Hai, Takaiters!

Salah satu bahan makanan yang cukup digemari oleh mayoritas masyarakat Indonesia adalah kentang. Siapa yang tidak mengenal kentang coba, terlebih lagi negara kita beriklim tropis dimana tanaman jenis keluarga solanaceae atau salanum tuberosum ini umbinya hanya bisa tumbuh di suhu dingin.

Jadi kentang yang bagus banyak ditemukan di area dataran tinggi atau pegununggan seperti di Dieng, Temanggung, Magelang dan lain sebagainya. Apabila di tanam di suhu panas bisa akan tetapi hasilnya akan kurang maksimal.

Tahukah kamu, jika kentang memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik dalam bahan pangan? Jadi umbi ini memiliki kandungan karbohidrat sebagai sumber energi yang cukup baik lho sehingga menduduki peringkat keempat setelah padi, gandum dan jagung.

Tidak hanya itu kentang juga memiliki kandungan protein yang paling tinggi karena mengandung asam amino yang cocok untuk kebutuhan manusia. Penganan ini juga terdapat sumber vitamin B komplek, seperti piridoksin, thiamin, niasin, asam pantotenat, dan folat. Vitamin C didalamnya juga tergolong cukup tinggi, karena satu kentang dapat menyumbang sekitar 20% untuk kebutuhan tubuh.

Selain itu kentang juga merupakan bahan pangan sumber potasium tinggi. Selain vitamin dan mineral kentang juga mengandung antioksidasi karena didalamnya terdapat senyawa fitokimia, karotenoid, dan antosianin.

Bagi pencinta bahan makanan ini tidak akan rugi mengonsumsi dan mengolahnya karena memiliki berjuta manfaat yang bisa diterapkan.

Kentang memili banyak kandungan seperti yang telah saya paparkan diatas jadi tunggu apalagi? Keluarga sehat siapa yang tak mendambakannya? Pastinya kita semua bukan?

Oke, jajanan di luar memang banyak yang telah menjual olahan cepat saji akan tetapi apakah sudah di jamin kesehatannya? Kita belum tahu kan apakah sudah terjamin higienis?

Lebih baik kita mencoba empat cemilan olahan kentang berikut ini, yuk disimak!

1. Bitterballen Kentang

cemilan anak olahan kentang
Foto: cookpad.com

Bitterbalen merupakan salah satu makanan khas dari Belanda dengan nama lain duct-meatballs atau dutch kroketten. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus mustard atau mayones. Bahan dasar dari makanan ini adalah tepung.

Akan tetapi bisa juga ditambahkan dengan kentang sehingga di sebut bitterballen kentang. Makanan ini sekilas mirip dengan keroket kentang akan tetapi penganan ini cara pembuatannya daging cincang, tepung dan bahan lainnya dicampur dan berbentuk bulan sedangkan keroket berbentuk lonjong.

2. Brownies Kentang

cemilan anak dari olahan kentang
Foto: modern.id

Kue dengan bahan dasar tepung dan coklat ini siapa yang tak mengenalnya. Makanan yang cukup digemari dari kalangan anak-anak sampai dewasa ini bernama brownies. Brownies sekarang banyak varian olahan sehingga bisa berenovasi dengan ditambahkan kentang menjadi brownies kentang.

3. Donat Kentang

olahan kentang untuk camilan anak
Foto: cookpad.com

Kue goreng berbentuk lingkarang dengan lubang ditengahnya itulah yang dinamakan donat. Donat adalah salah satu makanan yang di cari oleh masyarakat. Makanan yang berbahan dasar tepung terigu, mentega dan gula ini seiring berjalannya zaman telah berinovasi dengan tambahan kentang sehingga disebut donat kentang.

4. Keroket Kentang

Foto: kompas.com

Keroket adalah makanan berbahan dasar kentang yang berisi daging cincang atau bisa juga diisi dengan sayuran seperti wortel, mie bihun atau sesuai selera. Adonan makanan ini biasanya di lumuri dengan kocokan telur dan tepung panir dan di sajikan dengan saus.

Dari empat cemilan olahan kentang diatas, mana yang menjadi favoritmu, Takaiters?