Halo, Takaiters!

Siapa, sih, yang tidak tahu rawon? Makanan satu ini menjadi makanan khas Kota Pasuruan. Namun, dari semua rumah makan yang ada, Rawon Sakinah yang menjadi primadona. Jika bertanya pada warga kuliner khas kota Pasuruan maka pasti akan menjawab Rawon Sakinah. Pasalnya, rumah makan ini telah berdiri selama 30 tahun dan juga sudah menjadi tujuan wisatawan yang mampir di Kota Pasuruan.

1. Rawon dengan Lauk Sate Komoh Terenak Kedua Versi Pak Bondan

Foto: tripadvisor.com

Rawon Sakinah juga terkenal dengan sebutan Rawon Bangilan, hal ini karena terletak di Jalan Kartini, nomor 80 Bangilan, Kota Pasuruan. Rumah makan ini tampak seperti warung biasa, namun siapa sangka di warung tersebut menyediakan menu andalan yang terkenal seantero Kota Pasuruan. Bahkan, pemerhati kuliner nusantara, pak Bondan Winarno (Alm), menjadikan warung ini rawon terenak kedua di Indonesia.

Saat kita memasuki rumah makan tersebut, para pramusaji akan menghampiri dan menawarkan menu yang ada. Tidak hanya rawon yang tersedia, ada berbagai macam menu seperti kremes, gule kambing, dan nasi pecel.

2. Penyajiannya Berbeda dari Rawon Biasa

Foto: www.titofebrian.com

Rawon di sini nampak berbeda dari rawon pada umumnya yang dimasak langsung bersama daging. Menu rawon di Rawon Sakinah hanya berbuah hitam dengan taoge pendek, dan daun bawang muda tanpa lauk. Jadi para pelanggan bebas memilih lauk yang disuka.

Selain itu, campuran irisan daun bawang menambah cita rasa rawon menjadi unik dan lebih kuat. Taoge pendek pun turut andil memberi rasa manis di antara pekatnya kuah rawon tersebut.

3. Sate Komoh Kuliner Khas Pasuruan Idola Pengunjung

Foto: maminusantara.blogsport

Selain rawon yang enak, sate komoh juga menjadi primadona di warung itu. Sate komoh adalah sate dengan potongan daging besar-besar. Mirip seperti empal yang ditusuk dengan bambu lalu dibakar di atas bara api. Sate komoh ini adalah khas Pasuruan yang jarang ditemukan daerah lain.

4. Resep Rahasia Sakinah Tidak Dapat Diturunkan Sembarang Orang

Foto: bangsaonline.com

Cita rasa khas milik Warung Rawon Sakinah tidak lepas dari resep rahasia yang dimilikinya. Resep ini tidak diturunkan kesembarang orang bahkan bagi pekerjanya mendapatkan tugas khusus masing masing yang tidak bisa digantikan. Tujuannya supaya menjaga cita rasa tiap lauk yang tersedia.

5. Seporsi Nasi dan Lauk Hanya Rp 25 Ribu

Foto: dictio.id

Pengunjung rumah makan Rawon Sakinah berasal dari berbagai daerah terutama wisatawan yang sedang berkunjung ke Pasuruan. Dari warung ini buka pukul 05.00-21.30 WIB, kurang dari 200 orang datang ke warung tersebut.

Berbagai macam pilihan lauk tersedia, namun untuk satu porsi nasi dengan satu lauk dihargai Rp25.000,00. Sedangkan satu jenis lauk saja Rp21.000,00 Untuk minuman di sana dibandrol mulai Rp5.000,00 (harga es teh atau teh hangat).

Nah, Guys, kalau ada kesempatan ke Pasuruan, jangan lupa untuk mampir ke warung makan Rawon Sakinah. Jangan lupa cobain sate komohnya juga.