Catat! Fenomena Astronomi Tahun 2021 Yang Nggak Boleh Kamu Lewatkan!

Halo, Takaiters!

Tidak terasa, akhirnya kita memasuki tahun 2021. Di tahun baru ini tentu ada banyak kejutan yang akan menemanimu, Takaiters. Salah satunya ialah deretan peristiwa langit keren yang sudah siap memeriahkan, mulai dari gerhana, konjungsi antarplanet, hujan meteor dan masih banyak lagi.

Lebih lengkapnya, yuk! Simak penjelasan Fenomena Astronomi Tahun 2021 di bawah ini, Takaiters!

1. Hujan Meteor Quarantid (2-4 Januari 2021)

Fenomena Astronomi Tahun 2021
Foto: wallpaperaccess.com

2021 diawali oleh hujan meteor Quarantid. Peristiwa ini umumnya terjadi mulai Desember sampai 12 Januari setiap tahunnya. Akan tetapi, khusus tahun ini, hujan meteor Quarantid akan mencapai puncak di tanggal 3 Januari pada pukul 23.00 WIB dan dapat disaksikan di tanggal 4 Januari pukul 02.30 sampai menjelang matahari terbit.

Kabarnya, kamu dapat mengamati puluhan sampai ratusan meteor per jamnya, Takaiters.

Tidak ada syarat khusus untuk mengamati fenomena ini. Asal langit di daerahmu bebas awan dan tidak hujan, maka kamu dapat melihatnya secara langsung.

2. Konjungsi Merkurius, Jupiter dan Saturnus (10-11 Januari 2021)

Fenomena Astronomi Tahun 2021
Foto: unsplash.com

Tripel konjungsi ini adalah suatu peristiwa seperti berkumpulnya planet Merkurius, Jupiter dan Saturnus. Mereka akan terlihat berbentuk segitiga, Takaiters.

Konjungsi antar planet dapat kamu abadikan melalui teleskop ataupun kamera biasa. Keren, ‘kan?

3. Supermoon (26-27 April 2021)

Fenomena Astronomi Tahun 2021 hari ini
Foto: unsplash.com

Supermoon terjadi karena orbit bulan berbentuk elips, sehingga ketika ia mendekati Bumi, ukuran bulan akan tampak lebih besar dan lebih terang dibanding hari-hari biasa.

Fenomena Supermoon biasanya terjadi setiap awal tahun, Takaiters. Di tahun 2021, peristiwa indah ini akan mencapai puncak pada 26-27 April mendatang.

4. Gerhana Bulan Total (26 Mei 2021)

Fenomena langit januari Tahun 2021
Foto: pexels.com

Blood Moon terjadi ketika matahari, Bulan dan Bumi sejajar, akibatnya bayangan Bumi menutupi Bulan dan membuat Bulan tampak kemerahan.

Dilansir dari idntimes.com (Sabtu,02/1/2021), gerhana bulan total atau Blood Moon akan berlangsung pada 26 Mei pukul 16.45 WIB s.d. 19.45 WIB. Sedangkan durasi untuk gerhana totalnya sekitar 14, 5 menit saja.

Gerhana Bulan total dapat terlihat dengan jelas di wilayah Australia, Amerika Utara dan Selatan serta Asia Timur.
Indonesia juga merupakan satu dari sebagian daerah yang beruntung dapat menyaksikannya.

5. Gerhana Matahari Cincin (10 Juni 2021)

Fenomena langit Astronomi Tahun 2021
Foto: unsplash.com

Peristiwa astronomi yang tidak kalah menarik selanjutnha yaitu gerhana matahari cincin. Sayangnya, kali ini Indonesia tidak dapat mengamati secara langsung sebab tidak dilewati oleh jalur gerhana. Adapun deretan negara yang bisa melihatnya antara lain Kanada, Rusia dan Greenland.

Sementara, negara-negara sekitarnya dapat melihat gerhana sebagian.

Namun, jangan bersedih hati dulu Takaiters. Kamu tetap bisa mengamati cantiknya gerhana melalui live streaming diĀ channel-channel yang tersebar di internet.

6. Hujan Meteor Perseid (11-12 Agustus 2021)

Foto: gettyimages.com

Puncak hujan meteor ini terjadi pada 11-12 Agustus. Waktu terbaik untuk melihatnya adalah di jam 22.00 WIB. Hujan Meteor Perseid akan menampilkan 1 meteor per menit, terkadang ia juga menghasilkan meteor yang meledak.

Sama seperti fenomena langit lainnya, kamu dapat menyaksikan dengan lancar bila polusi cahaya sekitar minim dan cuaca cerah.

7. Gerhana Matahari Total (9 Desember 2021)

Fenomena penting Astronomi Tahun 2021
Foto: unsplash.com

Gerhana Matahari Total menjadi salah satu penutup 2021. Namun, fenomena ini hanya dapat dinikmati di wilayah Antartika. Sementara itu beberapa negara di belahan Bumi bisa menyaksikan gerhana sebagian. Negara-negara tersebut antara lain, Australia, Botswana, Afrika Selatan.

Itulah beberapa Fenomena Astronomi Tahun 2021, peristiwa astronomi terbaik yang akan terjadi di tahun 2021. Jadi, jangan sampai terlewat, ya. Catat tanggalnya agar kamu dapat mengabadikan momen-momen luar biasa tersebut, Takaiters!