Halo, Takaiters!

Ramadan baru saja kita rasakan dalam beberapa hari ini. Dan kebiasaan dalam masyarakat Indonesia, bulan penuh berkah ini sering dijadikan sebagai bulan keluarga. Karena hanya pada bulan Ramadan, semua anggota keluarga menghabiskan waktu bersama dan berkumpul dalam satu meja ketika buka puasa atau menikmati hidangan sahur.

Tapi berbeda dangan kamu yang tinggal di kota-kota besar dengan segudang kesibukan harian yang menyita waktu, tentu kebersamaan dengan keluarga dan orang-orang tersayang nyaris sangat minim.

Sejumlah orang sering baper alias terbawa perasaan ketika Ramadan datang. Mereka sering merasa kesepian dan sendiri menjalani hari-hari dalam bulan keluarga ini. Hal ini berlaku bagi yang lajang alias jomblo dan mereka yang tinggal berjauhan dengan keluarga.

Loh, apa hubungannya status lajang dan Ramadan? Guys, ternyata hidup sebagai lajang membutuhkan kekuatan besar. Pada dasarnya, Allah SWT telah menciptakan makhluk di muka bumi ini berpasang-pasangan. Jadi, kalian nggak perlu baper dan galau menghadapi diri yang masih melajang dan memang belum siap untuk menikah.

Nah, berikut ini setidaknya ada 4 manfaat bagi kalian yang masih lajang ketika menjalani puasa Ramadan:

Membantu Mengendalikan Hawa Nafsu

manfaat puasa buat jomblo
Foto: kabartangsel.com

Hei, kamu para jomblo yang belum siap menikah, puasa merupakan langkah paling efektif untuk mengendalikan diri dari syahwat dan membantu menjaga kehormatan diri.

Melaksanakan puasa dengan khusyu’ akan menjadikan diri kita menjadi manusia yang layak untuk kelak menikah. Karena Allah sudah menetapkan rencana terbaik-Nya untuk semua hamba-Nya. Termasuk jodoh kamu yang hilalnya entah masih dimana.

Memiliki Banyak Waktu Sendiri untuk Beribadah

manfaat puasa buat jomblo
Foto: pasberita.com

Kesendirian dalam menjalani bulan Ramadan justru memberi ruang bagi diri kamu untuk banyak merenungi tentang banyak hal. Terutama tentang bagaimana hubungan dengan Sang Khalik selama ini.

Kalian bisa melakukan banyak kegiatan pribadi yang mampu meningkatkan keimanan sehingga rasa kesepian akibat jauh dari keluarga dan orang-orang tersayang akan terkikis dengan sendirinya. Misalnya, menamatkan bacaan Alquran yang selama ini mungkin belum tercapai.

Biasanya Kamu Menjadi Rajin Hadir di Mesjid Terdekat

manfaat puasa buat jomblo
Foto: mediaumats.news

Bila sehari-hari kamu jarang hadir ke mesjid untuk beribadah, maka di bulan Ramadan inilah waktu yang tepat untuk merasakan kebersamaan dengan sesama muslim.

Mesjid merupakan pusat komunitas muslim paling ramai saat Ramadan. Kesempatan ini bisa kamu manfaatkan menambah ilmu dan teman-teman baru. Menghadiri kajian-kajian keagamaan di Mesjid menjadi alternatif pilihan yang menarik untuk dicoba ya, Guys.

Puasa Sangat Membantu Mengelola Amarah

manfaat puasa buat jomblo
Foto: sijai.com

Tahu nggak, Guys, banyak studi mengatakan bahwa menjadi seorang lajang di usia yang sudah cukup umur untuk menikah adalah yang hal sulit. Meskipun kenyataannya kalian menjalani status single itu dengan happy, namun pandangan orang lain terhadap status itu terkadang menguras emosi negatif.

Julukan ‘perawan tua’ atau ‘bujang lapuk’ tentu bukan sebuah panggilan yang menyenangkan, bukan? Oleh karena itu, menjalani puasa akan meredam marah yang mungkin bisa meledak kapan saja. Bersabar dan mengelola amarah tersebut menjadi hal-hal yang positif akan membawa pada kebahagiaan.

Kamu harus tahu, Guys, bahwa Allah SWT telah mempersiapkan pasangan yang sepadan dengan kamu. Dan yakinlah bahwa kita akan dipertemukan dengan jodoh kita pada waktu yang tepat menurut Allah, bukan menurut kita.

Jadi, apapun status kalian saat ini, yang harus diingat yakni puasa merupakan amalan yang sangat dihargai Allah SWT. Tidak peduli betapa tingginya kerepotan kita menjalani ibadah puasa, tidak akan mengurangi nilai pahala. Hanya Allah-lah yang tahu seberapa besar perjuangan hamba-Nya. Tetep semangat puasanya ya, Mblo ….