Hai, Takaiters!

Berteman adalah tentang berbagi kenyamaan. Konsep ini sepertinya telah diterapkan oleh banyak orang. Pada dasarnya seseorang akan mencari teman yang ’sefrekuensi’. Dengan alasan supaya saat diajak ngobrol pun bisa nyambung meskipun kenyataannya tidak semua orang akan mendapatkan teman yang selalu sefrekuensi.

Sebenarnya bukan masalah saat kita memiliki teman yang memiliki sudut pandang berbeda. Justru berteman dengan banyak orang akan memberikan kita mendapatkan banyak pemahaman baru dari sudut pandang mereka.  Yang jadi masalah adalah saat kita secara tidak sadar sedang berada dalam lingkungan pertemanan yang toxic.

Apa Itu Toxic Friend?

Sebelumnya pahami terlebih dahulu apa itu toxic friend. Dalam suatu hubungan pertemanan terkadang kita akan menemui beberapa sifat teman yang menyebalkan dan terlalu berlebihan dalam menyikapi suatu hal. Dimana seringkali sifat mereka ini akan menimbulkan efek buruk yang berpengaruh pada kehidupan anda.

Hubungan pertemanan yang lebih banyak membawa dampak negatif inilah yang disebut toxic friend. Sebenarnya tanpa kita sadari toxic friend seringkali muncul dan mewarnai hubungan pertemanan dalam artian sebagian besar orang pasti pernah atau bahkan sedang mempunyai hubungan toxic dalam lingkungan mereka.

Sayangnya memang tidak banyak orang yang sadar bahwa mereka tengah berada di lingkungan yang toxic. Lalu bagaimana cara menyadari bahwa kita terlibat dalam lingkungan pertemanan toxic? Berikut adalah ciri-ciri dan cara menyikapinya.

Ciri-Ciri Toxic Friend

ciri-ciri toxic friend
Foto: fimela.com

Untuk mengetahui tentang bagaimana cara menghindati ataupun menyikapi lingkungan pertemanan toxic. Hal selanjutnya yang harus kita ketahui dapat membedakan ciri-ciri toxic friend, Takaiters!

1. Hanya Memanfaatkan Kebaikan Anda

ciri-ciri toxic friends
Foto: pexels.com

Pada poin ini pasti menjadi salah satu hal yang sering terjadi pada kebanyakan orang. Memiiki teman yang hanya akan datang saat mereka butuh bantuan dan setelahnya akan pergi dan tidak perduli kepada anda saat mereka tidak membutuhkan anda.

Bila anda sedang atau bahkan sering mengalami hal ini maka bersiaplah untuk mengabil sikap. Saat anda memiliki ciri-ciri teman seperti ini maka pastikanlah anda tidak selalu meng ‘iyakan’ setiap permintaannya.

Jangan ragu untuk menolak tawaran ataupun permintaannya bila dirasa itu terlalu berlebihan dan akan merugikan anda. Pastikan teman anda mengerti bahwa anda tidak bisa menjadi bala bantuan setiap kali mereka butuh.

2. Membuat Anda Terlibat dalam Masalah

ciri-ciri toxic friendship
Foto: maxmanroe.com

Bila anda sering terlibat dalam masalah karena kesalahan ataupun perbuatan teman anda, maka ketahuilah bahwa anda tengah telibat dalam toxic friend.  Biasanya toxic friend seperti ini akan dengan mudahnya menyalahkan anda atau apa yang telah diperbuatnya. Dalam artian melimpahkan semua tanggung jawab dan kesalahannya kepada anda.

Mewanti-wanti diri sendiri untuk tidak ikut campur dalam urusan teman anda rasanya adalah salah satu cara yang dapat mencegah anda terlibat dalam masalah yang ditimbulkan oleh teman anda.

3.  Berusaha Merubah Diri Anda

ciri ciri toxic friendship
Foto: popbela.com

Selain menjadi seseorang yang menyebalkan dan sering melibatkan anda dalam masalah. Toxic friend juga bisa saja menjadi seseorang yang mempengaruhi anda untuk merubah diri ‘dalam artian negatif’ sesuai dengan keinginan mereka.

Saat seharusnya seorang teman berperan menjadi seseorang yang bisa menegur atau mengingatkan kita atas perbuatan yang buruk, maka sebaliknya toxic friend malah akan menjerumuskan anda pada perubahan negatif yang berdampak buruk bagi kehidupan anda.

4. Menghancurkan Hubungan Anda dengan Orang Lain

ciri toxic friends
Foto: lifestye.kompas.com

Pada poin extream toxic friend akan merasa memiliki anda dan berusaha menghancurkan hubungan pertemanan anda dengan orang lain.

Memiliki toxic friend tidak jarang akan membuat anda meragukan diri anda sendiri yang pada akhirnya membuat anda secara tidak langsung menjauhkan diri anda dari orang lain.

5. Berusaha Memanipulasi Anda

Foto: dorothydalton.com

Salah satu ciri-ciri toxic friend adalah seseorang yang sering memanipulasi anda. Seseorang yang sering memberikan kritik negatif pada penampilan anda dan perilaku anda tanpa memberikan saran yang bersifat positif juga dapat dikategorikan toxic friend.

Tidak jarang seseorang yang sering melakukan hal ini kepada anda pada akhirnya akan menyuruh anda untuk mengikuti semua saran yang dikatakannya tanpa boleh anda sanggahan ataupun bantahan dari anda.

Lalu Bagaimana Cara Menyikapi Toxic Friend?

Saat anda sudah mengetahui arti dan ciri-ciri toxic friend, maka mulailah menjadi seseorang yang berani dalam menyikapi toxic friend bila anda tengah terlibat dalam hubungan ini. Berusaha sedikit demi sedikit untuk memberikan jarak dengan toxic friend adalah salah satu caranya.

Cobalah untuk tidak terlibat dalam kehidupannya dan jangan menjadi orang yang sungkan bilang ‘tidak’ bila sekiranya permintaan mereka hanya akan merugikan anda.

Menyibukkan diri dengan aktivitas anda juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari toxic friend. Selain itu jangan ragu untuk memulai hubungan perteman dengan lingkungan baru. Ciptakan hubungan pertemanan yang positif untuk diri anda dan sekitar.

Bagaimana, Takaiters? Semoga kamu tidak terjebak dalam toxic friend, ya!