Hai, Takaiters!

Sudah punya list destinasi untuk dikunjungi tahun ini? Bagi kamu pencinta alam, wisata alam di daerah Banten layak menjadi prioritas kamu, Guys! Karena selain objek wisata alamnya keren habis, jarak yang ditempuh pun tidak jauh sehingga cukup banyak waktu untuk menikmati pesonanya. Yuk, ikuti ulasan Takaitu berikut ini!

1. Perkampungan Suku Baduy

Foto: phinemo.com

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan suku ini, ya, Guys? Suku yang masih mempertahankan kearifan lokal ditengah kemajuan teknologi, memegang teguh adat istiadat yang telah diwariskan nenek moyang mereka. Hidup bersahaja dengan alam dan tidak silau dengan kemewahan tekhnologi. Terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. Berkunjung keperkampungan Baduy ini kita akan disajikan kemurnian budaya dan adat istiadatnya

Kampung Baduy Sendiri terdiri dari dua wilayah yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam, yang mana terbagi lagi menjadi 65 kampung, untuk sampai ke kampung tersebut bahkan Baduy Dalam, wisatawan hanya dapat menempuhnya dengan berjalan kaki.

2. Rawa Dano

Foto: indonesiakaya.com

Dikenal juga dengan nama Cagar Alam Rawa Danau, jika dari Jakarta jaraknya sekitar 101 km. di tempat ini terdapat rawa dan danau dengan luas area sekitar 2.500 hektar.

Di Rawa Dano ini tumbuh aneka macam pepohonan yang dihuni beberapa jenis reptil dan sekitar 250 jenis burung. Untuk sampai ke lokasi kita dapat menempuh tiga jalur, antara lain adalah Jakarta-Serang–Padarincang–rawa Dano, atau lewat jalur Cilegon-Anyer, dan jalur Serang-anyer-Cinangka

3. Curug Bumi

Foto: resonansi.id

Curug yang memiliki suasana sejuk dan kolam air yang jernih ini berlokasi di Padarincang, Serang, Banten. Penduduk setempat biasa menyebut Curug Bumi dengan nama Leuwi Bumi.

Selesai menikmati sejuknya air curug, sebahagian wisatawan akan mendirikan tenda untuk berkemah, Lokasi sekitar curug memang biasa digunakan untuk berkemping untuk menikmati keheningan alam lebih lama.

4. Rumah Hutan Banten

Foto: bubukwafer.blogspot.com

Terletak di Kampung, Desa Cidampit, Kecamatan Taktakan, Serang, Banten. Suasana alam yang tenang dan damai menjadikan tempat ini cocok untuk kamu menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta. Rumah hutan ini juga mempunyai rumah pohon, dapat digunakan untuk menikmati kesejukan dari ketinggian.

5. Taman Nasional Ujung Kolon

Foto: timesindonesia.co.id

Terletak di Kecamatan Sumur Dan Cimanggu, Kabupaten Padeglang, Banten. Ditempat penangkaran Badak Jawa ini kamu juga bisa menikmati sebuah keunikan, yakni keberadaan rel kereta yang mengarah ke laut, hamparan sisa akar pohon bakau akan menyambut kedatangan wisatawan.

Taman nasional kaya dengan destinasi wisata tidak hanya pulau dan pantai, bagi yang hobi mendaki, Gunung Honje juga dapat dikunjungi. Sejumlah destinasi lain ikut menanti kedatanganmu, Guys. Seperti Curug Cikajang, Curug pipanis, sumber Air Panas Cibiuk, dan Desa Nelayan Cibanua.

6. Arung Jeram Sungai Ciberang

Foto: tempatwisatainside.com

Sungai Ciberang terletak di Kampung Muara, Desa Banjar Sari, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak, Banten. Memilik lebar 40-50 m dengan kedalaman 1-21 m.

Air sungai ini berasal dari Pegunungan Halimun-Salak. Karena derasnya debit air yang mengalir menjadikan destinasi ini menarik bagi pecinta olah raga memacu adrenalin Arung Jeram. Untuk pemula jangan khawatir juga tersedia trek pendek yang cukup bersahabat.

Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan keelokan pemandangan alam, beranekaragam pepohonan, sawah dan perkebunan yang hijau, tebing-tebing yang eksotik dan bebatuan dengan bentuk dan jenis yang unik.

7. Pulau Sangiang

Foto: kmstour.com

Pulau nan cantik ini terletak di selat sunda, dapat ditempuh hanya 45 menit dari pantai Anyer dengan menggunakan perahu. Seperti pepatah lama ”sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui”

Di sini kamu disuguhkan beberapa tempat wisata,yaitu wisata bahari, wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Sangiang seperti memancing, snorkeling, berkemah, mendaki gunung, dan bagi pecinta fotografi bisa mengabadikan kecintaannya dengan latar benteng- benteng peninggalan Jepang.

Demikian 7 wisata alam di Banten nan eksotis, yang wajib segera kamu kunjungi ,Guys! Mengunjungi wisata alam ini sungguh memberi pengalaman dan sensasi berbeda, di antara 7 destinasi ini mana yang sudah pernah kamu kunjungi? Share ,dong, Guys, pengalamannya di kolom komentar!