Hai, Takaiters!

Apakah Takaiters merupakan salah satu orang yang hobi berwisata ?

Berwisata merupakan salah satu hal yang mungkin cukup menyenangkan bagi kebanyakan orang. Bahkan melancong ke suatu tempat yang baru bisa menjadi salah satu alternatif untuk melepas rasa penat yang ada.

Kadang karena lelah dengan rutinitas atau bosan dengan kesibukan yang selalu sama membuat beberapa orang sangat rajin untuk mempersiapkan kegiatan wisata di akhir pekan atau hari libur. Salah satu hal yang unik dari kebanyakan orang yang hobi traveling ini mereka biasanya mencari destinasi wisata yang masih sangat asri dan memang belum dikenal banyak orang.

Nah Takaiters, berikut ini adalah rekomendasi beberapa destinasi wisata di Jawa Tengah yang masih sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun luar daerah

Pantai Pecaron, Kebumen, Jawa Tengah

destinasi wisata alam di jawa tengah
Foto: pikiran-rakyat.com

Bagi masyarakat asli kebumen tentunya paham keberadaan pantai yang satu ini, namanya Pantai Pecaron. Namun walau begitu, rupanya keberadaan pantai ini masih sangat asing ditelinga masyarakat luar kota kebumen. Hal tersebut karena Kebumen juga mempunyai beberapa pantai yang sudah lebih dulu terkenal secara luas contohnya Pantai Menganti yang berada di Kecamatan Ayah.

Pantai Pecaron sendiri berada di daerah Srati dan masih termasuk ke dalam satu wilayah yang sama dengan Pantai Menganti. Akan tetapi keindahan dari pantai yang satu ini tidak kalah eksotis dengan yang lainnya. Hal itu juga dibuktikan dengan keindahan alamnya yang masih asri dan juga keadaan pantainya yang sangat bersih.

Untuk menuju ke pantai ini juga tidak bisa sembarangan menggunakan kendaraan karena medannya yang cukup sulit. Sehingga para pengunjung yang ingin berwisata ke sini bisa berjalan kaki dari Desa Srati yang juga merupakan satu wilayah dengan Pantai Pecaron.

Air Terjun Giri Tirta, Banjarnegara, Jawa Tengah

destinasi wisata keluarga di jawa tengah
Foto: iqbalkautsar.com

Selajutnya menuju ke salah satu Kabupaten yang lokasinya berada di tengah provinsi Jawa Tengah yaitu Kabupaten Banjarnegara. Di kota ini rupanya terdapat banyak sekali tempat- tempat wisata yang masih jarang diketahui oleh banyak orang.

Selain itu nama dari Kabupaten yang satu ini mungkin familiar di telinga kebanyakan orang. Daerah yang paling terkenal di Kabupaten ini adalah Kecamatan Batur, Dieng Banjarnegara. Jika mendengar nama tersebut tentunya banyak yang paham karena setiap tahunnya daerah Dieng, Banjarnegara ini rutin mengadakan sebuah kegiatan besar yang dinamakan Dieng Culture Festival.

Berbicara mengenai rute menuju ke kawasan Dieng ini terdapat dua jalur yaitu dari arah Kabupaten Wonosobo dan melalui kota Banjarnegara. Yang tidak banyak orang ketahui, rupanya jika kita menuju ke Dieng melalui rute Kabupaten Banjarnegara ini kita akan melewati sebuah tempat wisata yang sangat megah yaitu Air Terjun Giri Tirta di daerah kecamatan Pejawaran.

Disini tidak hanya terdapat satu Air terjun, melainkan 3 buah. Yang lebih uniknya lagi salah satu air terjun disini rupanya dialiri oleh air panas. Sehingga sangat cocok digunakan untuk berendam setelah seharian jalan- jalan.

Hutan Penggaron, Semarang, Jawa Tengah

destinasi wisata pantai di jawa tengah
Foto: gerainews.com

Semarang merupakan salah satu kota yang cukup terkenal dengan kota wisatanya. Ada banyak sekali tempat- tempat wisata yang cukup terkenal bahkan hingga luar provinsi Jawa Tengah.

Namun di Kota ini rupanya terdapat salah satu tempat wisata yang jarang diketahui oleh kebanyakan Masyarakat diluar kota Semarang. Tempat tersebut bernama Hutan Penggaron.

Hutan ini terletak di Desa Siroto, Susukan, Ungaran Timur, Semarang, Jawa Tengah. Selain dikenal karena keindahan hutannya, rupanya tempat wisata yang satu ini juga menjadi salah satu spot yang menarik untuk Camping bersama keluarga. Bahkan menurut kabar yang beredar, rencananya Hutan Penggaron ini akan dikembangkan lebih jauh menjadi Wisata hutan safari atau Jateng Park.

Gunung Rogojembangan, Pekalongan, Jawa Tengah

destinasi wisata di kebumen jawa tengah
Foto: backpackerjakarta.com

Apakah Takaiters ada yang punya hobi mendaki gunung ? sudah gunung mana saja yang dikunjungi ? Gunung Slamet ? Gunung Merbabu ? atau Si kembar Sindoro Sumbing ? Jika sudah semua mungkin kita akan merasa bosan.

Di Jawa tengah rupanya terdapat sebuah gunung yang masih sangat asri dengan suasana alamnya yang luar biasa. Gunung ini bernama Gunung Rogojembangan yang terletak diantara 2 wilayah yaitu Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara.

Salah satu yang membuat Gunung ini masih sangat asri karena gunung yang satu memang kurang begitu familiar bagi para pendaki diluar Kapubaten wilayah tersebut. Apalagi medan pendakiannya yang memang belum begitu jelas serta kebiasaan warga masyarakat di kaki gunungnya yang lebih mengfungsikan Gunung Rogojembangan ini sebagai kegiatan Ritual adat setempat dibanding membukanya menjadi wisata pendakian.

Salah satu fakta yang cukup membuat kita mungkin tertantang untuk mendakinya adalah gunung Rogojembangan ini rupanya masuk ke dalam 10 Gunung tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 2117 Mdpl.

Jika ingin mendaki Gunung yang satu ini para pendaki biasanya dianjurkan melalui Kabupaten Pekalongan atau lebih tepatnya melalui Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyono.

Itulah tadi 4 destinasi wisata di Jawa Tengah yang mungkin kurang familiar di telinga kebanyakan masyarakat. Jika kita punya sedikit waktu libur mungkin cukup asik untuk menjelajah tempat- tempat tersebut. Selain karena kondisinya yang masih sangat asri, nuansa yang diberikan jelas akan sangat berbeda daripada tempat- tempat pada umumnya.