Halo, Takaiters.

Takaiters yang suka memasak, tentu tidak asing lagi dengan minyak goreng. Akan tetapi, tahukah Takaiters cara menyimpan minyak goreng agar tidak rusak?

Supaya minyak goreng tidak rusak, kita harus menyimpannya dengan benar. Bagaimana caranya? Jangan khawatir, berikut ini dibagikan beberapa tips agar minyak goreng yang kita simpan awet dan tidak cepat rusak.

Yuk, kita simak cara menyimpan minyak goreng yang benar, Takaiters.

1. Hindarkan dari sinar matahari langsung

Cara Menyimpan Minyak Goreng yang Benar
Foto : nakita.grid.id

Minyak goreng bisa rusak bila terkena cahaya matahari. Bila minyak goreng terkena cahaya matahari dalam jangka waktu yang lama, maka akan berkurang kandungan antioksidannya. Padahal antioksidan ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Antioksidan berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari radikal bebas. Radikal bebas ini dapat mengakibatkan rusaknya susunan DNA sel tubuh, meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh, menyebabkan peradangan dan menurunkan daya tahan tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi antioksidan yang terkandung dalam minyak goreng itulah, kita perlu menjaga agar minyak goreng tidak rusak. Maka, lebih aman kalau kita menyimpannya di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung, misalnya di lemari dapur.

2. Hindarkan dari panas

cara menyimpan minyak goreng padat
Foto : hellosehat.com

Banyak ibu rumah tangga meletakkan wadah minyak goreng di dekat kompor agar bisa cepat mengambil dan menuangkannya ke wajan saat memasak. Cara ini akan membuat minyak mudah menguap. Bila minyak mudah menguap, tentu akan lebih boros. Oleh karena itu, jauhkan minyak goreng dari tempat yang panas seperti di dekat kompor atau oven.

3. Hindarkan dari paparan udara

cara menyimpan minyak goreng bekas
Foto : sajiansedap.grid.id

Ternyata, paparan udara juga dapat membuat minyak goreng rusak dan basi, Takaiters. Tanda minyak goreng basi adalah terjadi perubahan pada baunya. Orang Jawa menyebut bau minyak goreng basi dengan istilah tengik.

Untuk menjaga minyak goreng agar tidak basi, hindarkan dari paparan udara. Simpan minyak goreng dalam wadah tertutup rapat.

Bila membeli dalam jumlah banyak, jangan menyimpan semuanya dalam satu wadah besar. Lebih baik simpan sebagian minyak dalam wadah kecil terpisah untuk penggunaan sehari-hari.

Hal ini untuk menjaga agar tidak terlalu banyak minyak terpapar udara ketika wadah sering dibuka-tutup. Dengan demikian, minyak yang tidak akan segera digunakan dapat terhindar dari paparan udara.

4. Simpan dalam botol kaca

Foto : hellosehat.com

Kebanyakan minyak goreng yang beredar di pasaran dikemas dalam botol plastik. Hal ini sebenarnya kurang baik, karena plastik lebih cepat memuai dan larut ke dalam minyak. Akibatnya, kualitas minyak goreng menurun.

Solusinya, segera pindahkan minyak goreng ke dalam wadah berbahan kaca, kemudian tutup rapat.

5. Jauhkan dari benda berbau tajam

cara menyimpan minyak padat
Foto : bawangberlian.com

Bila minyak goreng disimpan dekat dengan benda-benda berbau tajam, maka bau-bauan yang tajam itu dapat terserap oleh minyak. Maka, minyak goreng harus dijauhkan dari benda-benda berbau tajam seperti sabun, deterjen, pewangi ruangan dan benda berbau tajam lainnya.

Nah, itulah beberapa tips cara menyimpan minyak goreng agar lebih awet dan tidak berkurang kualitasnya, Takaiters. Semoga bermanfaat.