Hai, Takaiters!

Merasa cemas atau gelisah adalah suatu perasaan yang sering dirasakan atau bahkan wajar bagi setiap orang. Namun perasaan ini akan menjadi tidak wajar bila terjadi secara berlebihan dan mengurangi kepercayaan terhadap diri seseorang itu sendiri. Hal inilah yang akhirnya mendorong pemahaman seseorang tentang pentingnya kesehatan mental.

Mencoba memahami dan peduli pada kesehatan mental diri sendiri adalah salah satu cara menerapkan mindfulness dalam hidup. Berada pada suatu waktu dalam keadaan tenang, bahagia dan positif.

Lalu bagaimana sebenarnya cara menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari? Simak ulasannya berikut, yuk, Takaiters!

Apa Itu Mindfulness?

menerapkan mindfulness
Foto: zerotothree.org

Mindfulness merupakan salah satu penerapan kesehatan mental yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Tapi apa sih sebenarnya mindfulness itu?

Mindfulness adalah suatu teknik mediasi untuk melakukan perhatian dan penerimaan diri dan sekitar. Dimana perhatian dan penerimaan ini akan berfokus pada keadaan yang tengah dialami sekarang dan bukan besok atau nanti.

Kenapa Harus Melakukan Mindfulness?

cara menerapkan mindfulness
Foto: Shutterstock.com

Mulai melatif diri sendiri melakukan mindfulness bisa membantu dalam meredakan stress. Dimana mediasi ini akan memberikan dampak positif pada pada kesehatan mental seseorang. Salah satunya adalah mengurangi rasa cemas berlebihan.

Mindfulness juga bisa membantu seseorang untuk lebih fokus pada apa yang dikerjakan pada masa sekarang tanpa ada kecemasan berlebih pada masa akan datang.

Selain itu mindfulness juga bisa membuat seseorang lebih sadar atas perasaan dan dirinya sendiri dalam mengatur dan mengelola pola pikir supaya lebih tenang. Bahkan mindfulness bisa meredakan sakit pinggang, sakit pada leher, otot dan sebagainya.

Menurut penelitian pada Journal of Neuroscience, mindfulness bisa mengurangi hampir setengah rasa sakit. Mindfulness juga bisa memberikan rasa tenang, membuat seseorang lebih kreatif bahkan bisa mengurangi perasaan kesepian pada seseorang.

Bagaimana cara menerapkan mindfulness?

Cara yang digunakan untuk menerapkan mindfulness
Foto: AdobeSTock.com

Melakukan mindfulness berarti seseorang harus melakukan fokus dan perhatian sedemikian rupa dan memusatkan atas apa yang tengah dilakukan tanpa melakukan penialaian. Dalam melakukan praktiknya mindfulness harus dilakukan secara bertahap dan dilatih setiap saatnya.

Namun proses ini akan berbeda pada setiap individu tergantung kegiatan yang dilakukan. Bahkan bila merasa masih kesulitan untuk menerapkan mindfulness secara mandiri, kini banyak kelas khusus yang menyediakan pelatihan dalam membantu kliennya memahami dan melakukan mindfulness.

Menerapkan Mindfulness di Kegiatan Sehari-hari

Cara penerapan mindfulness
Foto: AdobeStock.com

Menerapkan mindfulness bisa dilakukan secara mandiri dalam kegiatan sehari-hari. Berikut adalah penerapannya dalam kegiatan sehari-hari :

  1. Misalnya saja melakukan latihan pernafasan dimana seseorang bisa mengambil nafas selama 4 detik, kemudian tahan selama 7 detik dan buang di detik ke 8.
  2. Penerapan yang kedua bisa dilakukan dengan cara memfokuskan tubuh pada saat berjalan tanpa memikirkan apapun. Dan fokuskan pikiran pada rasa saat kaki mulai melangkah dan menapak pada tanah atau lantai.
  3. Selanjutnya bisa juga diterapkan saat makan. Rasakan bagaimana proses makanan itu masuk ke mulut dan selalu ucapkan syukur atas makanan yang dimakan. Hal ini bisa membuat seseorang lebih menghargai apa yang dimiliki dan tidak mudah merasa putus asa atau mengeluh atas apa yang dimiliki.
  4. Yang terakhir adalah mencoba memfokuskan pikiran atas emosi yang dimiliki. Dan memahami apa yang tengah dirasakan? serta apa yang membuat emosi ini muncul?

Itulah tadi pemahaman sederhana mengenai apa itu mindfulness dan bagaimana cara menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi apakah kamu akan mulai melakukan mindfulness, Takaiters?