Hai Takaiters, apa kabar?
Alhamdulillah kita sudah memasuki bulan yang penuh berkah ini, bulan Ramadan. Berbagai persiapan untuk menyambut bulan suci ini telah dilakukan. Mulai dari persiapan fisik, sampai kepada persiapan logistik (bahan makanan, sembako, bumbu-bumbu, dan sejenisnya) yang sudah pasti tidak kalah hebohnya, terutama untuk umat muslim di Indonesia.

Diantara berbagai pilihan sumber nutrisi penting untuk persiapan Ramadhan, tahukah kamu bahwa kurma merupakan salah satu pilihan yang tidak boleh kamu lewatkan. Di dalam buah kurma yang bernama latin Phoenix dactylifera ini terkandung aneka vitamin dan mineral yang memiliki banyak sekali manfaat, antara lain untuk mengatasi alergi dan peradangan. Kemudian sebagai sumber energi, antioksidan, dan juga sangat baik untuk usus dan pencernaan. Wah, komplit banget ya, Guys!

Tanaman kurma ini sebenarnya tidak diketahui asalnya dari mana. Hanya saja sejak dahulu banyak ditemukan di daerah sekitar Teluk Persia. Daerah-daerah Arab, Mesir, Irak, Alzajair, Tunisia, bahkan hingga California banyak ditemukan aneka jenis tanaman kurma dengan ratusan spesies yang tentunya juga berbeda.

Berikut adalah 7 jenis kurma yang cukup populer di dunia yang sebaiknya kamu tahu, Guys, agar dapat memilihnya sesuai kebutuhanmu.

1. Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

Foto: kurmanabi.com

Kurma Ajwa sering disebut pula sebagai kurma Nabi karena merupakan kurma favorit Nabi Muhammad Saw. Kurma ini tumbuh di kota Madinah dan menjadi kurma dengan harga paling tinggi dibandingkan kurma lainnya.

Tapi jangan khawatir, ini sebanding kok dengan rasa dan manfaatnya. Rasulullah pernah bersabda, bahwa makan tujuh kurma Ajwa setiap pagi dapat menangkal racun dan magis.

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir”

Nah, wajar banget, kan kalau harganya mahal?

2. Kurma Sukari

Foto: tahitiannoniasli.com

Kurma Sokari atau Sukkari adalah kurma dengan tekstur lembut, kenyal, dan manis rasanya. Kurma ini juga paling disukai di Arab Saudi. Harga dan kualitasnya nomor dua setelah kurma Ajwa, dan termasuk jenis kurma termahal di dunia. Jenis kurma Sokari ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk masalah alergi dan pernafasan.

3. Kurma Kholas

Foto: oleh-oleh-haji.com

Kurma Kholas cukup unik. Untuk kamu yang tidak suka rasa yang terlalu manis, pilih saja kurma ini, Guys! Ada citarasa kopi karamel di dagingnya. Teksturnya empuk,  warna kurmanya coklat terang keemasan, dengan rasa manis yang sedang.

4. Kurma Khidri

Foto: khasiat.co.id

Jenis kurma ini memiliki warna maroon gelap. Teksturnya kering, kenyal, dengan kulit yang agak keriput. Rasanya manis dan merupakan jenis kurma yang paling banyak diekspor ke luar negeri, karena biasa digunakan untuk aneka olahan kurma, seperti kurma isi almond, coklat, dll.

5. Kurma Barhi

Foto: pinterest.dk

Bentuknya agak lonjong, dengan warna kuning terang. Rasanya sama dengan jenis buah kurma lainnya, yaitu manis. Kamu tahu kelebihannya apa, Guys? Yup! Kurma ini bisa dibekukan dan disimpan selama berbulan-bulan.

6. Kurma Thoory

Foto: yukepo.com

Kurma ini sebenarnya populer di negara Algeria, namun ternyata banyak juga, lho, di Indonesia. Kurma Thoory atau Thuri memiliki warna coklat agak kemerahan. Daging buahnya kering, bahkan cenderung keriput dan berwarna biru apabila telah diawetkan. Jadi nggak heran lah, ya, kalau kurma Thuri termasuk kurma yang awet dan tahan lama.

7. Mozafati

Foto: alibaba.com

Namanya bagus, ya, Mozafati 🙂 Kurma ini sebagian besar tumbuh di Iran. Warnanya gelap dan bertekstur lembut. Sekilas jika dilihat penampakannya mirip buah zaman dahulu kala yang namanya buah Duwet. Selain dikonsumsi langsung saat masih segar, ternyata kurma Mozafati ini memiliki keunggulan lain, yaitu tahan disimpan hingga 2 tahun. Tapi, perhatikan suhu penyimpanannya, ya, karena kamu harus menyimpannya dalam suhu minimal -5 derajat celcius.

Gimana, sudah punya gambaran kan mau pilih kurma yang mana untuk bekal nutrisi saat puasa?

Apapun pilihanmu, ingat selalu, libatkan buah kurma dalam puasamu, ya. Berkah puasanya dapat dan kandungan buahnya pun penuh manfaat.

Selamat menjalankan ibadah puasa! 🙂