Hei, Takaiters!

Apa yang ada di pikiran ketika kalian mendengar nama Palembang? Yap, pasti Pempek. Pempek terbuat dari bahan sadar ikan dan tepung tapioka. Tahukah kamu, selain pempek masih banyak makanan khas Palembang yang berbahan dasar ikan.

Yuks, simak makanan khas Palembang tersebut, Takaiters!

  1. Tekwan

makanan khas palembang dari daging ikan tts
Foto: yummi.com

Tekwan hampir sama dengan bakso. Bahan dasar tekwan adalah ikan tengiri dan tepung tapioka. Dalam penyajian tekwan dilengkapi dengan kuah dari kaldu kepala udang, jamur, bihun, bengkoang dan penyedap daun sledri, daun bawang dan bawang goreng.tekwan sangat cocok disantap saat hujan. Tekwan sering menjadi hidangan istimewa pada acara hajatan.

  1. Sambal Tempoyak

makanan khas palembang dari ikan
Foto: tastemade.com

Sambal tempoyak merupakan makanan berbahan dasar ikang tengiri dan durian yang sudah di fermentasi oleh bakteri asam laktat. Rasanya yang asam pedas dan sedikit manis, sambal tempoyak sangat cocok untuk teman makan, apalagi disantap dengan nasi hangat. Pasti akan menambah selera makan.

Selain enak untuk lauk, sambal tempoyak juga mempunyai khasiat: menjaga kekebalan tubuh, menjaga sistem pencernaan dan memperlancar BAB.

  1. Kerupuk Kemplang

makanan khas palembang yang terbuat dari ikan dan sagu yaitu
Foto: idntimes.com

Kerupuk kemplang dibuat dari bahan dasar ikan tengiri dan tepung tapioka. Seperti kerupuk yang lain, dalam pembuatannya kerupuk kemplang juga dibumbui dengan garam dan bawang putih yang membuat kemplang semakin gurih. Kerupuk kemplang banyak dijual di pusat oleh-oleh dan sepanjang jalan di wilayah Palembang.

  1. Pindang Ikan Patin

makanan khas palembang yang terbuat dari ikan
Foto: faktualnews.com

Pindang ikan patin juga sangat cocok untuk teman makan nasi. Rasa pedas, asam, manis dan gurih dari santan kelapa pasti akan membuat kita ketagihan. Tomat merah dan daun kemangi yang idtambahkan dalam pindang patin akan semakin menggugah selera.

  1. Celimpungan

Foto: masakapahariini.com

Celimpungan juga terbuat dari bahan tapioka dan ikan tengiri. Makanan ini dihidangkan dengan kuah mirip kari yang berwarna kuning cerah. Kandungan rempah dari kuah celimpungan lebih berasa karena terdiri dari kemiri, jahe, lengkuas, kunyit, kapulaga, ketumbar dan cengkeh. Celimpungan menjadi makanan istimewa karena biasanya hanya dihidangkan pada saat hari raya.

  1. Laksan

Foto: food.detik.com

Penampakan sekilas dari laksan hampir mirip lontong sayur karena disajikan dengan kuah bersantan. Laksan sebenarnya adalah pempek lenjer yang dipotong-potong. Biasanya disajikan dengan telur rebus dan taburan bawang goreng.

Rasa kuah laksan sangat gurih karena terbuat dari santan dengan bumbu rempah seperti lengkuas, ketumbar, kemiri dan jahe.

Nah, Takaiters, dari ke-6 makanan Khas Palembang Berbahan Ikan diatas, mana yang ingin kamu coba?