CNN. Oh ya, selain rendang, banyak sekali makanan Sumatera Barat yang mendunia diantaranya Sate Padang, Soto Padang dan Dendeng Balado.

PILIHAN EDITOR

2. Padang, kota dengan angkot yang unik

fakta unik tentang padang
Angkot Padang (Foto : otopacu.com)

Modifikasi bentuk angkot di kota Padang memang diakui paling keren di Indonesia. Jadi jangan heran, ketika kamu mengunjungi kota Padang melihat angkot-angkot yang super unik ini. Angkot unik di kota Padang ini sering dijuluki angkotnya “Fast and Furious”.

3. Perempuan Padang yang tak diragukan kecantikkannya

fakta unik tentang padang
Perempuan Padang (Foto : weddingku)

Tata prilaku nan sopan membuat gadis-gadis di Sumatera Barat terkenal akan keramahannya. Selain ramah, mereka juga dikenal akan kecantikkannya. Ciri-ciri gadis minang adalah mereka berkulit sawo matang dengan karakteristik wajah yang khas nan begitu mempesona. Banyak yang berpendapat bahwa perempuan Minang tidak kalah cantik dengan perempuan Sunda yang pamornya sudah level nasional.

4. Laki-lakinya gemar merantau

fakta unik tentang padang
Merantau (Foto : 4.bp.blogspot.com)

Memang adat minangkabau saat ini banyak yang mulai mengalami perubahan karena dianggap tidak bisa mengikuti dinamika perkembangan zaman. Namun ada satu tradisi yang hingga sekarang tetap dipegang teguh oleh masyarakat Minangkabau, yaitu tradisi merantau. Kebanyakan laki-laki Minang gemar merantau. Ada dua faktor yang membuat pria Minang pergi merantau yaitu faktor budaya dan ekonomi.

5. Surganya wisata keren

fakta unik tentang padang
Pulau Sikuai (Foto : indonesiawow.com)

Selain gadis yang cantik, masakan yang enak, dan angkot-angkotnya yang unik, Padang memiliki tempat-tempat wisata keren yang wajib dikunjungi. Mau menyusuri sudut kota-kotanya, berjalan di garis pantainya nan indah, menjelajahi pulau-pulau cantiknya, atau mungkin main paralayang di bukit-bukit mereka yang fenomenal itu. Selain itu kamu bisa mengunjungi rumah gadang yang menyimpan histori tentang kebudayaan Minangkabau pada masa lampau yang dapat menambah wawasan kamu.