Heiyo, Takaiters!

Jejak-jejak debu peperangan kembang api malam tahun baru sudah mulai pudar, namun kita akan kembali disapa sebuah acara besar di jagat teknologi. Ya, adalah Consumer Electronic Show (CES) 2019, yang merupakan ajang showbiz teknologi dan gadget tahunan ini akan kembali hadir di Las Vegas, Amerika Serikat.

Seperti apa yang sudah Takaitu singgung dalam artikel sebelumnya yang berjudul lanskap teknologi,  salah satu ajang pameran teknologi tersebut diharapkan akan menampilkan potensi-potensi baru di ranah industri teknologi global. Tahun ini, CES diprediksi akan memamerkan beberapa ‘karya’ baru yang berasal dari 4.500 lebih jumlah perusahaan, dan pengembang teknologi dari 150 negara di seluruh dunia.

CES edisi kali ini membawa isu-isu hangat tentang industri teknologi yang paling relevan, demikian yang tertulis dalam situs resmi CES 2019. Nah, apa saja yang kiranya terpampang dalam acara yang dijadwalkan pada tanggal 9 – 12 Januari 2019 ini? Berikut adalah informasi yang berhasil dihimpun melalui beberapa media yang akan meramaikan acaranya.

1. Era 5G Dimulai Tahun Ini!

CES 2019 siap gelar konfrensi tentang bagaimana 5G tahun ini
Foto: TechRadar

Banyaknya pengamat teknologi yang mengharapkan tahun 2019 ini menjadi tahun pertama era 5G lahir, membuat CES 2019 adalah momentum yang sempurna untuk mengenalkan teknologi koneksi jaringan generasi terbaru tersebut untuk benar-benar dapat diakses orang-orang.Hal ini diperkuat juga denga jadwal konfrensi yang secara khusus akan menggali bagaimana 5G akan diimplementasikan.

Perusahaan penyedia layanan selular seperti Varizon dan AT&T disebut-sebut akan menghadirkan CEO mereka masing-masing untuk membahas topik tersebut. Hal itu kian diperkuat juga dengan langkah beberapa vendor besar smartphone yang sejak tahun lalu sudah mulai menggarap produk 5G mereka. 

Walaupun, secara historis, ajang CES sendiri belum menjadi tempat utama bagi produsen semartphone, sulit membayangkan jika perusahaan operator di seluruh dunia yang bersiap-siap menyambut 5G, tidak dibarengi dengan kesiapan vendor perangkat yang mendukung teknologi baru ini.

Daripada menunggu gelaran Mobile World Congress (MWC) 2019 beberaoa bulan mendatang, CES 2019 merupakan momentum awal perusahaan smartphone untuk memperlihatkan ambisi industri mereka di saat 5G mulai merubah diri menjadi realitas teknologi. Sony, Samsung, dan LG adalah nama-nama yang paling getol disebut-sebut siap memamerkan smartphone 5G mereka di gelaran CES kali ini.

2. Smartphone Lipat alias Foldable

Akankah era foldabel phone mulai tahun 2019?
Foto: BoyGenius

Bicara tentang smartphone, tentu kita juga tidak boleh mengalihkan perhatian dari skema besar yang telah sejak lama digaungkan ini. Smartphone lipat atau foldable smartphone telah menjadi topik yang diwacanakan dalam beberapa tahun terakhir.

CES 2019, kembali jadi awal yang dirasa paling pas untuk memperkenalkan realisasi ide tersebut sebelum akhirnya benar-benar dituntaskan dalam MWC 2019 yang merupakan tempat khusus bagi smartphone unjuk kebolehan.

Hal ini nantinya juga akan diikuti oleh topik besar lainnya tentang teknologi perangkat VR dan AR, serta perangkat-perangkat peripheral mobile lainnya; yang sejak tahun lalu telah mempersiapkan diri sebelum meluncurkan produk terbaru mereka dengan keunggulan dan kecanggihan yang lebih baru lagi.

