Salam Takaiters,

Sudah punya agenda liburan kemana kalian minggu ini? Udah, nggak usah jauh-jauh liburan ke luar negeri deh. Toh, lokasi wisata yang ada di dalam negeri masih bejibun banyaknya, kalau cuma niatnya mau bikin foto-foto kece di Instagram kamu. Eitts, berikut ini Takaitu mau kasih info lokasi wisata yang instagram-able banget di Magelang, Jawa Tengah.

Junk Yard Auto Park

Foto: iwanwidi.blogspot.com

Nama lokasinya Junk Yard Auto Park. Memang, sih, kawasan wisata yang satu ini tergolong masih baru, diresmikan pada tanggal 30 Maret 2018 lalu. Tapi jangan sedih, Guys, kalau kamu sudah sampe di sini, dijamin bakalan betah berkeliling mencari spot-spot keceh buat selfie. Menurut pengelola, pengunjung yang datang ke sini tidak kurang dari 70 orang setiap harinya dan jumlahnya terus bertambah pada akhir minggu dan hari libur.

Area wisata ini terletak sekitar lima menit perjalanan dari Taman Wisata Candi Borobudur. Tepatnya Junk Yard Auto Park ini berada disebelah Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Wanurejo, Kecamatan Borobudur.

Rongsokan mobil yang diubah oleh tangan-tangan terampil

WISATA Junk Yard Auto Park
Foto: tribunjogja.com

Lokasi wisata Magelang satu ini yang dipenuhi dengan barang-barang rongsokan yang diubah sedemikian rupa oleh tangan-tangan terampil ini berdiri diatas tanah seluas 2000 meter persegi. Setidaknya ada sekitar 14 spot kendaraan klasik dan area foto lainnya di sana.

Pilihan Editor


Tapi tahu nggak, Guys, kenapa nama taman wisata yang kekinian ini bernama Junk Yard Auto Park?

Yaiyalah, karena hampir sebagian besar area ini dihuni sama mobil-mobil ‘rongsok’ yang kemudian di tata secara apik sehingga menghasilkan spot foto yang menawan. Sebenarnya ini merupakan ide bagus, bahwa memanfaatkan barang rongsokan yang sudah tidak bernilai menjadi sesuatu yang berharga, inovatif dan kamu bakalan mendapatkan foto yang ciamik.

Mobil-mobil tua dijungkir balik dan diberi tambahan ornamen

Foto: coretandjawani.blogspot.com

Mobil-mobil tua yang tidak terpakai itu ditata kembali dengan memposisikannya jungkir balik, dipotong, dicat ulang, dihias, diberi tambahan ornamen-ornamen bagai berada di kota kuno di Eropa. Pengelola taman ini, Galang Rezkiyanto, mengatakan bahwa memang taman ini  disediakan untuk para penggemar foto dengan latar belakang yang unik, berupa mobil-mobil klasik. Dan ia juga meyakini bahwa konsep taman wisata seperti ini satu-satunya dan cuma ada di kota Magelang.

Pada awalnya, menurut Galang, ide pembuatan taman penuh mobil klasik yang sudah tua ini berawal dari orangtuanya yang sangat hobi mengoleksi sejumlah mobil-mobil klasik. Jadi, tidak heran sebagian besar mobil klasik yang berada di objek wisata Junk Yard Auto Park merupakan koleksi pribadi keluarganya ditambah dengan beberapa mobil yang disengaja dibeli untuk menambah koleksi taman.

Selain mobil terdapat juga koleksi sepeda motor kuno

Foto: coretandjawani.blogspot.com

Diantara mobil-mobil tua tersebut, ada dua mobil tertua yakni jenis Impala buatan tahun 1964 dan Dodge buatan tahun 1957. Selain mobil, taman ini dipenuhi juga dengan koleksi bemo, sepeda motor kuno serta wahana permainan anak-anak.

Untuk tiketnya sendiri, nggak menguras kantong, loh. Kamu cukup membayar harga tiket senilai Rp15.000,00 per-orang. Bagi kalian yang membawa kendaraan roda empat, tinggal bayar Rp4000,00 dan Rp2000,00 bagi pengunjung yang membawa sepeda motor. Sembari menikmati indahnya hasil karya anak-anak bangsa pada belasan mobil rongsok di taman Junk Yard Auto Park itu, kalian bisa beristirahat di beberapa kafe yang berada di area taman yang menyediakan kuliner khas kota Magelang.

Nih, catat, ya, biar kalian nggak kecewa jika berkunjung ke tempat wisata taman mobil rongsok yang keren itu, taman dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 18.00 WIB. Happy Weekend, Guys!