Hi, Takaiters!

Pernah camping di Bumi Perkemahan (Buper) Wonolelo? Lokasi buper cukup tersembunyi dibalik tebing-tebing tinggi membuat Buper Wonolelo banyak yang tidak tahu lho.

Perlu kamu ketahui, para pecinta alam sering  menjadikan Buper Wonolelo sebagai lokasi untuk menggembleng calon anggota baru mereka lho. Calon anggota dididik, ditempa, dan dibina disini. Wow!

Sebenarnya apa sih yang membuat Buper Wonolelo  menarik untuk dikunjungi? Penasaran dengan ceritaku tentang Buper Wonolelo ? Siapkan secangkir kopi selagi kamu membaca cerita dariku, guys! Be enjoyed!

• Lokasi Bumi Perkemahan Wonolelo

bumi perkemahan wonolelo magelang
Foto : ©cantigigunung (Bumi Perkemahan Wonolelo)

Buper Wonolelo lokasinya dekat dengan Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, tepatnya di Dusun Nagrong, Wonolelo, Sawangan, Kabupaten Magelang.

Kamu dapat mengaksesnya dari Kabupaten Magelang dan bisa juga dari Kabupaten Boyolali. Akses jalan menuju buper sudah bagus dan mulus, jadi kamu jangan khawatir guys! 

Kamu bisa menuju lokasi dengan berkendara menggunakan mobil atau motor pribadi. Perjalanan memakan waktu sekitar satu setengah jam, baik dari arah Magelang maupun dari arah Boyolali.

Sepanjang jalan menuju buper, kamu akan disuguhi pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Menakjubkan!

Lokasi Buper Wonolelo sangat strategis, dekat dengan pemukiman warga dan kaki gunung Merbabu. Buper Wonolelo dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi dan ada aliran sungai di sana.

Jika kamu berkunjung ke sini, siapkan baju ganti guys! Siapa tahu kamu ingin bermain air.

Tiket Murah Meriah, Guys!

bumi perkemahan wonolelo bantul
Foto: ©cantigigunung (Lembah Wonolelo)

Jika kamu datang bersama teman-teman, kamu bisa mendirikan tenda dan bermalam disini. Tiket masuk juga murah meriah! Hanya dengan Rp 20.000,00 kamu sudah bisa bermalam disini.

Bagaimana, menarik bukan?Apalagi kamu bisa  mengisi waktu liburmu dengan camping dan menikmati alam di sini. Paket komplit deh!

Tebing-Tebing Tinggi Mempesona

bumi perkemahan wonopotro
Foto: ©cantigigunung (Lembah dan Tebing-Tebing Wonolelo)

Buper Wonolelo berada di lembah, dan dikelilingi oleh barisan tebing-tebing yang cukup tinggi. Di samping buper kamu akan menjumpai aliran air sungai yang debitnya cukup rendah. Cocok jika kamu suka bermain air.

Biasanya yang camp di Buper Wonolelo ada yang mendirikan tenda di sepanjang aliran sungai, diantara tebing-tebing tinggi. “Biar lebih dekat kalau ingin ke sungai,” katanya.

Memang benar, jika dari buper ingin mencapai sungai dan tebing-tebing perlu tracking beberapa menit. Pemandangan tebing-tebing yang mempesona memang menjadi salah satu andalan Buper Wonolelo.

Bagaimana tidak? Tebing-tebing tinggi membuat kita seolah terkurung di dalamnya. Tutupan vegetasi yang lebat juga menambah keindahan tebing-tebing ini.

Keindahan Air Terjun Kedung Kayang

bumi perkemahan merapi
Foto: ©cantigigunung (Air Terjun Kedung Kayang)

Di samping buper terdapat aliran sungai dan tebing-tebing bukan? Kalau kamu mau menyusuri sungai sampai ke hulunya, kamu akan menjumpai pemandangan indah yang tidak kalah menarik guys!

Air terjun Kedung Kayang sebutannya. Air terjun dengan tinggi sekitar 40 meter ini memiliki debit air yang cukup besar. Bahkan saat musim kemarau pun tidak berkurang debitnya.

Mencapai lokasi air terjun juga cukup menantang. Kamu harus melewati pinggiran sungai atau trecking di sepanjang tebing. Tidak jarang pula terpeleset saat menyusuri sungai, kamu harus berhati-hati saat menyusuri sungai menuju lokasi air terjun. Banyak batu-batu besar yang dapat kamu pilih sebagai pijakan. Tetap hati-hati ya!

Setelah trecking menyusuri sungai yang cukup lama, dijamin rasa lelahmu akan hilang setelah sampai di air terjun Kedung Kayang.

Oh iya, jika ingin berkunjung ke lokasi air terjun Kedung Kayang, kamu harus mempersiapkan kelengkapanmu ya!

Minimal membawa baju ganti dan menggunakan alas kaki yang cocok untuk kegiatan lapang. Karena batu-batu sungai cukup licin apalagi setelah hujan turun. Untuk kamera dan handphone lebih baik dimasukkan ke tas yang anti air ya! Be enjoyed guys!

Bagaimana, Guys? Apakah kamu tertarik untuk berkunjung ke Bumi Perkemahan Wonolelo? Kalau ingin berkunjung ke sini, persiapkan fisik dan perlengkapan outdoor-mu ya!