Pilihan Editor


3. Geliat Virtual Assistant

Teknologi Asisten Digital menjanjikan di tahun 2019
Foto: Popular Science/Bixby

Seperti yang diketahui, Amazon Echo telah menjelma menjadi pemain utama di ranah asisten virtual lewat perangkat Amazon Alexa mereka. Google dan Apple Siri pun tidak mau kalah dan terus membuat percikan besar tahun lalu.

Begitu pula Samsung juga terus melakukan pembenahan melalui karya mereka, Bixby. Melihat ‘ladang subur’ ini menimbulkan pesaing-pesain baru dan kian kompetitif, salah satu ranah AI (Artificial Intelligence) ini diharapkan membuat gebrakan baru lagi.

Tidak hanya terintegrasi dalam display ponsel dan speaker pintar (smartspeaker), perangkat asisten digital ini diharapkan memperluas hubungan integrasi sistem ke dalam televisi, mobil, dan peralatan-peralatan di setiap aspek kehidupan kita.

Amazon tentu tidak akan sendiri, Google, Samsung, ataupun nama-nama seperti Lenovo dan JBL, kabarnya akan membuat rencana yang sama dalam CES di awal tahun ini.

4. Smarthome yang Smarter

Smarthome jadi topik kuat untuk teknologi di tahun 2019
Foto: Pexels

Potensi AI yang kian terasa tampaknya mengundang konsep Smarthome terbawa arus. The Internet of Things (iOT) dan AI adalah sistem yang tengah mengakrabkan diri pada konsep rumah pintar. Apabila Integrasi digital assistant benar-benar diperluas ke banyak aspek lain, smarhome bakal mempunyai tuntutan baru.

Sistem yang tekomputerisasi otomatis yang terprogram memberikan peranan teknologi ke beberapa perangkat. Sistem inilah yang dikabarnya akan mulai dialirkan ke peralatan-peralatan rumah yang lebih kecil seperti bel pintu, kunci, lampu, dan lain-lain. Ini tentunya semakin memperkuat konsep smart-home yang smarter alias lebih pinter lagi.

5. Televisi Kualitas Layar 8K?

Foto: pexels.com

Entah signifikansinya apa, konsep layar dengan dukungan kualitas grafis super duper bisa jadi sangat dipertimbangkan hari ini. CES 2019 tidak lain dan tidak bukan justru menjadi tempat utama bagi obsesi terkait hal ini.

Kita mungkin sudah akrab dengan frasa 4K, bukan? Nah, Takaiters, apakah kita membutuhkan televisi 8K di saat 4K belum benar-benar berhasil kita gapai dengan mudah? Kemungkinan besar tidak bagi yang masih puas dengan layar televisi tabung.

Kualitas grafis sepertinya belum sebanding dengan kualitas tontonan. Namun, sejumlah produsen besar seperti Sony, LG, dan Samsung, tidak berhenti dengan inovasi layar besar. Ajang CES kali ini pun tidak menafikan gejala tersebut. Bersama televisi model 8K, 2019 tampaknya akan menjadi tahun di mana teknologi televisi mulai bergerak untuk mendukung output kualitas grafis ultra super tinggi.

Beberapa pihak, sperti disebutkan Engadget gagasan ini cukup gila, namun, tidak begitu aneh lagi. Pasalnya, perkembangan teknologi memang didapuk untuk memberikan kejutan-kejutan besar. Walaupun, sampai mendobrak sisi fungsionalitas yang jelas. Dari layar 8K, hingga layar ponsel yang bengkok, serta koneksi internat super kencang, tidak akan lagi mengejutkan kita ke depannya.

Nah, Takaiters, sebagai salah satu gelaran pameran teknologi, CES 2019 adalah keterbukaan soal bagaimana perkembangan teknologi selanjutnya. Mulai di awal tahun, tentu bakal menjadi bayangan untuk prediksi dan harapan-harapan lain. Belum lagi, masih ada ajang serupa juga yang masih menjadi tempat kejutan-kejutan lainnya, muncul.