Hai, Takiters!

Libur adalah saat diri kita bisa istirahat ataupun berhenti sejenak dari rutinitas harian dalam jangka waktu tertentu,  seperti sekolah, kuliah ataupun pekerjaan. Untuk menghilangkan rasa jenuh ataupun kepenatan jiwa, ada baiknya kita memanfaatkan hari libur ini untuk menghabiskan waktu libur dengan seluruh keluarga.

Banyak yang bisa kita lakukan untuk menikmati libur bersama ini,  misalnya bersih-bersih dan merapikan seluruh sisi rumah, berkemah di halaman rumah, berolah raga bersama atau jalan-jalan ke tempat wisata. Tidak harus ke tempat-tempat  yang terkesan  mahal atau membutuhkan biaya yang  lebih banyak, yang penting adalah kebersamaannya. Nah, berikut 6 manfaat menghabiskan waktu libur bersama keluarga.

1. Mempererat Ikatan Batin

Foto: southgate.id

Karena rutinitas kamu yang mungkin sudah terjadwal dari Senin hingga Jumat terkadang menjadi sulit berkomunikasi dengan anggota keluarga lainnya. Inilah saat yang tepat untuk lebih banyak berinteraksi bersama sehingga hubungan kekeluargaan bisa semakin terasa lebih dekat. Tak ada jarak antar keluarga yang ada  makin erat dan kentalnya tali kasih sesama anggota keluarga.

2. Lebih Berani Mengekspresikan Diri

Foto: diningandstools.com

Dengan berkumpul bersama dalam mengisi waktu liburan, juga meningkatkan kemampuan  dalam mengekspresikan diri. Seandainya ada persoalan atau beberapa hal penting yang harus disampaikan segera utarakan, ya. Buanglah rasa sungkan agar apa pun yang tengah melanda diri  bisa diketahui keluarga dan segera dicari solusi terbaiknya.

3. Meningkatkan Keberanian Berinteraksi dengan Orang Lain

Foto: sqapparel.com

Misalnya jika berlibur di outdoor, kegiatan outbond, dan kegiatan yang lain yang mengharuskan kamu berinteraksi dengan orang lain, diharapkan setiap peserta harus memiliki andil dan berperan aktif.  Tuntutan kerjasama yang baik dapat membuat kamu menjadi lebih berani berkomunikasi dan bekerjasama yang baik.

4. Kualitas dan Kuantitas Kebersamaan Terjaga

Foto: freepik.com

Libur bersama dapat mengefektifkan waktu yang dimiliki, Takaiters. Gunakanlah kualitas dan kuantitas pertemuan dan kebersamaan keluarga dengan sebaik-baiknya. Memaksimalkan kesempatan kebersamaan dengan keluarga ini bernilai luar biasa  bagi kehidupan, lo.

5. Meminimaliskan Biaya

Foto: medium.com

Dengan berlibur bersama ke tempat wisata di dekat daerah tempat tinggal kamu, akan lebih menghemat biaya. Jika bermaksud pulang hari, kamu bisa membawa bekal dari rumah. Ataupun kalau harus menginap di luar kota, carilah tempat penginapan atau  homestay yang menawarkan harga lebih murah. Selain bisa menampung  banyak orang, karena dalam satu rumah terdiri dari beberapa kamar, fasilitasnya  juga memadai. Ada yang menyiapkan peralatan dan keperluan untuk memasak.

6. Meningkatkan Kesehatan dan Kebahagiaan

Foto: shutterstock.com

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, mensana in corpore sano. Piknik  keluarga secara medis dapat meningkatkan hormon kebahagian. Kamu akan merasa sehat saat  bercengkerama bersama, beraktivitas yang menyenangkan, meluahkan rasa dan saling berbagi.

Dengan berlibur bersama diharapkan seluruh anggota keluarga merasakan kesan yang mendalam, merasa lebih bahagia, sehat, dan dapat lebih saling memahami sehingga keharmonisan keluarga semakin bertambah. Setelahnya, diharapkan pula kita menjadi lebih segar, lebih semangat dan siap menghadapi aktivitas kembali. Selamat menghabiskan akhir pekan bersama keluarga Takaiters.