Halo, Takaiters!

Industri K-Pop kembali tercoreng usai skandal seksual yang selama ini membayang-banyangi, lagi-lagi mencuat ke publik. Belakangan diketahui bahwa seorang idol K-Pop dan selebriti televisi Korea Selatan mengaku terlibat.

Kasus yang menyeret dua nama selebritas Negeri Ginseng tersebut langsung menimbulkan alur kontroversi. Salah satu tuduhan jatuh kepada  Jung Joon-young, bintang talent show dari salah satu stasiun TV Korea Selatan.

Setelah diselidiki pihak berwajib, pria 30 tahun tersebut mengakui bahwa ia terlibat, diam-diam mendokumentasi dirinya sedang berhubungan badan dengan perempuan dan membagikan hasil rekaman tersebut ke grup online chatroom tanpa sepengetahuan korban.

1. Temukan Bukti Visual yang Kuat

Penyanyi korea terjerat kasus
Foto: thestraitstimes.com

Pihak kepolisian menemukan bukti visual berupa cuplikan video asusila. Dilansir The Guardian, ada 10 orang perempuan yang ditemukan di dalam bukti.

Jung merupakan salah satu anggota pria dalam grup chatroom, tempat rekaman video tersebut dibagikan. “Saya merekam mereka (perempuan) dan membagikannya,” ujarnya kepada Yonhap News Agency.

Untuk diketahui, ia juga pernah didakwa dalam kasus yang sama pada 2016, namun proses hukumnya dicabut.

2. Seret Nama Personil Boyband Big Bang

Seungri terjerat kasus skandal prostitusi
Foto: the straitstimes.com

Selain Jung Joon-young, tuduhan serupa juga menyeret salah satu nama personil boyband, Big Bang. Meski turut bergabung dalam chatroom, beda dengan Jung, personil termuda mereka, Seungri telah resmi di tetapkan tetapkan sebagai tersangka dalam kasus prostitusi ilegal.

Kasus yang menjerat Seungri kian memperpanjang rentetan skandal yang pernah menjerat anggota Big Bang yang lain. Setidaknya ada tiga nama lain yang pernah terjerat kasus yakni G-Dragon, T.O.P, dan Daesung. Beberapa di antaranya adalah kasus Narkotika.

3. Keduanya Memilih Pensiun

Artis K-Pop mengundurkan diri
Foto: afp.com

Setelah penetapan tersangka Seungri beredar, Jung Joon-young mengumumkan bakal pensiun dari jagat hiburan Korsel untuk menjaga nama baiknya dari tekanan publik.

Lee Seung-hyun (nama asli Seungri) pun mengambil langkah serupa. Anggota Big Bang yang dijuluki Great Gatsby of Korea itu menyatakan pensiun melalui akun Instagramnya (@seungriseyo). Berkat kasus yang menjeratnya ini, rencana gelaran konser perpisahannya sebelum program wajib militer, terpaksa batal.

4. Nodai Reputasi Industri K-Pop

Taeyang Bigbang
Foto: livenationkorea.com

Dalam beberapa tahun terakhir, jagat hiburan Korea Selatan terus dibayangi-bayangi skandal yang menghantam reputasi entainment Korsel, termasuk K-Pop. Kasus Jung dan Seungri tentunya menimbulkan perhatian dan kekecewaan publik.

Terlebih, publik Korsel tengah gundah dengan fenomena ‘molka’ atau kamera porno pengintai yang dipasang di tempat-tempat umum seperti toilet umum, ruang ganti, bahkan kamar tidur pribadi. Fenomena inipun memunculkan gelombang protes, khususnya wanita.

5. Saham Agensi Bakat Anjlok

Foto: ygfamily.com

Sejak kedua kasus ini mengemuka, beberapa agensi bakat Korsel mengalami kerugian. Nilai saham YG Entertainment dikabarkan turun 14 persen. Angka itu mencatatkan kemerosotan terendah agensi yang membawahi Big Bang tersebut sejak November 2018.

YG Entertainment sendiri merupakan salah satu dari tiga agensi bakat utama dalam industri K-Pop. Kemerosotan saham ini pun muncul tidak lama setelah tuduhan kepada Seungri menyebar di media sosial pada Senin (11/3/2019) kemarin.