Cara Terampuh Menghilangkan Bau pada Toples yang Membandel

Halo, Takaiters!

Kamu pasti sering menggunakan toples plastik untuk menyimpan makanan kan Takaiters? Memiliki sifat kedap udara, toples memang kerap dipakai seseorang untuk menyimpan berbagai jenis makanan seperti kue kering, bahan masakan, permen, serta jenis makanan ringan lainya.

Toples memang banyak dibutuhkan terutama di momen lebaran atau ketika ada acara tertentu agar makanan tertata dengan baik.

Sayangnya nih, toples jika terlalu lama disimpan atau lama tak terpakai sering  timbul bau tak sedap di dalamnya. Apakah kamu pernah sering mengalaminya?

Untuk menghilangkan bau tak sedap pada toples kebanyakan orang sering mencucinya dengan sabun cuci atau air hangat. Cara ini juga cukup efektif untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Namun apakah kamu yakin jika baunya akan hilang total? Belum tentu lho. Terkadang ada beberapa toples yang meskipun sudah dicuci bersih baunya masih tetap tak enak. Lalu bagaimana agar baunya hilang?

Berikut ini tips menghilangkan bau pada toples plastik yang bisa kamu coba. Simak ya, Takaiters!

  1. Bersihkan Toples dengan Cairan Putih Cuka

cara menghilangkan bau pada toples tupperware
Foto: grid.id

Toples plastik biasanya memang berbau jika lama tak digunakan. Hal ini  bisa  terjadi karena bekas makanan yang tersisa belum bersih secara tuntas. Meskipun sudah dicuci berulang kali, bau tersebut terkadang juga sulit hilang. Nah, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba membersihkan dengan cairan cuka putih.

Cara membersihkanya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengisi toples plastik dengan  beberapa sendok cuka sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk menutup rapat toples tersebut dan diamkan selama kurang lebih 5 menit saja.

Baru yang terakhir,  kamu perlu mencuci toples plastik tersebut dengan sabun cair. Coba deh lihat perubahannya, toplesmu pasti akan lebih segar lho. Nah untuk menghindari timbulnya bau lagi,  pastikan  tutup toples tetap terbuka saat tidak digunakan ya.

  1. Membersihkan Toples Menggunakan Arang

cara menghilangkan bau di toples tupperware
Foto: artikel.rumah123.com

Arang merupakan residu berwarna hitam pekat yang sering dimanfaatkan oleh seseorang untuk membakar sate, atau dibuat perapian untuk memanaskan bakso. Selain itu, arang juga bisa digunakan untuk  menghilangkan bau tak sedap pada toples. Cara ini memang terbilang tak biasa namun tetap efektif lho, Takaiters.

Pertama kamu harus pastikan dahulu toples plastik yang akan dibersihkan dalam keadaan kering. Setelah itu baru deh masukkan sebongkah arang ke dalam toples dan tutuplah dengan rapat. Agar toples bersih secara optimal, kamu perlu mendiamkan arang tersebut selama 1 malam ya. Baru setelah itu kamu bisa mencucinya dengan sabun cair. Mudah sekali kan?

  1. Bersihkan dengan Taburan Garam Dapur atau Soda Kue

menghilangkan bau pada wadah plastik
Foto: food.detik.com

Menghilangkan bau tak sedap pada toples memang tak mudah. Meskipun dicuci berulangkali terkadang baunya  menempel. Hal ini tentu membuat kamu jengkel bahkan memilih membeli baru lagi kan? Namun sayang kan jika toples tersebut masih baik digunakan. Nah, kamu bisa mencoba menghilangkan bau tersebut dengan taburan  garam dapur atau soda kue lho.

Hampir sama dengan menghilangkan bau menggunakan arang, kamu harus memastikan dahulu bahwa toples dalam keadaan kering. Setelah itu, taburkan satu sendok saja  garam dapur atau soda tue dan tutup rapat agar tidak menguap.

Biarkan selama 1 malam, setelah itu cuci bersih menggunakan sabun.Dengan menggunakan cara ini, kemungkinan besar bau tak sedap pada toples plastik akan hilang secara tuntas.

Itulah diatas beberapa cara menghilangkan bau pada toples plastik. Kamu harus menerapkan cara diatas daripada harus membeli toples baru lagi saat membuthkan.

Lebih baik uangnya disimpan atau digunakan untuk membeli kebutuhan lain bukan? Agar toples plastik tidak mudah berbau, pastikan juga bahwa kamu mencucinya dengan bersih dan buka tutupnya saat tidak digunakan.