Hai, Takaiters!

Masih harus menyibukkan diri di rumah aja dengan masa pandemi?

Jangan bingung, sambil santai kita persiapkan hal-hal yang harus kita lengkapi saat kita traveling nanti yuk.

Karena, kamu pasti udah nggak sabar untuk bisa kumpul bareng temen-temen dan menghabiskan suasana liburanmu, bareng temen-temen seperti yang sudah direncanakan dulu.

Mari kita simak apa saja kebutuhannya

1. Uang dan Dokumen Penting

Uang dan Dokumen
Uang dan Dokumen

Jalan-jalan kemanapun, kamu nggak boleh lupa membawa uang serta dokumen kelengkapan travel seperti itinerary dan paspor.

Semua itu kebutuhan utama dalam perjalanan lho. Cara traveling aman ini perlu kamu perhatikan juga. Seperti yang kamu ketahui, kalau kamu lupa membawa paspor, jangankan berlibur, masuk ke pesawat pun kamu nggak akan bisa.

Selain itu, kamu juga harus membawa uang tunai lebih karena pada bulan Desember, nggak hanya toko besar yang akan memberikan diskon tapi toko kecil juga sama.

Oh ya, jangan terlalu mengandalkan kartu kredit karena nggak semua tempat menerima pembayaran dengan kartu kredit. Lebih baik menghindari daripada mengobati, iya kan?

2. Tas Travel Untuk Semua Perlengkapan

Traveling aman
Foto: freepik.com

Sudah semestinya, saat kita bepergian kita harus membawa membawa koper atau tas untuk menyimpan dan membawa baju serta perlengkapan lainnya.

Tapi, pastikan kamu memilih jenis tas atau koper yang sesuai dengan acara dan tujuan kamu berlibur. Jangan sampai salah pilih ya.

3. SmartPhone

Cara traveling aman backpacker
Foto: instagram.com/ovaa.forlendy

Ini mah sudah pasti di bawa ya. Tidak berlibur saja setiap hari pasti dekat dengan smartphone, hehhe

Saat mau berlibur, kamu bisa persiapkan juga smartphone dengan aplikasi-aplikasi yang akan membantu kamu nanti. Misalnya seperti aplikasi GPS dan peta seperti google map, Grab, aplikasi hotel, currency converter, dan lain-lain.

Jangan lupa disiapkan juga pulsa dan paket data yang cukup. Selain itu juga bersihkan space penyimpanan dalam smartphone kamu agar bisa menampung foto ataupun video lebih banyak nanti.

Nggak mau kan, kalo kamu dibuat kesal sebab memori penuh dan nggak bisa foto-foto lagi.

4. Power Bank

Power Bank
Power Bank

Lagi-lagi, kamu harus lebih peka terhadap kebutuhanmu sendiri saat traveling. Smartphone yang kamu bawa, sering kali membutuhkan daya untuk terus bertahan aktif. Jadi jangan lupa untuk membawa benda satu ini, yaitu powerbank.

Banyak manfaatnya, jika dalam perjalanan nanti kamu tidak menemukan aliran listrik, kamu masih aman karena membawa benda ini.

5. Kamera

Cara traveling aman
Foto: freepik.com

Ini opsional saja sih, untuk keperluan dokumentasi pribadi, seringkali menggunakan smartphone saja udah cukup. Karena spesifikasi kamera smartphone sekarang banyak yang sudah bagus. Apalagi jika digunakan untuk update di sosmed.

Jika kamu membawa kamera, bawa perlengkapan lain seperti lensa secukupnya saja. Selain lebih simpel, juga bisa menghindari resiko hilang yang lebih besar nanti. Idealnya gunakan kamera yang kompak seperti pocket kamera, atau mirrorless.

Bahkan jangan lupa bawa plastik pengaman, khawatir hujan saat perjalanan kamu bisa gunakan plastik tersebut untuk pengaman kamera.

6. Botol Air Minum

Cara Traveling Aman
Cara Traveling Aman

Kamu juga bisa berhemat dengan selalu membawa botol air minum sendiri saat traveling. Bahkan ini juga salah satu trik ramah lingkungan.

Apalagi saat bepergian ke luar negeri. Kamu bisa mengisi ulang botol air minum dengan water fountain terdekat atau yang ada di bandara. Dan manfaat lainnya, anda akan lebih ramah lingkungan, karena mengurangi penggunaan botol yang nantinya akan menjadi sampah.

7. Mukena untuk Wanita

Mukena untuk Wanita
Mukena untuk Wanita

Untuk kamu para wanita, jangan lupa ya, benda ini harus tetap kamu bawa, gunakan mukena yang ringan tetapi tetap terjaga keamanan auratmu.

Tidak semua tempat destinasi dekat dengan masjid yang tersedia mukena umum. Jadi kamu harus tetap ingat dan bawa benda penting ini.

Karena ini termasuk kebutuhan penting untuk kamu yang harus selalu ingat ibadah.

8. Handuk Travel

Cara Traveling Aman
Cara Traveling Aman

Sebisa mungkin kamu membawa keperluan pribadi sendiri dari rumah. Handuk cepat kering biasanya dipakai saat kita nge-gym, ataupun berolahraga.

Selain itu, berguna banget saat kita liburan ataupun camping. Biasanya kita sudah dapat handuk di penginapan atau hotel. Tapi ada baiknya juga kamu membawa handuk sendiri untuk jaga-jaga.

Kami harap artikel ini membantu kamu dalam mempersiapkan segela keperluan untuk traveling. Silahkan kunjungi juga tips-tips menarik lainnya disini.