Hai, Takaiters!

Tidak lengkap rasanya apabila berkunjung ke daerah Jawa Barat tanpa menjajal ragam kuliner yang menjadi ciri khasnya. Jawa Barat sendiri merupakan provinsi yang mayoritas warganya adalah etnis Sunda.

Sehingga tidak aneh, jika masakan disini selain pedas dan manis, rasa gurihnya pun akan lebih terasa. Selain itu, sebagai suku yang memiliki gaya hidup agraris, kulinernya pun tidak lepas dari olahan hasil bumi berupa beras dan sayur mayur.

Bahkan, saking sukanya akan sayuran, disetiap hidangan pokok yang disajikan akan selalu ada sayur penyerta yang disebut lalap.

Seperti leunca, terong, timun, daun dewa, hingga daun singkong muda yang kemudian akan di cocol ke sambal tolenjeng (sambal yang terbuat dari cabai rawit hIjau dan diberi sedikit minyak) atau terasi.

Menarik bukan? Selain dapat menggoyang lidah, hidangan yang disajikan sebagai makanan khas Sunda juga akan lebih sehat.

Nah untuk mengusir rasa penasaranmu akan hidangan apa saja yang sekiranya bisa kamu jajal ketika menyambangi daerah di Jawa Barat, berikut ini adalah 5 rekomendasi masakan Sunda, Takaiters!

1. Nasi Timbel

rekomendasi masakan sunda di bandung
Foto: travelounge.co

Pada mulanya, nasi timbel adalah hidangan yang hanya disajikan untuk para petani saat beristirahat. Namun lambat laun, nasi ini disukai oleh banyak kalangan baik anak-anak hingga orang tua tanpa terbatas pekerjaan.

Nasi timbel sendiri adalah perpaduan antara  nasi pulen yang dibungkus dengan daun pisang. Dan dihidangkan bersamaan dengan ikan asin goreng dan lalapan seperti timun serta leunca yang dicocol ke sambal terasi pedas.

2. Pais Lauk (Pepes Ikan)

rekomendasi masakan sunda di bogor
Foto: elapau.com

Pais lauk atau dalam Bahasa Indonesia adalah pepes ikan, merupakan sajian yang amat digemari oleh banyak kalangan.

Perpaduan rempah seperti daun kemangi dan serai yang ada di dalamya, membuat olahan yang berbahan dasar ikan ini tidak akan tercium bau amisnya.

Selain itu, pais lauk juga sangat cocok dijadikan sebagai lauk tambahan bagi anak. Cobalah padukan pais lauk dengan nasi hangat serta sayur asam.

Selain membuatnya lebih lahap ketika makan, kandungan gizi yang mumpuni pada ikan dan sayur asam juga akan membantu tumbuh kembangnya menjadi lebih baik.

3. Empal Gentong

rekomendasi restoran sunda di bandung
Foto: Magazine.job-like.com

Pasti sahabat Takaiters sering bukan mendengar empal gentong? Varian salah satu rasa dalam mie instan ini bisa kalian jajal di daerah Cirebon, Jawa Barat.

Empal gentong sendiri memiliki kemiripan dengan gulai karena warna air kaldunya yang berwarna kuning.

Dalam olahan empal gentong, biasanya disajikan dengan pencampuran usus, babat dan daging sapi sehingga cita rasa gurih lebih terasa dan tentunya, lebih nikmat.

Agar nikmatnya berkali lipat, sajikanlah empal gentong dengan lontong atau nasi serta sebagai pelengkap bisa ditambahkan dengan kucai dan cabai kering.

4. Empal Gepuk Daging Sapi

rekomendasi restoran sunda di bogor
Foto: cookpad.com

Lain empal gentong, lain juga empal gepuk. Apabila empal gentong adalah hidangan yang berair, maka empal gepuk adalah hidangan kering dan sesuai seperti namanya, masakan ini diolah dengan dipukul alias digepuk hingga gepeng dan dimasak dengan cara digoreng bersama bumbu yang bercita rasa manis dan kaya akan rempah.

5. Mie Kocok

Foto: Kompas.com

Sahabat Takaiters pasti suka sekali mie bukan?. Nah, agar sajian mie yang kalian cicipi terasa berbeda dari biasanya, cobalah mie kocok Bandung.

Mie kocok Bandung memang telah populer baik di kalangan remaja maupun orang tua. Rasanya yang khas serta disajikan menggunakan bahan dasar mie kuning yang berkaldu sapi, membuat sajian ini selalu ramai dicari wisatawan.

Pada umumnya, mie kocok disajikan bersama dengan bakso, kikil dan toge rebus serta ditambahkan dengan taburan bawang goreng, jeruk nipis dan seledri.

Bagi yang penasaran mengapa dinamakan mie kocok, alasan utamanya adalah karena teknik memasak mie-nya dilakukan dengan cara mengocok-ngocok mie dalam wadah khusus sambil dicelupkan ke dalam air panas.

Nah, itulah 5 rekomendasi masakan Sunda, Takaiters! Kamu udah coba yang mana?