Home » Ragam » Cara Menambal Pipa PVC Yang Bocor Sendiri Mudah

Cara Menambal Pipa PVC Yang Bocor Sendiri Mudah

Cara Menambal Pipa PVC – Pipa PVC adalah jenis pipa yang sering dipakai untuk kebutuhan instalasi rumah tangga, terutama untuk saluran air bersih dan pembuangan air kotor. Seperti jenis pipa lainnya, pipa PVC juga rawan mengalami kebocoran. Jika ini yang terjadi, menambal pipa PVC adalah solusi yang harus dilakukan.

Menambal pipa PVC sendiri tidak harus mengandalkan jasa tukang. Anda pun bisa melakukannya secara mandiri asal tahu caranya. Di artikel ini, kami akan memberitahukan bagaimana cara menambal pipa PVC secara mandiri, dimana cara-cara itu adalah sebagai berikut!

Cara Menambal Pipa PVC yang Bocor Secara Mandiri

1. Ketahui Denah Pemipaan

Sebelum melakukan penambalan, lebih baik Anda tahu dulu seperti apa denah pemipaan di rumah atau tempat pipa tersebut berada. Cara ini dilakukan supaya Anda bisa mendeteksi daerah mana saja yang rawan mengalami kebocoran pipa, serta berapa ukuran pipa PVC yang bocor.

2. Siapkan Alat-Alat untuk Menambal Pipa

Selain mengetahui denah pemipaan, Anda juga harus menyiapkan sejumlah alat untuk menambal pipa. Misalnya selotip, pipa baru, dan lem pipa. Jangan lupa sediakan juga pensil atau spidol yang nantinya bisa Anda gunakan untuk menandai area yang bocor.

3. Ganti Sambungan Pipa

Jika kebocoran berasal dari sambungan pipa, Anda bisa langsung menggantinya dengan sambungan pipa baru. Supaya makin kuat, Anda bisa memasang sambungan pipanya dengan lem pipa dan selotip.

4. Pasang Lagi Sambungan Lama ke Pipa

Penyebab lain pipa mengalami kebocoran adalah tidak adanya drat pada sambungan pipa. Jika ini yang terjadi, Anda harus memasangkan lagi sambungan lama ke pipa dengan menggunakan lem khusus pipa PVC. Lakukan cara ini dengan cepat sebelum lemnya cepat mengering.

5. Tutup Badan Pipa yang Retak

Kebocoran pipa juga bisa disebabkan keretakan pada badan pipa. Untuk mengatasinya, Anda cukup menutup badan pipa yang retak itu dengan memakai lem khusus pipa. Jika badan pipanya justru berlubang, Anda harus mengatasinya dengan mengganti pipa tersebut dengan pipa baru. Untuk melakukannya, Anda bisa memotong badan pipa yang berlubang itu, lalu ganti dengan pipa baru. Pastikan Anda melakukan pengukuran terhadap pipa tersebut sebelum menggantinya.

Beli Pipa PVC Berkualitas

Supaya kedepannya Anda tidak mengalami kebocoran pipa, Anda harus membeli merk pipa PVC berkualitas. Merk pipa berkualitas biasanya punya daya tahan yang baik, sehingga ia tidak mudah kena korosi atau kebocoran. Merk tersebut biasanya juga sudah dilengkapi peralatan penunjang pipa seperti lem dan sambungan pipa yang bisa langsung Anda gunakan.

Itulah beberapa cara menambal pipa PVC yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Semoga bisa Anda praktikkan dengan mudah, sehingga kebocoran pipa PVC pun bisa Anda atasi. Sampai jumpa di artikel berikutnya!