Hai, Takaiters!

Kanal YouTube, platform berbagi video yang telah membuat banyak orang jadi milyader mendadak, kini makin banyak diakses orang saat pandemi COVID-19 melanda dunia. YouTube menjadi salah satu hiburan jutaan orang di dunia yang terpaksa harus tetap di rumah demi menghindari kemungkinan tertularnya virus mematikan tersebut.

Lalu, siapakah orang dibalik terciptanya YouTube ini? Chad Hurley adalah salah satu orang yang sangat berperan dalam melahirkan YouTube, sampai kemudian platform ini dibeli Google dan jadi salah satu tambang uang raksasa teknologi asal Negeri Paman Sam, Amerika Serikat tersebut.

Siapakah Chad Hurley dan seperti apa kisahnya saat ia melahirkan YouTube? Simak, yuk, ulasannya.

Dikutip dari buku,”40 Anak Muda Terkaya Dunia: Kisah Para Anak Muda Kreatif yang Meraup Kekayaan Jutaan Dolar dari Dunia Maya,” yang ditulis Oryza Aditama (2010), Chad Hurley adalah sosok penting di balik lahirnya YouTube adalah Chad Hurley. Nama lengkapnya Chad Meredith Hurley.

Chad Hurley, Sarjana Seni Sosok Penting di Balik Terciptanya YouTube

Sumber foto: Peterzafiris.com

Chad Hurley Lahir di Birdsboro, Pennsylvania, Amerika Serikat, pada tahun, 1976. Ayahnya bernama Don Hurley. Saat bersekolah di SMU, Chad mulai tertarik pada Dunia komputer dan media elektronik.  Pada tahun 1995, ia lulus dari Twin Valley High School Elverson. Lalu, ia melanjutkan kuliah di Indiana University, di Pennsylvania, AS.

Ia mengambil jurusan seni. Tahun 1999, ia menerima gelar sarjana seni. Lulus kuliah, ia langsung bekerja di PayPal, bahkan Chad yang merancang logo perusahaan itu.

Saat bekerja di PayPal, ia bertemu dengan Steve Chen dan Jawed Karim, dua teknisi PayPal. Chad lantas berteman karib dengan keduanya. Ketiga kerap mengobrol ngalor-ngidul bicara banyak hal sampai ngomongin peluang bisnis.

Pada tahun 2002, PayPal dibeli oleh eBay. Chad ikut kecipratan rezeki. Dia sedikit mendapat bonus. Duit bonus itu yang kemudian dia pakai untuk mengembangkan bisnis sendiri. Nah, waktu itu, Chad juga lumayan punya koneksi ke bos PayPal. Salah satunya ke Roelof Botha, petinggi PayPal. Roelof banyak membantu Chad mewujudkan rencana dan mimpi bisnisnya.

Bulan Januari 2005, YouTube Lahir

Sumber foto: Canal2tv.com

Pada bulan Januari  2005, bersama dengan Steve dan Jawed Karim yang sudah akrab saat bekerja di PayPal, Chad mendirikan perusahaan sendiri. Perusahaan itu diberi nama YouTube.  Awalnya, situs YouTube yang dibuat Chad dengan kedua temannya itu, hanya dimanfaatkan sebagai situs berbagi video makan malam bersama kawan-kawan Chad di San Francisco.

Namun, setelah itu situs YouTube kian populer. Tiap hari, puluhan ribu orang meng-upload video ke situs tersebut. Awalnya, video yang dimuat di YouTube hanya video klip musik, film, dan rekaman pribadi penggunanya, tetapi kemudian berkembang. Macam-macam jenis video diakomodir mulai dari video olahraga, ilmu pengetahuan, sampai video kuno, dan jenis video lainnya.

YouTube Dibeli Google

Sumber foto: Alinea.id

Pada tahun 2006, tepatnya pada 9 Oktober 2006, raksasa teknologi dunia Google membeli YouTube dengan mahar 1,65 miliar dolar. Nilai pembelian yang memecahkan rekor dunia ketika itu. Chad dan kedua temannya yang notabene pendiri YouTube pun ketiban durian runtuh. Langsung jadi triliuner, bukan lagi milyuner. Kekayaan  Chad meroket hingga mencapai triliunan rupiah.