Hai, Takaiters!

Liga Italia merupakan salah satu liga terbaik yang ada di benua biru. Pasalnya disana persaingan klub sangat ketat sekali sehingga para jawaranya sangat sulit ditebak. Selain itu juga komposisi pemain setiap tim tergolong seimbang.

Apalagi setelah bergabungnya sang mega bintang Cristiano Ronaldo ke Juventus membuat pamor dari liga Italia semakin meningkat. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri. Namun di balik itu semua, Pecinta bola mania wajib tahu, siapa sajakah pemain dengan pencetak gol terbanyak liga italia yang pernah ada? Berikut ini ulasannya:

1. Silvio piola

pencetak gol terbanyak liga italia 2021
Foto: storiedicalcio.altervista.org

Mantan pemain Lazio ini membuktikan kualitasnya sebagai pemain sepak bola terbaik. Dengan berhasil mencetak 267 gol sepanjang karirnya. Hal ini membuatnya menjadi striker dengan pencetak gol terbanyak di Serie A. Selama berkarir di sepak bola Silvio Piola sudah pernah bermain di 4 klub yaitu, Lazio, Juventus, Novarra, dan Pro Vercelli.

Dalam level Timnas sendiri Silvio menunjukan performa yang konsisten di setiap pertandingan. Hal ini terbukti ketika Silvio mampu membawa Timnas Italia menjuarai piala dunia tahun 1938.

2. Francesco Totti

 

pencetak gol terbanyak liga italia sepanjang masa
Foto: juara.bolasport.com

Pecinta bola mania pasti tidak asing lagi dengan pemain yang satu ini kan? Dia adalah Francesco Totti legenda klub Pangeran Biru As Roma. Selama berkarir di sepak bola Totti hanya membela satu klub saja yaitu As Roma. Tak ayal hal ini membuatnya menjadi salah satu pemain yang paling setia.

Selama berkarir di as roma Totti berhasil mencatatkan 250 gol dari 619 laga yang pernah dilakoninya. Totti juga mampu membawa as roma meraih 5 trofi juara. Pada tahun 2017, setelah 25 tahun berkarir di As Roma Totti memutuskan untuk pensiun dari lapangan hijau.

3. Gunnar Nordahl

pencetak gol terbanyak liga italia dalam satu musim
Foto: indosport.com

Pemain berkebangsaan Swedia ini memang layak untuk diajungi jempol. Pasalnnya ia merupakan satu-satunya pemain yang bukan berasal dari Italia yang mampu menjadi pencetak gol terbanyak. Ia berhasil mencetak  total 225 gol dalam 210 penampilan. Yang mana 210 golnya di peroleh saat bersama Ac Milan.

Melihat torehan tersebut membuat pemain yang satu ini sangat ditakuti klub lawan. Gunnar Nordahl juga mencatatkan sejarah sebagai pemain dengan hattric terbanyak di Serie A dengan total 17 kali hattrick. Rekor tersebut juga sama dipegang oleh Giuseppe Meazza. Penampilannya yang luar biasa bagi Ac Milan membuatnya layak disebut legenda.

4. Giuseppe Meazza

pencetak gol terbanyak liga italia sepanjang sejarah
Foto: as.com

Giuseppe Meazza bisa dibilang sebagi pemain terbaik yang pernah ada di liga Italia. Selama karirnya di serie A Giuseppe Meazza berhasil mencetak 214 gol dalam 367 laga. Yang mana 198 golnya dicetak bersama klub Inter Milan.

Kiprahnya dalam sepak bola Italia memang tidak pernah terlupakan. Stadion Giuseppe Meazza atau yang lebih dikenal San Siro menjadi bukti dari ketenaran sang bintang. Stadion ini juga menjadi markas dari klub papan atas Italia, yaitu Inter Millan dan Ac Millan.

5. Jose Altafini

Foto: juventusclubmalta.com

Pemain yang pernah membela Juventus ini berhasil menorehkan 211 gol selama karirnya di Serie A. Gol-gol tersebut sebagian besar diciptakan saat berseragam Ac Milan dengan torehan 120 gol. Selama berkarir di sepak bola Jose Altafini pernah bermain di beberapa klub seperti Napoli, Juventus, Ac Milan dan terakhir di Chiasso klub yang berasal dari Swiss.

Menjadi pencetak gol terbanyak  memang menjadi dambaan setiap pemain sepak bola. Setiap generasi selalu melahirkan pemain-pemain berbakat. Namun, apakah ada pemain yang bisa melampaui pencapaian pemain di atas? Mari kita lihat perkembangan sepak bola selanjutnya.