Hai, Takaiters!

Suasana nyaman di tempat bekerja sangat mempengaruhi mood kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Hal yang paling mendasar umumnya datang dari  teman kerja kita sendiri. Teman satu tim atau satu bidang yang enak diajak ngobrol, akan menjadi teman sharing dalam menyelesaikan suatu pekerjaan ataupun permasalahan yang timbul, Support dan kepedulian mereka terhadap kita menjadi penyemangat buat kita datang ke tempat kerja dan mengerjakan pekerjaan dengan baik.

Namun, bagaimana jika rekan kerja sendiri bersikap jutek? Ho ho, jelas situasi seperti ini akan sangat berpengaruh buat diri kita bahkan bisa jadi buat lingkungan tempat bekerja. Bagaimana tidak, saat salah satu rekan kerja jutek otomatis kita akan kehilangan semangat untuk datang ketempat kerja dan imbasnya bisa berpengaruh pada pekerjaan. Apalagi jika tergabung dalam satu tim yang saling terkait pastinya tidak akan maksimal hasilnya.

Nah, sebagai milenial yang cerdas, baik cerdas pikiran dan cerdas hati, sebaiknya jangan larut dalam situasi ini. Kamu bisa lakukan hal-hal berikut:

Temui dan Tanyakan Apa Permasalahannya

Foto: unsplash.com

Menanyakan kepada yang bersangkutan tentang permasalahan apa yang membuat dia jadi jutek adalah lebih baik dari pada mendengar dari orang lain karena bisa jadi orang lain yang tidak suka dengan kamu justru akan menambah-nambahi ceritanya. Tentu saja itu akan membuat permasalahan makin runyam.

Minta Maaf Meskipun Tidak Merasa Bersalah

Foto: unsplash.com

Meminta maaf tidaklah harus karena kita telah melakukan suatu kesalahan saja. Kamu bisa mencairkan suasana dengan mencoba meminta maaf sambil menanyakan kesalahan apa yang tidak kamu sadari sehingga dia jutek terhadapa kamu. Ketika dia tidak mau mengatakan ataupun menerima permintaan maafmu, kamu jangan berkecil hati. Tetap sabar dan legowo itu lebih baik.

Tetap Say Hello Pada Saat bertemu

Foto: unsplash.com

Jika dia masih tetap bersikap kurang meyenangkan, kamu jangan pernah menghindarinya apalagi jadi ikut-ikutan jutek ke dia. Usahakan tetap menyapa pada saat bertemu karena sikap ramah kamu lambat laun akan melunakkan hatinya sehingga dia jadi baik lagi.

Bersikap Seperti Biasa Pada Saat Bersama Rekan yang Lain

Foto: unsplash.com

Agar tidak menimbulkan banyak prasangka, bersikaplah seperti biasa pada saat ada rekan kerja yang lain di antara kalian. Hal ini akan membuat dia menyadari bahwa kamu sebenarnya mengiginkan hubungan kembali baik dan tetap bisa kerjasama dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Jalin Terus Komunikasi

Foto: unsplash.com

Jangan putuskan komunikasi. Dengan terus menjalin komunikasi baik ber say hello, menanyakan kabar keluarganya, menanyakan apa ada yang bisa di bantu dari kerjaannya atau mengajaknya keluar untuk minum kopi atau makan pastinya akan lebih mudah mencairkan suasana kaku antara kamu dan dia.

Takaiters? Adakah rekan kerja yang lagi jutekin kamu? Kamu bisa praktekan tips di atas. Jadi kamu tidak perlu uring-uringan datang ke tempat kerja. Hadapi dengan senyum karena senyummu yang akan membuat harimu tetap nyaman dan kerjaanmu juga akan tetap terselesaikan dengan hasil yang memuaskan. Tetap semangat, Takaiters?