Hai, Takaiters!

Selain Dieng yang telah menjadi destinasi wisata nasional dan internasional, kabupaten Banjarnegara juga memiliki banyak sekali tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, lo, Guys. Salah satunya Bukit Asmara Situk. Tempat wisata ini menjadi tempat wisata yang lagi nge-hits di kalangan milenial karena tiket masuknya yang murah yaitu Rp10.000,00 ditambah lagi spot-spot selfinya yang sangat menarik. Penasaran? Simak, yuk, Guys?

Lokasi Bukit Asmara Situk

Foto: mgriyahotel.com

Berlokasi di desa Kalilunjar kecamatan Banjarmangu, obyek wisata ini berada tepat di tepi jalan raya Karangkobar sehingga sangat mudah bagi pengunjung untuk menemukan lokasinya. Dari kota Banjarnegara perjalanan yang ditempuh kira-kira 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor ataupun mobil.

Kondisi Alam Bukit Asmara Situk

Foto: mgriyahotel.com

Bukit Asmara Situk atau yang disingkat BAS berada pada ketinggian 683 mdpl. Kontur tanahnya yang berupa perbukitan sangat menantang andrenalin para pengunjung karena pengunjung harus berjalan melewati tanjakan-tanjakan yang panjang untuk sampai ke lokasi.

Kondisi jalan juga masih alami yaitu tanah yang dikeraskan di mana ketika turun hujan jalanan akan menjadi licin. Namun, di kiri kanan jalan terpasang pengaman berupa bambu yang memanjang untuk pegangan.

Tanjakan di Bukit Asmara Situk

Foto: afriantipratiwi.com

Spot-spot yang ada di Bukit Asmara Situk sangat beragam. Mulai dari pintu masuk pengunjung akan melewati 3 tanjakan panjang. Tanjakan pertama adalah tanjakan derita yaitu tanjakan yang benar-benar tinggi menanjak. Kedua adalah tanjakan pengorbanan, tanjakan ini tidak semenanjak tanjakan derita. Yang terakhir adalah tanjakan cinta atau tanjakan bahagia karena jalanan yang dilewati tidak lagi terlalu menanjak. Dikiri kanan tanjakan yang dilewati adalah kebun salak milik warga dengan pepohonan yang tinggi dan rimbun sehingga saat berjalan tidak akan kepanasan.

Spot-Spot Wisata Bukit Asmara Situk

Foto: travel.dream.co.id

Setelah terengah-engah melewati 3 tanjakan panjang rasa lelah Takaiters akan terbayar dengan melihat keindahan alam dari atas Bukit Asmara Situk. Di sini spot-spot selfi yang disediakan sangat beragam sehingga kamu bisa berswafoto ria dengan berbagai latar.

Spot pertama adalah rumah hobbit kecil di tepi jalan. Sama dengan rumah-rumah hobbit lainnya rumah hobbit ini  juga terbuat dari kayu yang tertata rapi. Spot-spot lainnya rata-rata berada pada ketinggian seperti rumah pohon, jembatan kayu panjang yang menguhubungkan dari satu pohon ke pohon lainnya, jembatan gantung di atas pohon yang terbuat dari papan dan bergoyang-goyang saat dilalui, meja kursi dari ban bekas yang ditata diatas ketinggian,

Spot selfi di atas tebing dengan bambu-bambu yang disusun rapi dan juga wahana becak terbang. Bagi pengunjung yang phobia dengan ketinggian pasti akan merasa ngeri, tetapi bagi yang tertantang untuk menguji andrenalinnya akan sangat menikmati spot-spot yang ada di Bukit Asmara Situk ini.

Wisata Gua di Bukit Asmara Situk

Foto: mgriyahotel.com

Satu lagi yang menarik di Bukit Asmara Situk yaitu adanya gua Silundu dan air terjun Kracak. Untuk sampai ke gua ini pengunjung harus jalan kaki menuruni Bukit Asmara Situk. Perjalanan yang ditempuh cukup melelahkan karena jalan yang dilalui medannya cukup sulit, tanjakan, turunan, jalan setapak yang sempit dan licin, juga jalan bebatuan yang cukup tajam. Namun, pengelola tetap memasang pengaman di kanan kiri jalan untuk pegangan. Sampai di bawah bukit pengunjung akan menjumpai gua Silindu dan air terjun Kracak.

Gua peninggalan Jepang ini memiliki lorong atau terowongan yang panjang dan gelap. Sebagai penerangnya di dalam gua dipasang lampu-lampu yang berwarna-warni sehingga membuat tampilan gua menjadi lebih terang dan menarik.

Bagaimana, Takaiters? Tertarik bukan untuk menguji andrenalin kamu di Bukit Asmara Situk ini?