Menghabiskan waktu di kolam renang menjadi hal yang seru bagi kebanyakan orang. Apakah itu hanya sekedar bermain air, atau hanya sekedar duduk-duduk di pinggir kolam renang saja, pasti hal tersebut sangatlah menyegarkan. Namun, tahukan kita tentang kolam renang terbesar di dunia?

Yaps, ada banyak kolam renang raksasa di dunia ini. Bahkan ada juga salah satu kolam renang yang digadang-gadang lebih besar dari pada danau. Hmm, percaya gak? Ok, langsung saja simak ulasan di bawah ini.

San Alfonse del Mar, Chili

kolam renang terbesar di dunia
San Alfonso del Mar (Foto : trvl-media.com)

San Alfonso del Mar Resort, merupakan kolam renang yang dinobatkan sebagai kolam renang terbesar berdasarkan wilayah di dunia oleh Guinness Book of World Record pada tahun 2006. Kolam renang terbesar di dunia ini terletak di Algarrobo, Chili.

Total luas kolam renang ini adalah 8 hektar dengan panjang hingga 1.013 meter. Dengan luasnya ini, ia dapat menampung sebanyak 250 juta liter air dengan sumber air yang berasal dari Samudera Pasifik, tentunya dengan proses filterisasi terlebih dahulu agar airnya benar-benar jernih.

Saat pembangunannya, dibutuhkan biaya sebesar $400.000 per hektar dan $4000 untuk perawatannya. Kolam renang ini juga telah menjadi salah satu tempat wisata favorit di Chili. Karena letaknya yang berdampingan juga dengan pantai, sehingga membuat kesan tenang dan santai. Pengunjung bisa menikmati birunya air kolam renang dan juga birunya air laut di pantai.

PILIHAN EDITOR

Seagaia Ocean Dome, Jepang

kolam renang terbesar di dunia
Seagaia Ocean Dome (Foto : hiconsumption.com)

Kini kita beranjak ke kolam renang indoor. Ada Seagaia Ocean Dome yang terletak di Miyazaki, Jepang. Seagaia Ocean Dome telah tercatat di Guinness Book of World Records sebagai kolam renang indoor terbesar di dunia.

Kolam ini di desain cukup unik, mirip seperti pantai. Dengan adanya ombak, pasir, serta background lautan yang terdapat di tempat ini seakan-akan pengunjung langsung dapat merasakan kesan berada di pantai. Disini pengunjung juga dapat melakukan surfing di kolam yang luasnya mencapai 30.000 meter persegi ini.

Jika kamu mengunjungi kolam renang ini, jangan khawatir jika tiba-tiba datang hujan, karena atap kolam di desain agar bisa terbuka dan tertutup secara otomatis. Tak hanya itu, berkat kecanggihan teknologi, air di dalam kolam renang ini juga dapat berganti suhu hingga 28 derajat celcius. Dengan fasilitas tersebut, tak heran jika pengunjung di tempat ini bisa mencapai 1,25 juta orang pertahun.

Crystal Lagon, Indonesia

kolam renang terbesar di dunia
Crystal Lagon (Foto : cdn-finspi.com)

Inilah salah satu kolam renang terbesar yang ada di dunia. Walaupun tak sebesar kolam-kolam sebelumnya, Crystal Lagon ini disebut-sebut sebagai kolam renang terbesar di Asia Tenggara. Kolam ini terletak di daerah Lagoi, Pulau Bintan,  Kepulauan Riau. Luasnya mencapai 6,3 hektar. Yang unik di kolam Crystal Lagon ini adalah tepian kolam yang dibuat landai dan ditaburi fiber serupa dengan pasir pantai sebagai lantainya.

Karena kolam ini cukup luas, pengunjang dapat melakukan banyak aktivitas air seperti Jetovator, Water Tricycle, Aqua Glide Sailing, Kayaking, dan lain sebagainya.

World Waterpark Edmonton, Kanada

kolam renang terbesar di dunia
World Water Park (Foto : todaysparent.com)

Terakhir, ada World Waterpark Edmonton yang juga merupakan salah satu kolam terbesar di dunia. Uniknya dari kolam renang ini adalah karena berada di dalam pusat perbelanjaan West Edmonton Alberta yang ada di Kanada. Dibutuhkan sekitar 2,7 juta galon air untuk dapat memenuhi kolam renang yang luas ini. Yang menjadi daya tarik dari kolam ini adalah atraksi ombak yang gelombangnya mencapai 85 meter. Wow! Tidak hanya itu, kolam renang ini juga mempunyai sebuah menara untuk bungee jump yang menggantung di atasnya.

Itulah 4 kolam renang terbesar di dunia. Jika kamu ingin berkunjung ke salah satu tempat di atas, dijamin kamu akan leluasa berenang disana dengan gaya apapun. Bagaimana, menarik bukan? Kamu bisa coba yang terdekat dulu aja, di Kepulauan Riau. 😀