Hai, Takaiters!

Kamu pasti hafal dengan suara karakter binatang laut sponge yang cempreng yang sering mengatakan “aku siap, aku siap!” Atau “ayai, Kapten!” Ya SpongeBob SquarePants, tokoh kartun idola anak-anak sejak 20 tahun yang lalu.

Hari ini kabar duka datang dari rumah produksi Nickelodeon. Stephen Hillenburg, sang pencipta karakter SpongeBob SquarePants, menghembuskan nafas yang terakhir pada usianya yang ke-57 tahun.  Hillenburg tidak lagi mampu bertahan dan melawan penyakit motor neuron, amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang telah dideritanya sejak Maret 2017 lalu.

Dalam akun twitternya, Selasa waktu Setempat atau hari ini waktu Indonesia, Nickelodeon mengabarkan berita duka tersebut dan menyatakan rasa kehilangan yang besar.

Saluran Televisi sekaligus rumah produksi Amerika, Nickelodeon telah menyiarkan serial kartun populer tersebut sejak 1999. Sampai saat ini, serial kartun SpongeBob SquarePants telah hadir dalam lebih dari 200 episode.

Tokoh SpongeBob, digambarkan Hillenburg sebagai sosok ceria yang banyak bicara dan dengan senang hati selalu membantu orang-orang di sekelilingnya. Memiliki rasa humor dan kepolosan yang unik. Satu hal yang membuat karakter ini selalu diingat seluruh anak di dunia.

Karakter SpongeBob yang natural dan dunia Bikini Bottom yang penuh dengan petualangan akan selalu menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas.

Hillenburg juga tercatat pernah menjadi penulis, produser, dan sutradara film layar lebar The SpongeBob SquarePants pada tahun 2004, dan berhasil meraup keuntungan 140 juta Dollar Amerika dari penayangannya di seluruh dunia.

Pada awal 2018, Hillenburg mendapatkan kehormatan khusus dalam Emmy Awards atas peran aktifnya di bidang animasi dan industri penyiaran.

SpongeBob, tidak bisa dipungkiri sudah menjadi salah satu budaya populer yang dikenal banyak orang di dunia dan telah diterjemahkan ke lebih dari 60 bahasa

Selamat beristirahat pak Hillenburg, abadilah dalam kedamaian dan kebahagiaan yang selama ini sudah Anda ciptakan untuk anak-anak di seluruh dunia. Rest In Peace!