Hai, Takaiters!

Pernah tidak merasakan suatu kondisi emosi yang labil pada saat baru saja melahirkan? Seperti cepat lelah, mudah tersinggung, hilangnya rasa kepercayaan diri, tertekan, rasa cemas yang berlebihan bahkan pada akhirnya akan enggan memperhatikan si kecil.  Nah inilah yang dinamakan baby blues.

Apa sih itu baby blues?

Foto: honestdocs.id

Baby blues adalah suatu gangguan emosi ringan yang terjadi pada kurun waktu selama 1-2 minggu setelah melahirkan.  Biasanya baby blues ini terjadi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya :

  • Fisik dan Psikis yang Tidak Siap

Kurangnya menyadari bahwa dengan melahirkan seorang anak berarti adanya peningkatan tanggung jawab. Ada yang harus diurusi selain mengurus diri sendiri. Sebagian ibu baru yang belum melakukan persiapan sebelumnya terutama fisik dan mental bisa saja akan mengalami kesulitan beradaptasi.

Disaat ibu mengalami kelelahan setelah proses persalinan dan disaat itu pula harus mengajarkan si kecil minum ASI dengan benar, menggantikan popoknya dan meninabobokannya.

  • Adanya Perubahan Hormon Setelah Melahirkan

Terjadinya kenaikan maupun penurunan hormon tertentu selama kehamilan atau setelah melahirkan. Hal itu bisa mempengaruhi sensitivitas dan keadaan tubuh seorang ibu.

  • Kurangnya Dukungan dari Pasangan, Keluarga ataupun Lingkungan Sekitar

Tekanan yang datang dari teman, keluarga atau bahkan pasangan mengenai tuntutan untuk bisa melakukan semuanya dengan baik menjadi salah satu penyebab pemicu munculnya baby blues. Bahkan dengan kebiasaan mengkritisi dan membandingkan segala hal dengan ibu baru lainnya, bisa membuat sang ibu tertekan.

Namun tidak semua ibu mengalami baby blues pasca melahirkan. Baby blues bukanlah suatu penyakit jadi tidak memerlukan obat untuk penangananya. Tapi jika dibiarkan akan meningkat menjadi depresi. Hal ini sangat berbahaya karena akan mempengaruhi kejiwaan ibu yang pada akhirnya anak pun akan terabaikan.

Cara Menghindari Baby blues Pasca Melahirkan

Cara menghindari baby blues pada ayah
Foto: halodoc.com

Agar terhindar dari baby blues pasca melahirkan berikut beberapa cara yang harus dilakukan :

  • Bersama Pasangan Berbagi dan Mencari Informasi Seputar Pasca Melahirkan

Dari awal kehamilan ajak pasangan untuk bersama mencari informasi mengenai kehamilan, persalinan sampai perawatan bayi. Informasi bisa diperoleh dengan banyak membaca ataupun bertukar pikiran dengan yang sudah lebih dulu berpengalaman.

Hal ini akan sangat membantu untuk mempersiapkan diri apa yang akan dilakukan setelah melahirkan. Dilakukan bersama pasangan akan lebih baik dilakukan jika hanya dilakukan seorang diri karena perhatian pasangan merupakan dukungan nyata bagi ibu baru. Jangan segan untuk bertanya pada orang yang dipercaya atau berpengalaman jika mengalami keraguan atas informasi yang kurang dimengerti.

  • Bangun Komunikasi Terbuka dengan Pasangan

Sedini mungkin biasakan komunikasikan secara terbuka dengan pasangan mengenai perasaan was-was, perasaan khawatir menghadapi pasca melahirkan nanti. Seperti seberapa besar rasa cemas atau takutnya nanti jika tidak bisa merawat bayi dengan baik.

  • Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Tidak ada salahnya untuk selalu siap melakukan yang terbaik untuk sang buah hati. Namun, jangan terlalu ngotot untuk menjadi orang tua yang sempurna dalam merawat anak tapi bersikaplah sewajarnya. Menjadi orang tua tidak ada literasi dan sekolah khususnya. Jadi bisa disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Hal ini salah satu cara untuk menghindari timbulnya rasa cemas dan kekhawatiran yang berlebihan. Berdamailah dengan diri sendiri. Nikmati setiap perubahan yang terjadi karena waktu tidak akan terulang kembali.

Faktor penyebab baby blues apa
Foto: stock.adobe.com
  • Siapkan Mental dan Fisik

Siapkan diri baik fisik maupun mental bahwa tidak lama lagi akan hadir sosok manusia kecil yang akan menemani hari-hari kita. Anak adalah amanah yang harus kita jaga. Tidak semua orang bisa mendapatkan anugerah terindah ini. Dan selalu ingat bahwa Allah SWT tidak akan membebani seseorang di luar kemampuannya. Maka tersenyum dan berbahagialah.

Nah Takaiters, itulah sedikit informasi mengenai dan cara menghindari  baby blues. Jadi, kamu kenali terlebih dahulu ya.