Hai, Takaiters!

Tanggal 5 Juni diperingati sebagai hari Lingkugan Hidup Sedunia atau the world environmental day. Awal diperingatinya hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan dalam mengambil tindakan lingkungan yang positif bagi perlindungan alam dan planet bumi.

Sejarah Ditetapkannya Hari Lingkungan Hidup Sedunia

hari lingkungan hidup sedunia diperingati setiap tanggal
Foto: Indianexpress.com

Pada tanggal 5 – 16 Juni 1972 di Stockholm, Swedia diadakan konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup Manusia yang dihadiri oleh negara-negara di dunia. Perwakilan Indonesia dalam konferensi tersebut diwakili oleh Emil Salim yang pada saat itu menjabat sebagai Menteri Negara Penertiban Aparatur Negara. Untuk menandai pembukaan konferensi ini maka pada tanggal 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa.

Latar Belakang Ditetapkannya Hari Lingkungan Hidup Sedunia

hari lingkungan hidup sedunia twibbon
Foto: theasianchronicle.com

Berbagai persoalan lingkungan yang muncul di dunia pada saat itu sangat komplek hingga membuat resah negara-negara di dunia. Persoalan-persoalan yang muncul seperti Kabut asap yang melanda Eropa, Wabah penyakit Minimata di Jepang, dan juga banyaknya pembakaran hutan di berbagai negara tentunya membawa dampak buruk bagi lingkungan.

Dari situlah, munculah ide untuk bersama-sama mengatasi persoalan-persoalan mengenai kerusakan lingkungan hidup sehingga dideklarasikanlah Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia

hari lingkungan hidup sedunia 2021 tema
Foto: upscbuddy.com

“Biodiversity” atau  Keanekaragaman Hayati adalah tema yang diusung dalam memperingati the world environmental day tahun ini. Dipilihnya tema ini karena sangat disadari bahwa keanekaragaman hayati merupakan pondasi yang kuat yang mendukung semua kehidupan di darat dan di bawah air.

Keanekaragaman hayati sangat mempengaruhi kesehatan manusia dari berbagai aspek seperti udara,air bersih, makanan bergizi, obat, ketahanan tubuh, dan masih banyak lagi.

Tujuan Dipilihnya Tema Biodiversity

hari lingkungan hidup sedunia freepik
Foto: india.com

Tujuan yang diharapkan dari tema ini adalah memperbaiki keanekaragaman hayati yang mulai dirusak oleh manusia di bumi. Tindakan manusia pada saat ini memang sudah melampaui batas mereka banyak sekali melakukan pengrusakan hayati seperti pegundulan hutan, perambahan habitat satwa liar, pertanian insentif, percepatan perubahan iklim dan banyak lagi tindakan yang dilakukan di luar batas kewajaran.

Hal itu tentu saja berdampak pada rusaknya keseimbangan hayati karena mengubah atau menghapus satu elemen saja dapat mempengaruhi seluruh sistem kehidupan dan menghasilkan konsekuensi negatif.

Contoh yang jelas terlihat saat ini yaitu adanya virus corona, ini menegaskan sebuah fakta bahwa disaat manusia menghancurkan keanekaragaman hayati. Maka akan berimbas juga padakehancuran sistem yang mendukung kehidupan manusia.

Peran Serta Yang Bisa Diberikan Dari Diri Sendiri

Sebagai bagian dari penduduk bumi, sudah seyogyanya kita mendukung gerakan pelestarian lingkungan hidup sedunia ini. Khususnya keanekaragaman hayati untuk menyelamatkan lingkungan.

Kepedulian tersebut dimulai dari diri sendiri untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap lingkungan. Dari diri sendiri seperti membiasakan diri untuk menjaga lingkungan dengan cara rajin menanam benih pohon, tidak menebang pohon sembarangan.

Serta tidak membuang sampah sembarangan, mengurangi penggunaan plastik. Tidak membeli produk makanan yang tidak ramah lingkungan dan juga tidak membuat kerusakan-kerusakan lainnya yang nantinya akan berpengaruh pada lingkungan.

Mengajak masyarakat sekitar untuk melakukan hal yang sama yaitu menjaga lingkungan dan keanekaragaman hayati dengan cara mengedukasi atau menginspirasi mereka.

Nah, Takaiters, menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Yuk, turut andil untuk berperan serta di dalamnya dengan memulai untuk mencintai lingkungan sekitar. Dan juga peduli akan kelestarian dan keseimbangan keanekaragaman hayati yang ada. Jadilah pelopor masyarakat modern yang peduli akan lingkungan, ya, Takaiters!