Holla Takaiters!

Tak hanya alamnya yang indah seperti Bromo, Semeru, dan B29, Lumajang juga mengusung  pisang agung sebagai ciri khasnya loh. Pisang agung adalah buah pisang yang unik karena bentuknya yang jumbo, lebih besar dari buah pisang pada umumnya.

Kota di lereng Semeru ini, juga terkenal dengan pisang mas kirananya lho, Guys. Pisang dengan warna kuning keemasan memikat hingga diekspor ke mancanegara. Wow, nggak salah deh, kalau Lumajang dikenal dengan sebutan “kota pisang”

Rasa manis dan teksturnya yang lembut, menjadikan pisang sebagai bahan dasar aneka kue dan camilan yang digemari masyarakat Lumajang. Beragam makanan olahan pisang, cocok dijadikan menu hidangan penutup yang yummy atau teman ngemil saat santai.

Takaiters, kamu wajib coba 4 penganan berbahan dasar pisang yang menggoda selera saat berkunjung ke Lumajang. Penasaran? Intip, yuk!

1. Pisang goreng

pangana khas lumajang
Foto : indoindians.com

Pisang goreng emang udah biasa. Tapi, pisang goreng dari pisang agung Lumajang pasti nggak ada duanya. Ukuran yang besar membuat pisang ini harus dipotong sesuai selera untuk digoreng menjadi santapan yang lezat.

2. Keripik pisang

pangana khas lumajang
Foto : pinkkorset.com

Kriuknya keripik pisang dengan varian rasa manis dan asin, asli bikin nagih. Jenis keripik yang menjadi idola adalah keripik pisang agung. Selain rasanya yang renyah, keripik pisang juga banyak dicari untuk dijadikan oleh-oleh.

Pilihan Editor



3. Sale pisang

pangana khas lumajang
Foto : tokomesin.com

Legitnya sale pisang yang menggigit wajib kamu coba nih, Takaiters. Warna hitam ala sale itu bukan karena busuk lho. Tapi, karena proses pembuatannya dijemur atau dioven dengan suhu panas yang tinggi. Varian sale di Lumajang ada dua, sale basah dan sale kering. Keduanya sama-sama enak lho, Guys.

4. Strudel pisang

pangana khas lumajang
Foto : bukalapak.com

Nggak kekinian rasanya kalau belum nyoba strudel pisang. Lumajang juga punya lho. Kresnya strudel saat digigit, lumernya pisang bercampur lelehan cokelat seperti mengajak  lidah bergoyang. Garing di luar, meleleh di dalam. So Yummy.

Nah, Guys itulah penganan berbahan dasar pisang yang wajib kamu coba saat melancong ke Kota Pisang, Lumajang. Nggak afdol rasanya berwisata ke Lumajang tanpa mencicipinya.

Kamu juga  bisa membawanya sebagai oleh-oleh karena penganan tersebut banyak dijual di daerah Lumajang. Oh ya Guys, jangan lupa membawa serta pisang agung yang super jumbo dan pisang kirana yang super manis untuk keluarga tercinta. Selamat berwisata.